Bagaimana Peluangnya? Britania Raya Gelar Euro 2028

"Alasan mundur menjadi calon tuan rumah Piala Dunia 2030."

Analisis | 09 February 2022, 15:37
Bagaimana Peluangnya? Britania Raya Gelar Euro 2028

Libero.id - FAI, Federasi Sepakbola Republik Irlandia, telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengajukan tawaran bersama Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara untuk menjadi tuan rumah bersama Euro 2028.

Belum pernah ada turnamen sepakbola internasional yang diadakan di negera ini sejak Inggris menjadi tuan rumah Euro pada 1996, ketika tim Terry Venables harus menjalani adu penalti sebelum final.

Pertandingan grup di Euro 2020 diadakan di Inggris dan Skotlandia, sementara semifinal dan final juga dimainkan di Wembley. Sementara Irlandia yang seharusnya menjadi tuan rumah pertandingan harus digantikan karena peraturan Covid.

Lima negara yang tergabung dalam Inggris Raya itu ditetapkan bersama-sama maju dalam upaya menjadi tuan rumah turnamen dalam waktu enam tahun ke depan.

"Menyusul studi kelayakan yang ekstensif, yang menilai peluang potensial dalam sepakbola internasional," demikian pernyataan FAI.

"Asosiasi sepakbola Republik Irlandia, Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales telah sepakat untuk fokus pada upaya menjadi tuan rumah Euro 2028, acara olahraga terbesar ketiga di dunia."

"Studi kelayakan mencakup analisis dampak ekonomi, lanskap sepakbola politik, dan kemungkinan biaya penyelenggaraan turnamen internasional."

"Lima asosiasi itu telah memutuskan untuk fokus pada tawaran resmi menjadi tuan rumah Euro 2028, dan telah setuju untuk tidak mengajukan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030."

"Menjadi tuan rumah Euro memiliki potensi pengembangan investasi, di mana turnamen Eropa akan mendatangkan uang yang jauh lebih rendah dan potensi keuntungan yang direalisasikan lebih cepat."

Negara asal dan Irlandia pada awalnya diharapkan bersaing menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030, tetapi keputusan ini akan membuat mereka tidak bisa menyelenggarakan Euro 2028.

Euro 2028 digelar dengan kontestan yang tadinya berjumlah 24 tim menjadi 32 tim.
Rumania, Yunani, Bulgaria dan Serbia dilaporkan telah membahas co-hosting event tersebut. Sementara Turki juga dikatakan tertarik menjadi tuan rumah. Perlu diketahui bahwa tanggal pendaftaran pengajuan diri menjadi tuan rumah akan ditutup pada 23 Maret.

“Ini akan menjadi suatu kehormatan dan hak istimewa untuk secara kolektif menjadi tuan rumah Euro 2028 dan untuk menyambut seluruh Eropa,” lanjut pernyataan FAI.

“Ini juga akan menjadi kesempatan luar biasa untuk menunjukkan dampak sebenarnya dari menjadi tuan rumah turnamen sepakbola kelas dunia dengan mendorong perubahan positif dan meningkatkan warisan abadi di komunitas kami."

"Kami percaya Republik Irlandia dan Inggris dapat menawarkan sesuatu yang istimewa pada 2028. Kolaborasi tuan rumah lima arah yang kompak dan unik akan memberikan pengalaman hebat bagi tim dan penggemar."

“Kami terus berkolaborasi dengan Pemerintah Irlandia dan Inggris Raya tentang langkah selanjutnya.”

Kerumunan penonton di Euro 2020, khususnya di final saat para penggemar yang tidak memiliki tiket memaksakan diri masuk, membuat Inggris terkena hukuman, yang berarti pertandingan UEFA berikutnya di Wembley akan berlangsung tanpa penonton.

Namun, masalah tersebut dianggap tidak berdampak negatif terhadap tawaran turnamen internasional.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network