Peringkat 5 Pemain Terbaik Asuhan Alex Ferguson

"Nomor 1 menjadi sosok paling loyal di Old Trafford."

Analisis | 16 February 2022, 20:26
Peringkat 5 Pemain Terbaik Asuhan Alex Ferguson

Libero.id - Legenda Manchester United, Sir Alex Ferguson, bisa dibilang sebagai pelatih terhebat yang telah menghiasi sepakbola sejauh ini. Pelatih asal Skotlandia itu memenangkan 49 trofi selama karier kepelatihannya, bahkan 38 trofi di antaranya didapat dalam 26 tahun kariernya di Old Trafford.

Dengan 13 gelar Liga Premier dan dua trofi Liga Champions, Ferguson membangun banyak skuad yang sangat berbakat. Akibatnya, dia selalu mengelola beberapa bintang terbesar dalam permainan.

Rezim disiplin ketat dan standar tinggi Ferguson didokumentasikan dengan baik. Pelatih asal Skotlandia itu menuntut konsistensi dari para pemainnya. Dia tidak takut untuk menjatuhkan nama-nama paling terkenal seperti David Beckham, jika mereka berkinerja buruk atau tampak tidak fokus.

Meskipun tidak mudah untuk beradaptasi dengan pendekatan Ferguson, pemain yang mengikuti filosofinya unggul untuk klub dan negara. Pada catatan itu, kami melihat lima pemain terbaik yang pernah melakukannya di bawah Scotsman.

#5 Eric Cantona

Cantona adalah salah satu maverick terbesar sepakbola. Pemain Prancis yang penuh teka-teki itu bergabung dengan Manchester United dari rival sengitnya, Leeds United, pada 1992 seharga 1,6 juta pounds (Rp 30,9 miliar).

Diakui sebagai salah satu rekrutan terbaik Sir Alex Ferguson, playmaker itu menyenangkan para pendukung setia Old Trafford selama lima tahun sebelum pensiun pada 1997 di usia 31 tahun.

Cantona menjadi paket penyerang lengkap di bawah Ferguson, mencetak dua digit gol dan assist dalam tiga dari lima musim liga di Manchester. Dia nyaris kehilangan angka itu di musim pertamanya karena hanya mencatatkan sembilan gol dan 11 assist hanya dalam 22 pertandingan liga.

Pemain Prancis itu memainkan 181 pertandingan di bawah Ferguson, mencetak 81 gol dan memberikan 62 assist. Waktunya di klub menghasilkan empat gelar Liga Premier dalam lima tahun, dua Piala FA, dan tujuh Community Shields. Dia juga menjadi pemain terbaik klub pada musim 1993/1994.

#4 Paul Scholes

Meskipun kurang dimanfaatkan saat tampil di level internasional bersama Inggris, Paul Scholes adalah mesin penggerak Setan Merah. Sang gelandang menghabiskan 18 tahun di Old Trafford dan kepergiannya bertepatan dengan pensiunnya Ferguson pada akhir musim 2012/2013.

Scholes memainkan 713 pertandingan di bawah Ferguson, mencetak 152 gol dan memberikan 74 assist. Dia terkenal karena umpan panjang dan tembakannya dari jarak jauh. Pemain Inggris itu adalah salah satu pemain kepercayaan pelatih Skotlandia tersebut.

Waktu mereka bersama sangat produktif. Scholes memenangkan 11 mahkota Liga Premier, dua gelar Liga Champions, empat Piala FA, tiga Piala Liga, Piala Dunia Antarklub, dan lima Community Shields dalam kariernya yang didekorasi.

#3 Cristiano Ronaldo

Sir Alex Ferguson mungkin adalah sosok terpenting dalam perjalanan dongeng Cristiano Ronaldo, dari seorang remaja kurus menjadi salah satu pemain terbaik dalam sejarah.

Pelatih asal Skotlandia itu mengontrak Ronaldo pada 2003 dari Sporting Lisbon seharga 17 juta pounds (Rp 328 miliar). Pada saat itu, pemain berusia 18 tahun itu adalah prospek mentah, dengan kecenderungan untuk bakat dan dribbling yang mencolok.

Ferguson membentuk permainan penyerang Portugal itu, yang mencapai puncaknya pada penghargaan Ballon d'Or 2008. Pada saat Ronaldo meninggalkan Old Trafford pada 2009, dia menjadi kekuatan penyerang paling berbahaya dalam permainan.

Cristiano Ronaldo memainkan 293 pertandingan di bawah Ferguson, mencetak 118 gol dan memberikan 69 assist. Dia memenangkan tiga gelar Liga Premier, mahkota Liga Champions, Piala FA, dua Piala Liga, dua Community Shield, dan Piala Dunia Antarklub selama periode itu.

Pemain asal Portugal itu juga menjadi Pemain Terbaik Man United untuk musim berturut-turut antara 2006 dan 2008.

#2 Wayne Rooney

Wayne Rooney adalah pencetak gol terbanyak Man United dan Inggris. Rooney mempersonifikasikan api dan hasrat yang diharapkan Ferguson dari timnya. Rooney adalah bagian penting dan serbaguna di Man United di era 2000-an.

Direkrut dari Everton dengan harga lebih dari 30 juta pounds (Rp 579 miliar) saat remaja pada 2004, Rooney membuat kemajuan pesat dan luar biasa di bawah pelatih asal Skotlandia. Pemain asal Inggris itu memainkan 401 pertandingan untuk Ferguson, dengan torehan 197 gol dan 99 assist yang menakjubkan.

Bersama-sama, mereka memenangkan lima gelar Liga Premier, mahkota Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, tiga Piala Liga, dan tiga Community Shield. Rooney juga menjadi pemain terbaik Manchester United pada musim 2009/2010.

#1 Ryan Giggs

Ryan Giggs telah menjadi berita untuk semua alasan yang salah dalam beberapa tahun terakhir. Terlepas dari kontroversi di luar lapangan, tidak ada keraguan bahwa dia menjadi salah satu pemain terhebat dalam sejarah Setan Merah.

Pemain asal Wales itu menghabiskan hampir 23 tahun di klub atau seluruh karier bermainnya setelah melakukan debutnya di tim utama pada 1991. Dia mencatatkan 923 penampilan yang menakjubkan di bawah Ferguson, mencetak 164 gol dan memberikan 246 assist.

Giggs berkembang menjadi veteran yang cerdas dengan mata yang tajam seiring berjalannya waktu.
Gelandang itu selalu hadir di Old Trafford di bawah Ferguson dan gantung sepatu pada 2014, hanya setahun setelah manajer legendaris itu pensiun. Giggs memenangkan 13 gelar Liga Premier, sembilan Community Shields, empat Piala FA, empat Piala Liga, dua mahkota Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa, dan Piala Interkontinental di bawah Ferguson.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network