Kisah Giulio Maggiore, Kapten Termuda di Serie A 2021/2022

"Punya idola yang membuatnya terus berkembang."

Biografi | 07 February 2022, 15:17
Kisah Giulio Maggiore, Kapten Termuda di Serie A 2021/2022

Libero.id - Dalam wawancara eksklusif dengan Goal, Giulio Maggiore berbicara tentang prosesnya berjuang secara mental dengan langkah besar di usia muda. Dia melakukannya sebelum menjadi pahlawan di kampung halaman.

Maggiore adalah pemain populer dengan manajer Fantasy Football di Italia.

"Mereka terkadang menulis kepada saya di media sosial untuk berterima kasih kepada saya karena mendapatkan peringkat dan poin yang bagus," ungkapnya dalam wawancara eksklusif dengan Goal. "Bagus. Untungnya, saya tidak mendapatkan banyak hinaan!"

Itu tidak mengherankan, Maggiore memiliki nilai pasar yang rendah. Tetapi, dirinya berkualitas tinggi, konsisten masuk starting line-up Spezia, dan memiliki poin yang dapat diandalkan.

Namun, bukan hanya pemain Fantasy Football yang mengapresiasi konsistensi dari pemain berusia 23 tahun itu. Maggiore adalah impian seorang manajer dalam kehidupan nyata.

Memang, ada alasan mengapa dia menjadi kapten termuda di Serie A. Dia memancarkan kelas dan ketenangan di lapangan, tapi dia juga mengesankan di luar itu.

Dia hangat, menarik, dan berbicara dengan kedewasaan yang memungkiri usianya. Dia pasti tidak pernah menghindar dalam membuat panggilan besar.

Berasal dari Spezia, dia dijemput oleh klub kota kelahirannya saat masih kecil, tetapi pindah ke AC Milan pada usia 14 tahun.

Maggiore tahu bahwa ini adalah kesempatan luar biasa untuk membuat langkah signifikan dan mewujudkan mimpinya menjadi pesepakbola profesional.

Tapi, ada satu masalah, dia tidak bahagia. Masalah cedera tentu saja tidak membantu, tetapi ada lebih dari itu.

"Itu adalah situasi yang lebih besar dari saya," timpalnya. "Saya tidak merasa bahagia dalam diri saya."

“Memikirkannya sekarang, saya dapat mengatakan bahwa saya tidak bisa memperbaiki diri dan mungkin cedera menjadi akibat dari fakta bahwa secara mental saya tidak fokus."

“Saya pikir itu semua adalah konsekuensi dari fakta bahwa saya tidak sehat. Saya tidak memikirkan sepakbola."

"Jadi, setelah dua bulan, saya kembali ke rumah dan langsung kembali ke Spezia."

Maggiore menandatangani kontrak profesional pertamanya pada April 2016 dan melakukan debut profesionalnya pada September dalam pertandingan Serie B melawan Trapani pada usia 18 tahun.

Pada akhir musim, dia menjadi pemain reguler tim utama dan menerima panggilan untuk Piala Dunia U-20 di Korea Selatan.

Namun, sekali lagi Maggiore merasa harus melakukan hal besar untuk melakukan yang benar.

Dia sudah melewatkan banyak sekolah karena dia bermain sepakbola divisi dua dan dia tidak ingin membahayakan harapannya untuk lulus. Jadi, dia menolak kesempatan untuk mewakili negaranya di turnamen internasional besar.

"Mereka memberi tahu saya dua bulan sebelumnya bahwa saya akan dipanggil timnas U-20 dan mereka berkata kepada saya, 'Bagaimana kabarmu?" jelasnya.

"Saya telah belajar selama lima tahun dan sekolah saya sangat baik kepada saya karena saya bermain di Serie B dan sering absen. Jadi, saya memutuskan untuk tidak pergi ke Piala Dunia dan malah melakukan esame di maturita (ijazah sekolah tinggi)."

“Saya sedih harus melakukan itu. Tetapi, tim nasional membiarkan saya bebas memilih dan mereka sangat baik dan pengertian."

"Saya setahun lebih muda dari semua pemain lain dan saya berpikir harus melakukan hal yang benar. Saya pikir itu adalah keputusan yang tepat karena saya bisa menyelesaikan studi saya."

Maggiore terus berkembang, baik sebagai pemain maupun secara pribadi. Ketika tiba saatnya bagi Spezia untuk memilih kapten baru setelah kepergian Claudio Terzi pada musim panas 2021. Gelandang serba bisa itu adalah pilihan yang jelas dan populer.

Memang, pada saat itu dia telah membuat lebih dari 100 penampilan untuk klub dan memainkan peran penting dalam promosi bersejarah mereka ke Serie A pada Agustus 2020.

Maggiore yang merupakan seorang gelandang serba bisa yang posisi pilihannya adalah sisi kiri. Dia juga telah menunjukkan bahwa dia termasuk dalam pemain level tinggi di sepakbola Italia, unggul dalam tim yang dilatih secara ahli oleh Vincenzo Italiano yang finis di urutan ke-15 di akhir musim pertama mereka.

Tetap saja, menjadi kapten klub lokal Anda bisa menjadi hal yang menakutkan. Tidak banyak yang melakukannya. Hal ini tentunya akan bersejarah.

Namun, untuk seseorang yang menganggap Legenda Liverpool, Steven Gerrard, di antara idola masa kecilnya, mungkin tidak mengejutkan bahwa Maggiore menyukai peran itu. Bahkan, jika dia mengakui bahwa kekalahan dan kemunduran memengaruhinya lebih dari kebanyakan.

