Dimana Mereka? Starting XI Liverpool Musim Perdana Klopp di Piala FA 2016

"Nomor 10 mulai menemukan performa terbaiknya di Aston Villa."

Analisis | 11 February 2022, 16:10
Dimana Mereka? Starting XI Liverpool Musim Perdana Klopp di Piala FA 2016

Libero.id - Pada 9 Februari 2016, tim muda Liverpool tersingkir dari Piala FA dengan kekalahan tandang 2-1 dari West Ham United.

Juergen Klopp, yang ditunjuk sebagai pelatih anyar Liverpool, membantu The Reds mencapai final Piala Liga dan Liga Europa selama musim pertamanya di Anfield. Sayang, tim lapis kedua mereka justru tersingkir dari putaran keempat Piala FA.

Tak satu pun dari starting XI mereka sejak hari itu masih berada di klub, banyak perubahan yang telah kita lihat di bawah mantan pelatih Borussia Dortmund. Dan, inilah yang mereka lakukan sekarang.

#1 Simon Mignolet

Mignolet bertahan lebih lama dari yang diperkirakan banyak penggemar sebelum akhirnya meninggalkan Liverpool pada 2019. Dia kembali ke negara asalnya, Belgia, bersama Club Brugge.

#2 Jon Flanagan

Pemain lokal itu tidak lagi menjadi andalan pada 2016, apalagi dengan cedera yang menghalanginya untuk membangun terobosan musim 2013/2014. Ini adalah salah satu dari delapan penampilan dalam satu musim, di mana dia sangat banyak menjadi cadangan.

Setelah dua kali dipinjamkan dari Anfield serta dihukum karena melakukan penyerangan, Flanagan akhirnya keluar dari Rangers pada musim panas 2018.

Full-back itu membuat 39 penampilan selama dua tahun di Skotlandia sebelum bergabung dengan klub Belgia, Charleroi, dengan status bebas transfer pada November 2020.

Dia tidak membuat penampilan untuk klub dan kemudian pindah ke Denmark bersama HB Koge, yang dilatih oleh mantan rekan setimnya, Daniel Agger, pada musim panas lalu.

#3 Tiago Ilori

Liverpool berjuang keras untuk mengontrak Ilori, memenangkan pertempuran untuk membawa bek Portugal kelahiran Inggris dari Sporting pada 2013. Tetapi, dia harus menunggu hingga musim 2015/2016 untuk melakukan debut tim utamanya.

Perjalanan ke Upton Park akan menandai terakhir kali dia tampil dengan seragam Liverpool. Dia kemudian pindah ke Reading pada Januari 2017 dan bermain untuk Royals di final play-off Championship.

Pada Januari 2019, tiga tahun sejak pertandingan terakhirnya dengan seragam merah, pemain berusia 27 tahun itu kembali ke Sporting untuk bertemu kembali dengan mantan rekannya di Liverpool, Sebastian Coates.

Dia saat ini menghabiskan musim 2021/2022 dengan status pinjaman di Boavista.

#4 Lucas Leiva

Gelandang Brasil itu terpaksa mengisi posisi bek tengah di London Timur setelah Dejan Lovren dan Steven Caulker menjadi starter di pertandingan pertama.

Setelah 10 tahun mengabdi di Merseyside, Lucas pindah ke Lazio pada 2017 dan segera menjadi favorit penggemar di Roma.

#5 Brad Smith

Smith secara mengejutkan bermain 10 kali penuh untuk Liverpool. Lebih mengejutkan lagi dia mencetak gol melawan Exeter City.

Dia juga memulai memberi Liverpool uang besar saat pindah ke Bournemouth. Di klub barunya, dia hanya membuat 10 penampilan untuk The Cherries di semua kompetisi.

Sejak saat itu, pemain Australia itu bermain dengan Seattle Sounders dan Cardiff City. Pemain berusia 27 tahun itu sekarang bergabung dengan DC United.

#6 Jordan Ibe

Ibe adalah pemain lain dari starting XI yang berakhir di Pantai Selatan Inggris. Dia jauh lebih mahal ketika dia bergabung dengan Eddie Howe.

