Korea Selatan Lolos ke Piala Dunia 10 Edisi Beruntun, Indonesia Kapan?

"Bagaimana kiprah negara Shin Tae-yong itu di kancah paling bergengsi?"

Berita | 02 February 2022, 10:25
Korea Selatan Lolos ke Piala Dunia 10 Edisi Beruntun, Indonesia Kapan?

Libero.id - Korea Selatan bisa dikatakan negara Asia paling sukses di ajang sepakbola. Pemain-pemain mereka banyak yang berkiprah di klub-klub Eropa dan hal itu ikut berimbas pada prestasi tim nasional.

Negara asal Shin Tae-yong itu belum lama ini kembali mengukir prestasi dan sejarah baru: Lolos ke Piala Dunia 2022. Korea  Selatan akan kembali mewakili zona Asia di pentas tertinggi untuk keseksian kalinya secara beruntun. 

Kepastian itu mereka dapatkan setelah mengalahkan Suriah, laga yang berlangsung di Stadion Rashid, Dubai, Uni Emirat Arab itu berkesudahan dengan skor 2-0.

Bahkan tanpa pemain bintang Son Heung-Min yang cedera, tim asuhan Paulo Bento mendominasi permainan tetapi mereka nyaris mencetak gol sampai tembakan penyerang Cho Gue Sung dari jarak dekat melebar pada menit ke-43.

Dua menit kemudian, Cho yang mencetak gol kemenangan di laga terakhir melawan Lebanon, menyundul bola ke tiang gawang. Kim Jin-Su membuka skor dengan tembakan pada menit ke-54 yang membuat kiper Suriah Ibrahim Alma tidak punya peluang untuk berkutik.

Tembakan Kwon Chang-Hoon dari luar kotak penalti menggandakan skor pada menit ke-74.

Catatan Korea Selatan di Piala Dunia

Korea Selatan berhasil debut pada edisi Piala Dunia 1986 di Meksiko. Dan sejak saat itu setiap 4 tahun sekali Korea Selatan hampir selalu menjadi langganan sebagai peserta Piala Dunia. 

Tidak cuma meramaikan, bahkan Korea Selatan pernah membuat terperangah publik sepakbola dunia, ketika mereka menjadi tuan rumah bersama dengan Jepang tahun 2002, Korea Selatan sukses melaju ke partai semifinal dengan mengalahkan negara-negara unggulan yang dipenuhi pemain bintang seperti Italia.

Pada edisi terakhir, 2018 di Rusia. Saat Shin Tae-yong masih memegang kendali sebagai pelatih, kendati tak bisa melangkah lebih jauh, Korea Selatan bisa mempermalukan Jerman dengan skor 2-0.

Dan pada edisi kali ini, Korea Selatan melaju ke putaran final Piala Dunia ke Qatar bersama Iran, kedua negara sudah mengamankan satu tempat dari penyisihan Grup A zona Asia. 

Dan mari kita nantikan kiprah Korea Selatan dalam edisi Piala Dunia kali ini.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network