Peringkat 10 Debutan Termuda di Timnas Indonesia

"Selain Kwateh dan Ferdinan siapa lagi?"

Berita | 04 February 2022, 17:32
Peringkat 10 Debutan Termuda di Timnas Indonesia

Libero.id - Dalam laga antara Indonesia vs Timor Lester pada Kamis (27/01/2022) di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, pemain muda Madura United, Ronaldo Kwateh memecahkan rekor sebagai pemain debutan untuk timnas Merah Putih.

Selain Kwateh, penggawa Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan juga memecahkan rekor sebagai pemain debutan untuk Indonesia.

Namun apakah hanya kedua pemain muda tersebut? tentu saja jawabannya tidak, karena ada 10 pemain debutan termuda untuk Skuad Garuda, penasaran siapa saja? berikut ulasannya;

1.Ronaldo Kwateh

Di nomer satu tentu saja diisi oleh penggawa Laskar Sapeh Kerrap tersebut. Terhitung, usia pemain kelahiran Yogyakarta itu saat bermain untuk timnas senior di laga melawan Timor Leste adalah 17 tahun 3 bulan 8 hari.

Kwateh sendiri telah mengemas 4 caps bersama timnas Indonesia U-23 dan kemungkinan besar akan dibawa oleh coach Shin Tae-yong ke Kamboja untuk pergelaran Piala AFF U-23 tahun ini.

2.Marselino Ferdinan

Merupakan pemain jebolan akademi Persebaya Surabaya, Ferdinan sukses mengukir namanya sebagai salah satu debutan termuda timnas Indonesia.

Sama seperti Kwateh, Ferdinan memainkan laga pertamanya untuk Skuad Garuda saat menghadapi Timor Leste di Bali. Pemain kelahiran Jakarta tahun 2004 itu terhitung membela Indonesia di usia 17 tahun 4 bulan 18 hari.

Pada jenjang level junior, Ferdinan telah bermain untuk timnas Indonesia U-16 serta U-23.

3.Asnawi Mangkualam

Asnawi yang kini berkarier di Korea Selatan bersama Ansan Greeners, mencatatkan namanya sebagai debutan termuda untuk Indonesia saat menghadapi Myanmar pada 21 Maret 2017.

Pada waktu melakukan debutnya itu, anak dari Bahar Muharram tersebut berusia 17 tahun 5 bulan 17 hari.

Penampilannya yang selalu bersemangat dan senang membantu penyerangan, membuat Shin Tae-yong memberikan kepercayaan penuh pada dirinya dan selama pergelaran Piala AFF 2020, harus diakui Asnawi sangat memiliki perang penting untuk Skuad Garuda hingga masuk ke partai final sebelum dikalahkan Thailand.

4.Egy Maulana Vikri

Egy melakukan debutnya untuk timnas senior Indonesia pada saat Tim Merah Putih menghadapi Islandia, tepatnya pada tanggal 14 Januari 2018.

Saat itu umur dari pemain jebolan akademi SKO Ragunan tersebut adalah 17 tahun 6 bulan 7 hari, yang membuatnya sebagai debutan termuda keempat dalam list ini.

Kini berkarier di Slovakia bersama FK Senica, Egy tampaknya memiliki masa depan yang cerah di pentas sepakbola Eropa.

5.Boaz Salossa

Siapa yang tidak kenal dengan Boaz? Legenda hidup Persipura Jayapura itu merupakan salah satu pemain yang cukup berpengaruh di kompetisi domestik Tanah Air.

Pemain yang memenangkan medali emas bersama Papua di ajang PON 2004 itu melakukan debutnya Skuad Garuda pada 30 Maret 2004, tepatnya saat Indonesia menghadapi Turkmenistan.

Pelatih Peter White langsung memberikan kepercayaan kepada pemain kelahiran Sorong itu dengan menurunkannya pada babak pertama, dan saat itu usia Boaz adalah 18 tahun 14 hari.

Kini ia bermain untuk Borneo FC.

6.Saddil Ramdani

Satu lagi pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri, Saddil Ramdani yang saat ini membela tim Malaysia, Sabah FC.

Memulai kariernya di persepakbolaan Tanah Air bersama Persela Lamongan, Saddil kemudian melakukan debutnya untuk timnas senior Indonesia pada 21 Maret 2017, tepatnya saat Skuad Garuda menghadapi Myanmar.

Saat itu usia Saddil adalah 18 tahun 2 bulan 19 hari.

Debut pemain kelahiran Raha itu untuk skuad senior sendiri terbilang berjenjang, dimulai dengan membela Indonesia U-16, U-19, U-23 dan kemudian timnas Indonesia senior.

7.Gian Zola

Merupakan pemain jebolan akademi Persib Bandung, Zola melakukan debutnya untuk skuad senior sama seperti Saddil dan Asnawi, yakni pada 21 Maret 2017, ketika Indonesia menghadapi Myanmar.

Kala itu usia Zola adalah 18 tahun 7 bulan 16 hari.

Saat ini Zola tengah menikmati masa peminjamannya bersama Persela Lamongan dan sejauh ini pemain berusia 23 tahun baru mencetak 1 gol untuk Laskar Joko Tingkir.

8.Bambang Pamungkas

Satu-satunya debutan termuda dari era 90 an, Bambang Pamungkas bermain untuk Indonesia saat ia berusia 18 tahun 357 hari di saat Skuad Garuda melawan Lithuania.

Pria yang kini manajer Persija Jakarta itu adalah pemain dengan raihan gol terbanyak ketiga untuk Indonesia dan juga pemain dengan caps terbanyak untuk Indonesia hingga saat ini.

Tentu saja Bepe merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

9.Marinus Wanewar

Pada 8 Juni 2018, Marinus melakukan debutnya untuk skuad senior. Saa itu usia penggawa PSM Makassar tersebut adalah 19 tahun 43 hari, membuatnya sebagai debutan termuda kesembilan dalam daftar ini.

Dikatakan sebagai penyerang yang berpostur ideal, Marinus telah bermain untuk 5 klub nasional, diantaranya Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Muba Babel United, Persis Solo dan kini PSM Makassar.

10.Firman Utina

Di daftar terakhir ada nama legenda Sriwijaya FC, Firman Utina. Pemain kelahiran Manado 1981 tersebut melakukan debutnya untuk Indonesia pada 22 April 2001 atau tepatnya saat Indonesia menghadapi Kamboja.

Saat itu usia Firman Utina adalah 19 tahun 128 hari.

Bersama Skuad Garuda Senior, ia sukses membukukan 66 caps dengan raihan 5 gol atas namanya. Ketika pensiun dari lapangan hijau, Firman Utina sempat mencicipi beberapa posisi strategis untuk klub nasional, misalnya saja menjadi manajer PSJS Jakarta Selatan, asisten pelatih Bhayangkara hingga Direktur Akademi Kalteng Putra.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network