Mantan pemain Wycombe itu bergabung dengan Liverpool tepat setelah ulang tahunnya ke-16, dan ada sedikit kejutan ketika dia diizinkan pergi pada 2016 meskipun dengan harga 15 juta pounds (Rp 292 miliar).

Setelah hanya tampil dua kali di Liga Premier pada 2019/2020, dia dibebaskan oleh The Cherries dan bergabung dengan Derby County dengan status bebas transfer.

Dia hanya membuat satu penampilan bersama The Rams, dan berbicara secara terbuka tentang usahanya memerangi depresi setelah kontraknya di Pride Park dihentikan musim panas lalu.
Bulan lalu Ibe bergabung dengan tim divisi kedua Turki, Adanaspor.

#7 Kevin Stewart

Stewart adalah gelandang muda produk dari akademi Tottenham. Dia mendapat pukulan yang adil di musim pertamanya bersama Klopp dan disingkirkan di Liga Premier melawan Arsenal, Spurs, Chelsea, dan Leicester pada musim berikutnya.

Namun, dengan kedatangan Giorginio Wijnaldum pada musim panas 2016 dan langsung masuk ke tim utama, waktu Stewart dipastikan segera habis.

Dia meninggalkan Anfield dan pergi ke Hull City pada 2017 dan menghabiskan tiga setengah tahun bersama The Tigers sebelum bergabung dengan Blackpool pada Januari 2021.

Stewart sekarang kembali bermain di Championship setelah membantu Tangerine dipromosikan musim lalu dibawah mantan pelatih The Reds U-23, Neil Critchley, sebagai manager.

#8 Pedro Chirivella

Chirivella membuat penampilan pertamanya untuk The Reds sebagai starter saat timnya bermain di Upton Park. Setelah tampil impresif dalam pertandingan itu, dia diberikan kontrak baru musim yang sama.

Pemain Spanyol itu pindah ke Nantes dengan status bebas transfer pada 2020. Sejak saat itu, dia membuat lebih banyak penampilan untuk klub Ligue 1 daripada yang pernah dia lakukan untuk Liverpool.

#9 Joao Carlos Teixeira

Penandatanganannya dari akademi Sporting, Joao Carlos tiba pada 2012 dengan harapan tinggi. Dia melakukan debutnya di Liga Premier selama 16 pertandingan tak terkalahkan yang membawa Liverpool mendekati gelar juara musim 2013/2014.

Namun, pada Januari 2016, dia tidak terlalu memaksakan diri. Dia justru menikmati masa pinjaman yang bermanfaat bersama Brighton dan hanya melayang-layang saat dia kembali.

Pemain asal Portugal itu bermain tujuh kali di bawah Klopp, termasuk satu pertandingan di Liga Europa, tetapi kembali ke tanah kelahirannya bersama Porto musim panas itu. Sejak itu, dia pindah ke tim kecil Liga Primeira, Famalicao.

#10 Philippe Coutinho

Pencetak gol Liverpool di Upton Park dengan tendangan bebas yang indah ini bertahan hingga Januari 2018. Dia akhirnya hijrah setelah diboyong Barcelona.

Namun, Coutinho gagal memenuhi harapan banyak orang di Camp Nou, meskipun memenangkan treble dengan status pinjaman di Bayern Muenchen pada 2019/2020.

Dia sekarang ingin menghidupkan kembali kariernya di bawah bimbingan Steven Gerrard di Aston Villa. Dia mencetak gol dan assist dalam debutnya melawan Manchester United dan menjadi tanda-tanda awal yang menjanjikan.

#11 Christian Benteke

Benteke mungkin menjadi korban terpahit dari perubahan manajerial. Dia mungkin akan berkembang pesat jika Brendan Rodgers tidak digantikan oleh Klopp beberapa bulan setelah kedatangan pemain Belgia itu.

Striker itu mencetak tujuh gol sebelum pergantian tahun di musim pertamanya, tetapi dia dianggap tidak cocok untuk pelatih kepala yang baru. Dia dikritik habis-habisan karena kehilangan banyak peluang di ajang Piala Liga menghadapi West Ham, yang menjadi penampilan ke-11 berturut-turut tanpa mencetak gol untuk Liverpool.

Sekarang di musim keenamnya di Crystal Palace, Benteke terlihat lebih berguna meskipun tetap sedikit menyedihkan.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network