Filipina Cetak Sejarah Lolos Piala Dunia Wanita, Indonesia Kapan?

"Selamat untuk Filipina. Ayo berbenah Indonesia!"

Berita | 31 January 2022, 11:26
Filipina Cetak Sejarah Lolos Piala Dunia Wanita, Indonesia Kapan?

Libero.id - Beda nasib antara timnas Wanita Indonesia dengan timnas Wanita Filipina. Skuad Garuda Pertiwi harus angkat kaki dari ajang Piala Asia Wanita 2022 usai kalah dalam tiga laga berturut-turut. Salah satu kalah 0-6 dari Filipina.

Dan skuad yang sama yang mengalahkan Garuda Pertiwi itu baru saja dipastikan lolos ke Piala Dunia Wanita 2023. Kepastian itu didapatkan usai tim yang berjuluk The Malditas itu lolos ke semifinal Piala Asia Wanita 2022 usai mengalahkan Taiwan pada laga yang digelar di Stadion Shree Shivchhatrapati Sports Complex, Minggu (30/1/) malam WIB.

"Ini adalah pencapaian yang luar biasa dari tim dan sejarah bagi negara," kata pelatih Filipina Alen Stajcic, dikutip dari situs resmi AFC.

Filipina membuka keunggulan terlebih dahulu lewat  Quinley Quezada (49'), sebelum akhirnya Taiwan menyamakan kedudukan via gol Zhuo Li-ping (82').  Skor 1-1 itu bertahan hingga peluit panjang dibunyikann. Dan itu artinya, laga harus dilanjutkan ke babak  tambahan waktu.  

Dan dalam waktu 2x15 menit, baik Filipina maupun Taiwan tak ada yang berhasil menyarangkan bola. Al hasil. Laga harus berlanjut ke babak adu penalti.  

Dan sebanyak 4 dari 6 pemain Filipina berhasil mengeksekusi bola, mereka adalah Sara Castaneda, Tahnai Annis, Olivia Davies-McDaniel, dan Sarina Bolden. 

Sementara di dari Taiwan, cuma berhasil menyarangkan bola sebanyak tiga kali masing-masing melalui tendangan Tin Chi, Wang Hsiang-hue, dan Ying-Hui Chen.  

Dan begitulah cara Filipina mengamankan satu tiket ke semifinal Piala Asia 2022 yang juga artinya secara otomatis berhak untuk berlaga di Piala Dunia Dunia Wanita 2023.
  
"Untuk saat ini, setiap anak muda di Filipina bisa terinspirasi untuk tampil di Piala Dunia. Tim ini bangga dengan satu sama lain, tetapi mereka lebih bangga untuk menginspirasi generasi berikutnya," imbuh Alen Stajcic.  

Adapun pada babak semifinal Piala Asia Wanita 2022, Filipina akan melawan Korea Selatan. Dan Indonesia hanya jadi penonton dari kejauhan.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network