"Saya dari La Spezia, jadi wajar jika ada lebih banyak tekanan," katanya. "Ada banyak hal yang harus coba dikendalikan. Tidak hanya di dalam lapangan, tetapi juga di luar dalam hal membantu tim."

"Anda merasa bertanggung jawab dalam banyak situasi. Ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, Anda merasa bertanggung jawab untuk berbuat lebih banyak."

"Namun, menjadi kapten adalah sesuatu yang memberi saya kepuasan dan kegembiraan yang luar biasa. Memimpin klub kampung halaman Anda adalah sesuatu yang tidak banyak orang berhasil lakukan."

"Jadi, menjadi kapten Spezia sebagai Spezzino membuatnya bernilai dua kali lipat bagi saya."

Spezia menjalani awal yang sulit musim ini. Penerus Italiano, Thiago Motta, dikatakan berada di ambang pemecatan ketika tim melakukan perjalanan ke Genoa pada 9 Januari untuk derby Liguria yang digandakan sebagai pertempuran degradasi.

Namun, Spezia menang di Luigi Ferraris, dan kemudian mengejutkan AC Milan di San Siro pada akhir pekan berikutnya sebelum meraih tiga kemenangan beruntun di Serie A dengan kemenangan atas Sampdoria dalam pertandingan terakhir mereka.

"Kami adalah tim yang terus berkembang," kata Maggiore. "Kami mulai dengan kesulitan besar, jelas setelah banyak berubah selama musim panas."

"Tapi, kami telah mencapai posisi kami hari ini dengan semua orang tumbuh perlahan tapi pasti."

“Saya pikir periode terakhir sangat fantastis dengan tiga kemenangan berturut-turut yang belum pernah kami lakukan sebelumnya. Kami mendapatkan hasil yang kami harapkan selama ini dan kami ingin maju seperti ini."

"Kami tidak pernah memikirkan hal lain yang terjadi di luar lapangan. Kami selalu memberikan yang maksimal di setiap pertandingan."

Maggiore jelas menikmati bermain di bawah asuhan Motta, yang telah lama diperlakukan dengan skeptis, kembali ke kutipan tentang sistem 2-7-2, dan baru saja dinobatkan sebagai Manajer Terbaik Serie A Bulan Ini.

"Dia sedikit berbeda dengan pelatih lain karena dia tidak memiliki formasi yang tepat," ungkap Maggiore.

“Dia berpikir bahwa setiap pemain dapat menginterpretasikan beberapa peran tergantung pada permainan. Dia dapat membuat banyak perubahan dari permainan sebelumnya."

"Tapi, dia ingin kami selalu memainkan sepakbola yang bagus, mulai dari penjaga gawang, dan saya merasa baik dalam sistem ini. Beberapa bulan terakhir ini memuaskan dan positif."

Jelas membantu bahwa Motta menjadi seorang gelandang tengah yang terkenal, yang biasa diawasi oleh Maggiore selama pemain internasional Italia itu di Inter.

"Dia adalah pemain yang luar biasa," dia antusias, "Jadi wajar ketika dia berbicara, Anda mendengarkan.”

Dengan Italiano sekarang unggul di Fiorentina, hampir tak terelakkan bahwa Maggiore akan mulai dikaitkan dengan kepindahan ke Artemio Franchi.

Lagipula, dia hanya memiliki 18 bulan tersisa di kontraknya dan Spezia mungkin merasa sudah waktunya untuk menguangkan pemain yang juga telah dikaitkan dengan Bologna, Roma, dan Inter.

Maggiore, bagaimanapun menepis pembicaraan tentang transfer. Seperti yang diharapkan dari seorang kapten sejati, dia hanya fokus pada kelangsungan hidup Spezia di Serie A.

"Keselamatan adalah tujuan yang terlalu penting bagi saya saat ini untuk memikirkan apa yang mungkin terjadi di musim panas," tegasnya.

Maggiore sedikit lebih terbuka ketika datang ke tim nasional, mengakui bahwa itu adalah mimpinya untuk mewakili Azzurri.

Namun, sikap tenangnya sekali lagi terpancar dalam tanggapannya, ketika dia berkata. "Mereka memanggil mereka yang pantas mendapatkannya, mereka yang bermain bagus secara konsisten di klub mereka, tapi saya pikir saya laki-laki yang masih berkembang."

"Mungkin saya akan memiliki kesempatan untuk mewujudkan mimpi ini, tetapi perlahan, tanpa memberi tekanan pada diri saya sendiri."

Kedewasaan benar-benar mengesankan, dan begitu pula semangat untuk Spezia.
Tidak sulit percaya bahwa dia mengatakan yang sebenarnya ketika dia mengatakan bahwa semua yang dia pikirkan saat ini adalah memastikan harapan mereka tetap terjaga.

Dia mungkin telah memberi mereka banyak selama beberapa tahun terakhir, tetapi jelas dia tidak akan pernah melupakan cara mereka menyambutnya kembali dengan tangan terbuka bertahun-tahun yang lalu.

"Ketika Anda berada di Milan, biasanya ada lebih banyak kemungkinan untuk mengembangkan karier Anda dari pada di Serie B seperti Spezia, untungnya karena kerja keras. Saya pikir saya selalu berkembang," katanya.

"Berkat kepercayaan dan dukungan dari Spezia, saya berhasil mencapai tempat saya hari ini, dan menjadi diri saya hari ini."

Memang, Maggiore bukan hanya favorit di Fantasy Football, dia adalah salah satu pahlawan di kampung halaman yang langka, tapi sangat nyata.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network