Peringkat 14 Transfer Aneh Juergen Klopp

"Nomor 13 begitu konyol karena dianggap kesalahan admin."

Analisis | 11 February 2022, 15:11
Peringkat 14 Transfer Aneh Juergen Klopp

Libero.id - Siapa yang tidak mengakui Juergen Klopp adalah salah satu pelatih terkemuka di generasinya. Ahli taktik asal Jerman itu menghidupkan kembali klub-klub kebanggaan seperti Borussia Dortmund hingga Liverpool, tetapi itu tidak menghentikannya membuat beberapa pemain yang dipertanyakan pada masanya.

Klopp tidak pernah mengelola klub raksasa milik juragan minyak, yang berarti beberapa pemainnya berada di pihak lebih spekulatif. Ini berarti, Klopp pernah mendatangkan pemain seperti Mohamed Salah hingga Kevin-Prince Boateng.

Kami telah membuat peringkat 14 transfer paling aneh Klopp selama menjadi pelatih.

14. Alex Manninger

Setelah 19 tahun bergabung dengan Arsenal asuhan Arsene Wenger, kiper cadangan abadi Manninger bergabung dengan Liverpool saat dilatih Klopp. Dia menghabiskan satu musim di Anfield, tidak pernah tampil – tentu saja – dan kemudian pensiun.

Salah satu gerakan yang akan mudah dilupakan pernah terjadi.

13. Ranisav Jovanovic

Saat itu memang awal dari hari-hari Klopp di Mainz. Kami tidak tahu apa-apa tentang orang ini, tetapi dia terdengar seperti versi Pro Evo dari Branislav Ivanovic. Kami suka membayangkan semacam kesalahan admin yang berakhir dengan Klopp mendapatkan orang yang salah.

12. Mohamed Zidan

Mo Salah bukan penyerang Mesir pertama yang berkembang di bawah Klopp. Kembali pada 2008, pelatih asal Jerman itu menandatangani Mohamed Zidan untuk Dortmund. Itu terwujud setelah mengontraknya sekali di Mainz.

Zidan pernah juara Piala Afrika dua kali, dan memenangkan gelar Bundesliga berturut-turut di bawah Klopp. Kami membantah klaim "bisa lebih baik dari Salah".

“Klopp mengatakan kepada saya bahwa saya lebih baik dari Salah 100 kali, tetapi saya harus lebih profesional,” kata Zidan kepada ON Sport pada Januari 2020.

“Klopp mengatakan kepada saya bahwa saya memiliki bakat dan keterampilan yang hebat, tetapi saya perlu lebih berkonsentrasi. Jika saya melakukan ini, saya bisa menjadi salah satu pemain terbaik di dunia,” tutur Zidan.

11. Filipe Santana

Beberapa pemain berselisih dengan Klopp, tetapi bek tengah Brasil Santana – yang bergabung dengan Klopp di Dortmund bersama Zidan pada 2008, tetapi tertinggal dari Mats Hummels dan Neven Subotic dalam urutan kekuasaan – menjadi salah satunya. Bahkan, sang bek menyalahkan sang pelatih karena kalah di final Liga Champions 2013.

“Pelatih kami bodoh. Mario merasakan benturan dalam pertandingan melawan Real Madrid dan kemudian dibawa ke rumah sakit Munich,” kenang Santana kemudian dalam sebuah wawancara dengan ESPN Brasil.

“Ketika dia kembali, pelatih membiarkannya berlatih pada Selasa. Dia seharusnya tidak melakukannya karena ada pertandingan penting pada Sabtu (final Liga Champions),” tambah Santana.

10. Andi Robertson

Semua orang di Liverpool sangat menyukai Robertson, apalagi setelah pemain Skotlandia itu membungkam lawan-lawannya. Dia akan berada di bagian atas daftar pemain yang paling ingin diajak minum bir.

Sulit membayangkan betapa bagusnya Robertson di sektor bek kiri, bisa dibilang dia salah satu terbaik di dunia.

Dia cukup baik di Hull City dan sepertinya masuk akal ketika Liverpool mengontraknya setelah The Tigers terdegradasi pada 2017, tetapi hanya sedikit yang mendukungnya untuk menjadi starter yang tak terbantahkan saat itu. Kebangkitannya dari remaja tanpa uang sepeser pun menjadi juara Eropa sangat indah untuk disaksikan.

9. Robert Lewandowski

Kecuali karena terlalu tua untuk bermain di TikTok dan makan makanan penutupnya sebelum makan malam, Lewandowski tampak seperti pria yang cukup sehat dan normal. Ini adalah salah satu yang diajukan bersama Robertson, di mana aspek keanehan berasal dari seberapa bagus dia menjadi pemain di bawah asuhan Klopp - tidak diragukan lagi salah satu pencetak gol terbesar dalam sejarah.

Dia telah mencetak 41 gol dalam 82 pertandingan untuk Lech Poznan dan merupakan rekor penjualan Ekstraklasa Polandia pada saat itu, tetapi hanya sedikit yang bisa memprediksi pemain seperti apa dia hari ini ketika dia bermain di Dortmund hanya dengan 4 juta euro pada 2010.

“Juergen bukan hanya sosok ayah bagi saya,” tulis Lewandowski di The Players Tribune, memuji peran Klopp dalam perkembangannya.

