5 Hal yang Harus Diperbaiki Man United Jika Ingin Finish 4 Besar

"Nomor 1 bikin Cristiano Ronaldo merana."

Analisis | 10 February 2022, 16:50
5 Hal yang Harus Diperbaiki Man United Jika Ingin Finish 4 Besar

Libero.id - Musim 2021/2022 menjadi periode yang buruk bagi Manchester United. Klub terseok-seok sejak mengawali musim, walau sejumlah perbaikan telah dilakukan.

Manajemen Setan Merah memulangkan Cristiano Ronaldo ke Old Trafford, hingga pergantian pelatih Ole Gunnar Solskjaer. Kini, sebelum musim berakhir, Man United berada di bawah asuhan ahli strategi asal Jerman, Ralf Rangnick.

Man United telah memainkan 12 pertandingan di semua kompetisi sejak Rangnick ditunjuk sebagai pelatih sementara. Mereka memiliki rangkaian pertandingan yang relatif mudah untuk dinavigasi. Setan Merah hanya meraih 6 kali kemenangan dari 12 pertandingan itu di bawah asuhan Rangnick.

Seberapa besar pengaruh Ralf Rangnick di Manchester United?

Man United hanya mencetak 14 gol dalam 12 pertandingan pertama Rangnick sebagai sebagai pelatih. Di samping itu, mereka juga kebobolan delapan kali.

Setan Merah telah menopang pertahanan mereka dan menunjukkan lebih banyak kontrol atas proses akhir-akhir ini daripada yang mereka lakukan menjelang akhir pemerintahan Solskjaer.

Para fans di Old Trafford akan memberi tahu Anda bahwa tim mereka sebenarnya telah mengalahkan lawan di hampir semua pertandingan di bawah asuhan Rangnick.

Tetapi, mereka tidak memiliki hasil untuk ditunjukkan. Ini adalah sepakbola yang mengasyikkan dan menghibur, tetapi hasilnya sangat membuat frustrasi. Para pemain harus bertanggung jawab, dan tentu saja perbaikan harus dilakukan Setan Merah jika ingin mendapat tiket menuju Liga Champions musim depan.

Pada catatan itu, mari kita lihat 5 hal yang harus diperbaiki Man United jika ingin finish di 4 besar klasemen Liga Premier.

5. Menguatkan Kontrol Permainan dan Lini Pertahanan.

Setelah hasil imbang 1-1 melawan peringkat ke-20, Burnley, pada Rabu (9/2/2022), kapten Manchester United, Harry Maguire, mengatakan:

“Kami ingin mendominasi permainan, tetapi yang pasti ketika Anda datang ke Burnley, Anda tidak akan mendominasi selama 90 menit. Kami harus melihatnya lebih baik. Kami kebobolan seperti melawan Middlesbrough ketika mereka memiliki tekanan. Kami menjadi sedikit lebih klinis."

Salah satu masalah krusial Setan Merah dalam beberapa pekan terakhir adalah mereka kehilangan kendali permainan menghadapi lawan yang lebih lemah.

Ambil contoh dalam pertandingan melawan Aston Villa. Man United memiliki keunggulan dua gol memasuki 15 menit terakhir pertandingan. Mereka kemudian disingkirkan Aston Villa di kuarter terakhir satu jam sebelum pertandingan berakhir 2-2.

Kemudian pertandingan terakhir mereka melawan Burnley keluar dari taman di babak pertama dan The Clarets tidak bisa membuat tembakan ke gawang saat 45 menit pertama.

Namun, anak asuh Sean Dyche mampu bangkit di babak kedua dan membawa permainan ke Man United untuk menyamakan kedudukan. Hal yang sama terjadi melawan Middlesbrough minggu lalu, di mana wakil Championship diberi waktu untuk bangkit memenangkan pertandingan.

Hal terburuk dari semua ini tampaknya kapten Man United, Maguire, percaya bahwa timnya tidak dapat mendominasi selama 90 menit. Beberapa tim dapat mendominasi selama 90 menit berturut-turut. Tetapi, ketika mereka berada di atas, mereka membuatnya lebih baik daripada yang dilakukan pasukan Rangnick.

Setan Merah tidak membuat dominasi mereka menjadi gol. Mereka juga tampaknya kebobolan setiap kali mereka melepaskan kendali atau tertinggal. Pasukan Rangnick harus lebih baik dalam mengelola permainan, terutama saat mereka memegang kendali.

4. Tingkatkan Serangan di Sayap Kanan

Alasan utama di balik memilih Diogo Dalot daripada Aaron Wan-Bissaka belakangan ini karena Dalot lebih baik dalam hal menyerang. Dalot memiliki beberapa momen dari beberapa pertandingan terakhir, walau dia belum melakukan tugas menyerang dengan baik.

