Peringkat 5 Pemain Terbaik Piala Afrika 2021 Sejauh Ini

"Dua pemain adalah andalan Liverpool."

Analisis | 03 February 2022, 17:16
Peringkat 5 Pemain Terbaik Piala Afrika 2021 Sejauh Ini

Libero.id - Piala Afrika 2021 sudah sampai final. Turnamen sepakbola bergengsi ini adalah salah satu ajang paling dinanti berkat kehadiran sejumlah bintang pemain sepakbola dunia di lapangan.

Banyak pesepak bola yang tampil di turnamen ini adalah mereka yang sukses berkarier di Eropa.
Piala Afrika memberikan persaingan ketat antara tim ‘kelas berat Afrika’. Mereka adalah Senegal, yang memastikan lolos ke partai final setelah menang atas Burkina Faso. Sedangkan Mesir dan Kamerun masih akan menjalani laga semifinal malam ini.

Yang jelas, pertandingan final akan diselenggarakan di Stadion Olembe, Kamerun, pada Minggu malam (6/2/2022).

Piala Afrika 2021 kali ini telah memiliki banyak kejutan. Ghana hingga juara bertahan, Aljazair, tersingkir sejak babak penyisihan grup. Sementara Pantai Gading dan Mali tersisih di babak 16 besar. Sedangkan Maroko dan Tunisia berhenti di perempat final.

Akan tetapi, mari kita lihat siapa saja pemain terbaik Piala Afrika 2021 sejauh ini: Sebagian besar bintang Eropa telah mampu tampil di panggung besar Piala Afrika.

5. Mohamed Salah (Mesir)

Mohamed Salah tampil luar biasa bersama Liverpool musim ini. Sayangnya, dia belum bisa mencapai ketinggian yang sama dengan Mesir di AFCON.

Walau begitu, dia berhasil melakukannya dengan cukup baik sejauh ini. Dia memulai dengan tampilan yang tidak seperti biasanya dalam kekalahan 1-0 Mesir melawan Nigeria. Tapi, Salah dengan cepat bangkit kembali dan menjadi pemain terbaik Mesir di pertandingan berikutnya melawan Guinea-Bissau dan mencetak gol kemenangan.

Setelah dua pertandingan yang layak melawan Sudan dan Pantai Gading, Salah mengeluarkan kemampuannya saat Mesir melawan Maroko. Pemain berusia 29 tahun itu mencetak gol dan memberikan assist untuk gol penentu kemenangan Trezeguet di perpanjangan waktu saat Mesir mengalahkan pesaing berat di Afrika, Maroko.

4. Sadio Mane (Senegal)

Sadio Mane memulai dengan baik di Piala Afrika 2021. Dia bisa dibilang pemain terbaik di lapangan saat Senegal mendominasi Zimbabwe di pertandingan pertama mereka.

Namun, mereka membutuhkan penalti di menit-menit terakhir untuk menempatkan satu gol ke atas lawan mereka dengan Mane melakukan penghargaan dari titik putih pada perpanjangan waktu babak kedua.

Pemain sayap Liverpool ini memiliki dua pertandingan yang sangat tenang setelah pertandingan melawan Zimbabwe. Dia tidak bersemangat saat Senegal bermain imbang tanpa gol melawan Guinea dan Malawi. Tapi, Mane bangkit kembali di babak sistem gugur.

Mane tampil meriah di babak 16 besar melawan Cape Verde. Dia bekerja keras dan mencetak gol pembuka pertandingan saat Senegal menang 2-0. Mane sekali lagi menjadi pilihan para pemain saat Senegal mengalahkan Guinea Khatulistiwa 3-1 di perempat final.

3. Achraf Hakimi (Maroko)

Achraf Hakimi adalah salah satu pemain paling konsisten di Piala Afrika 2021, tapi sayangnya Maroko harus tersingkir di perempat final oleh Mesir. Bek kanan Paris Saint-Germain ini tampil impresif dalam pertandingan melawan Komoro dan Gabon, mencetak gol penyeimbang ke-84 yang sangat penting di laga terakhir.

Dia memanfaatkan nada yang sama untuk pertandingan babak 16 besar Maroko melawan Malawi. Hakimi mencetak gol kemenangan pada menit ke-70 saat Maroko bangkit dari ketinggalan 1-0 untuk memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.

Pemain berusia 23 tahun itu tampil bagus di perempat final melawan Mesir. Dia memenangkan penalti di awal pertandingan yang dikonversi oleh Soufiane Boufal untuk memberi Maroko keunggulan 1-0. Namun, Hakimi bersalah karena kehilangan Trezeguet di tiang belakang untuk gol yang menentukan pertandingan.

2. Karl Toko Ekambi (Kamerun)

Kamerun telah menjadi bintang utama Piala Afrika edisi ini. Para penyerang Kamerun sedang bersemangat dan telah menyalakan turnamen dengan efisiensi mereka di depan gawang dan rasa petualangan yang mereka tunjukkan.

Karl Toko Ekambi seharusnya mendapatkan hat-trick dalam pertandingan penyisihan grup kedua Kamerun melawan Ethiopia. Dia memiliki lima tembakan ke gawang dan mengantongi dua gol untuk usahanya.

Setelah bermain imbang 1-1 melawan Cape Verde di pertandingan penyisihan grup terakhir mereka, Ekambi bersinar di babak sistem gugur. Dia mencetak gol pembuka untuk Kamerun dalam kemenangan 2-1 mereka atas Komoro. Penyerang Olympique Lyon itu mencetak dua gol lagi saat Kamerun mengalahkan Gambia 2-0 di perempat final.

1. Vincent Aboubakar (Kamerun)

Striker Kamerun, Vincent Aboubakar, dengan mudah menjadi pemain dengan performa terbaik dari babak grup. Dia mencetak lima gol dalam tiga pertandingan, termasuk dua gol dalam dua pertandingan pertama mereka melawan Burkina Faso dan Ethiopia.

Bahkan, dia mencetak satu-satunya gol Kamerun dalam hasil imbang 1-1 melawan Cape Verde. Pemain berusia 30 tahun ini adalah penembak jitu yang berbakat secara teknis yang tahu jalannya di sepertiga akhir dan cukup baik dalam menghubungkan dengan rekan satu timnya. Dia terlibat dalam kedua gol dalam kemenangan 2-1 Kamerun atas Komoro di babak 16 besar, mencetak satu dan memberikan assist untuk yang lain. Meski tidak mencetak gol saat Kamerun menang 2-0 atas Gambia di perempat final, Aboubakar tetap menampilkan performa impresif.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network