“Sebagai seorang pelatih, dia seperti guru 'buruk' yang sangat ketat dengan Anda. Orang yang memberi tekanan pada Anda dan melakukan segalanya untuk mendapatkan yang terbaik dari Anda,” tuturnya.

“Dia tidak puas membiarkanmu menjadi siswa B, kau tahu? Juergen menginginkan siswa A+. Dia tidak menginginkan itu untuknya. Dia menginginkannya untukmu.”

Perasaan itu saling menguntungkan, dengan Klopp menyebut Lewandowski sebagai pemain yang paling banyak mengalami peningkatan… sampai Nat Phillips datang. Betapa berbedanya jika pemain asal Islandia itu tidak menghentikan Lewandowski untuk bergabung dengan Big Sam saat menukangi Blackburn.

8. Joel Matip

"Dengar, saya tidak bisa membantu orang yang tidak melihat kualitas Joel Matip," kata Klopp awal musim ini.

“Itu benar, dia sedikit tidak beruntung di masa lalu dengan cedera di sana-sini – mungkin tidak selalu hal yang paling sulit. Tetapi, dia adalah anak besar, pemain besar, tinggi. Dan, dari waktu ke waktu terlihat sedikit tegang atau apa pun.”

“Tapi, dia adalah pemain yang luar biasa. Dia selalu menjadi pemain yang luar biasa sejak dia bergabung dengan kami. Jadi, itu sangat bagus.”

Kami sangat setuju karena Matip menjelma sebagai tembok kokoh di barisan belakang The Reds saat ini.

7. Xherdan Shaqiri

Sama seperti Matip dalam kategori "lihat saja dia". Shaqiri, jika tidak ada yang lain, pasti terkucilkan sebagai anak muda.

Direkrut dari Stoke yang terdegradasi sebagai cadangan untuk trio Salah-Firmino-Mane, pemain timnas Swiss itu melakukan apa yang sepertinya selalu dia lakukan menghilang selama berbulan-bulan.

Shaqiri mengubah kinerja pemenang pertandingan yang aneh, mencetak gol yang menakjubkan dan kembali ke sistem bayang-bayang. Namun, Shaqiri memenangkan Liga Premier dan Liga Champions di Liverpool. Jadi, dia jelas melakukan sesuatu yang benar.

6. Andy Lonergan

Itu tidak cukup saat Scott Carson ke Manchester City, tetapi Lonergan masih merupakan penandatanganan pola dasar 'pengisi kuota'. Penjaga gawang veteran itu bergabung dengan Liverpool pada tur pra-musim 2019 di Amerika Serikat.

Lonergan direkrut sebagai cadangan karena The Reds kekurangan penjaga gawang. Dia direkrut dengan kontrak jangka pendek setelah cedera dialami Alisson Becker.

Dia masuk di bangku cadangan dalam pertandingan Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub, tetapi tidak pernah berhasil masuk ke lapangan. Lonergan sekarang melakukan peran yang sama di Stanley Park, Everton.

5. Ciro Immobile

Immobile begitu konyol sejak dia kembali ke Lazio. Dia mencetak 172 gol dalam 246 penampilan pada saat penulisan. Itu menjadikannya salah satu pencetak gol paling mematikan di Eropa.

Namun, pemain asal Italia itu hanya berhasil mencetak tiga gol di Bundesliga. Dia melakukannya saat membela Dortmund asuhan Klopp dalam kurun waktu satu musim.

4. Ozan Kabak

Setelah pertahanan mereka dihancurkan oleh cedera, sebagian karena ulah Jordan Pickford mencederai Virgil van Dijk. Situasi itu membuat Klopp terpaksa mengontrak Kabak dengan kontrak enam bulan pada Januari 2021. Secara teori, ini adalah langkah yang cerdas. Kabak dianggap sebagai bek muda yang menjanjikan dan penggemar Liverpool puas dengan bisnis mereka.

Ini berlangsung hingga debut yang buruk bagi The Reds, di mana dia bertabrakan dengan Alisson dan memberi Jamie Vardy gol termudah yang pernah dia cetak. Dia pulih dari cedera yang sulit itu dan membuat 12 penampilan lagi, membantu Liverpool finis ketiga di Liga Premier dan mencapai perempat final Liga Champions, tetapi Klopp memutuskan menolak kesepakatan permanen.

3. Ben Davies

Davies menandatangani kontrak dengan Liverpool pada Februari 2021, tetapi belum membuat penampilan untuk klub dan saat ini dipinjamkan ke Sheffield United. Kami mungkin salah tentang hal ini, tetapi kami berani bertaruh pakaian vintage favorit kami bahwa bek tengah berusia 26 tahun itu bukanlah Virgil van Dijk berikutnya.

2. Kevin-Prince Boateng

Boateng adalah pemain bagus, walau penampilan dan sikapnya membuat resah masyarakat.
Tapi, Boateng pernah mengguncang Dortmund pada 2009. Yang kurang mengejutkan adalah ketidakhadirannya di pertandingan terakhir musim itu karena 'tendangan terbang tanpa basa-basi' kepada lawan.

1. Steven Caulker

Caulker mendekati bagian atas daftar ini, tetapi fakta bahwa Klopp menggunakan dia sebagai striker tambahan berarti dia menjadi satu-satunya pilihan yang mungkin No 1.

Liverpool sepertinya telah menempuh perjalanan panjang dalam pemerintahan Klopp sebagai pelatih.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network