Pemain berusia 22 tahun itu tidak sepaham dengan Marcus Rashford. Dia tidak melakukan overlap atau underlapping seperti yang dilakukan Luke Shaw. Dia hampir tidak pernah melakukan umpan silang.

Kemampuan pemain timnas Portugal itu melepaskan umpan silang ke dalam kotak dari sayap kanan layak mendapatkan pujian. Tapi, umpan silangnya sangat buruk dalam beberapa pekan terakhir.

Dia mengalami peningkatan di sisi pertahanan, tetapi tampaknya tidak menawarkan apapun ke depan. Semakin sedikit yang dikatakan tentang efektivitas Rashford di sayap kanan semakin baik. Dengan Mason Greenwood yang diskors dan tidak mungkin tampil lagi di klub, masalah sayap kanan Man United akan bertahan lebih lama.

Setan Merah adalah tim yang lebih banyak menguasai bola dari sisi sayap. Tanpa keseimbangan yang tepat, tim ini akan menderita karena lawan tahu persis apa yang diharapkan dari mereka setiap kali mereka maju.

3. Tingkatkan Pengambil Keputusan

Beberapa pengambil keputusan akhir Man United di sepertiga akhir sangat buruk. Marcus Rashford adalah salah satu penyebab utama. Saat pemain berusia 24 tahun itu menemukan beberapa ruang di dalam sepertiga akhir, dia tidak peduli seberapa sulit sudutnya.

Rashford memang sukses dengan tembakan jarak jauhnya, tapi dia sering mengabaikan rekan satu timnya yang berada di posisi jauh lebih baik di dalam kotak 12 pas.

Hal yang sama berlaku untuk Ronaldo, yang hari-hari terbaiknya jelas ada di belakangnya. Bahkan, Bruno Fernandes bersalah karena memiliki celah untuk menemukan rekan setimnya di posisi yang lebih baik.

Tapi, sulit untuk menyalahkan seseorang yang jelas merupakan pemain paling kreatif. Pengambilan keputusan mereka di sepertiga akhir dan kualitas bola terakhir mereka harus meningkat drastis jika mereka ingin menjadi tim yang bisa tampil di level tinggi secara konsisten.

2. Manchester United Membutuhkan Poros Lini Tengah Pertahanan

Merobek semua yang Anda inginkan, tetapi McFred (Scott McTominay-Fred) adalah cara terbaik di lini tengah sejauh ini. Gerakan keras Paul Pogba dan kurangnya disiplin di lini tengah menjadi masalah konstan bagi Man United.

Jangan salah paham, pemain Prancis itu adalah playmaker yang luar biasa. Kualitas pertahanannya tidak perlu diragukan lagi. Namun, posisi dan kesadaran McTominay masih belum pada level yang Anda harapkan dari gelandang bertahan Man United itu.

Sementara keterampilan dan kegigihan perkembangan bolanya patut dipuji, tapi pemain timnas Skotlandia itu masih terjebak di luar posisinya selama transisi defensif.

Saat melawan Burnley adalah contohnya. McTominay jelas akan tampil lebih baik di depan lini belakang yang lebih solid. Sial baginya, Maguire selalu rentan melakukan blunder. Jadi, pemain Skotlandia itu membutuhkan Fred untuk menyapu ketika dia terjebak lebih tinggi di atas lapangan, khususnya saat lawan melakukan serangan balik.

Tapi, kemana Pogba akan pergi? Man United pasti membutuhkannya juga. Keberadaannya membawa Setan Merah mendapatkan poin berikutnya.

1. Cadangkan Cristiano Ronaldo dan Mainkan Bruno Fernandes Sebagai False 9

Ronaldo tidak sebagus dulu. Dia telah mencetak beberapa gol penting untuk Manchester United musim ini, tetapi dia sekarang tidak mencetak gol dalam lima pertandingan terakhir. Ini adalah kekeringan gol terbesarnya sejak awal kariernya di Real Madrid pada 2010.

Dia juga bersalah karena kehilangan banyak peluang dalam beberapa pekan terakhir, termasuk penalti melawan Middlesbrough. Link-up play Ronaldo juga sangat buruk. CR7 sering memperlambat serangan dengan menjatuhkan diri ke dalam dan ceroboh dengan bola di kakinya.

Sedangkan Fernandes mencetak 28 gol untuk Man United di semua kompetisi musim lalu. Tidak ada keraguan bahwa dia adalah salah satu finisher terbaik di samping.

Namun, Fernandes sama sekali tidak diizinkan masuk ke posisi pencetak gol itu, khususnya di hadapan Ronaldo. Maka, cadangkan Ronaldo dan mainkan Fernandes sebagai false 9 dengan Paul Pogba beroperasi di belakangnya. 

Posisikan Jadon Sancho dan Marcus Rashford di sayap dan biarkan serangan mengalir bebas kembali ke Old Trafford.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network