9 Rekrutan Terbaik Arsenal Sejak Gelar Liga Premier Terakhir Mereka

"Pengabdian nomor 3 berlanjut di Emirates."

Analisis | 17 February 2022, 20:07
9 Rekrutan Terbaik Arsenal Sejak Gelar Liga Premier Terakhir Mereka

Libero.id - Tak terasa sudah hampir 18 tahun sejak Arsenal terakhir kali memenangkan gelar Liga Premier. Sejak saat itu, The Gunners masih memiliki beberapa pemain yang tak kalah hebat dari skuad juara, banyak di antaranya direkrut dengan anggaran terbatas.

Arsenal mungkin telah mengeluarkan sedikit lebih banyak uang dalam beberapa tahun terakhir, tetapi mereka tidak dapat mendatangkan pemain dengan biaya besar seperti beberapa rival mereka setelah kepindahan mereka dari Highbury ke Stadion Emirates.

Namun, itu tidak pernah menghentikan Arsenal untuk mendatangkan beberapa pemain berkualitas. Berikut adalah sembilan rekrutan terbaik mereka. Semuanya didatangkan dengan harga 12 juta pounds / Rp 232 milliar. Angka-angka tersebut diambil dari apa yang dilaporkan pada saat penandatanganan mereka.

1. Olivier Giroud: 12 juta pounds / Rp 232 miliar

Striker berwajah tampan itu telah membantu Montpellier memenangkan gelar Ligue 1 secara tidak terduga, mengalahkan PSG asuhan Carlo Ancelotti pada musim 2011/2012.

Dia juga pencetak gol terbanyak liga dengan 21 gol, namun Arsenal berhasil mengontraknya dengan biaya yang relatif rendah pada musim panas itu.

Giroud lalu memenangkan tiga Piala FA dan mencetak 105 gol dalam enam tahun di Emirates.

2. Laurent Koscielny: 10 juta pounds / Rp 193 miliar

Pemain asal Prancis lainnya, Koscielny, tiba dari Lorient pada 2010. Koscielny awalnya tampak kesulitan beradaptasi. Namun, pelan tapi pasti dia mulai menemukan sentuhan terbaiknya.

Dia menjadi bek yang tangguh. Tak cuma itu, dia menjadi pemimpin yang disegani oleh rekan-rekan setimnya.

Koscielny hampir satu dekade menjalani peran tersebut dan layak mendapatkan tempatnya di sini.

3. Mikel Arteta: 10 juta pounds / Rp 193 miliar

The Gunners tampak dalam kesulitan di awal musim 2011/2012 ketika segalanya mencapai titik nadir dengan kekalahan 8-2 dari Manchester United pada akhir Agustus. Tiga hari kemudian, mereka menandatangani Arteta dari Everton pada hari batas waktu.

Banyak yang Arteta lakukan selama waktunya di Emirates, salah satunya menyelamatkan Arsenal dari performa buruk di musim itu.

Arsenal hanya mengumpulkan tujuh poin dari tujuh pertandingan pertama mereka, tetapi membalikkan keadaan dengan cukup dramatis berkat kepemimpinan Arteta saat mereka finis ketiga dan lolos ke Liga Champions.

Arteta kini melanjutkan pengabdiannya untuk Arsenal sebagai seorang pelatih.

4. Per Mertesacker: 10 juta pounds / Rp 193 miliar

Pemain asal Jerman dengan postur tubuh yang besar itu menjadi sosok yang dipuja di Arsenal. Dia seharusnya bisa lebih baik jika saja cedera tidak menghampirinya.

Mertesacker menikmati duet yang sangat baik dengan Koscielny; seandainya mereka berdua lebih sering cocok bersama. Mereka mungkin bisa mengakhiri penantian lama klub untuk gelar Liga Premier lainnya.

5. Tomas Rosicky: 9 juta pounds / Rp 174 miliar

Direkrut dari Borussia Dortmund pada 2006, sulit untuk mengabaikan bagaimana peran seorang Rosicky sebagai seorang gelandang kreatif.

Tapi, sama seperti pemain berbakat manapun, gelandang asal Republik Ceko itu terhalang  kontribusinya karena didera cedera. Namun, secara keseluruhan, pemilik nomor punggung 7 Arsenal pada masanya itu tetap akan dikenang dengan manis oleh para The Gooners.

6. Nacho Monreal: 8,5 juta pounds / Rp 164 miliar

Bukan seorang full-back yang mencolok atau paling dinamis yang pernah ada di Liga Premier, tetapi tak ada yang bisa memungkiri kalau Monreal adalah bek yang solid dan dapat diandalkan The Gunners.

Dia membuat 251 penampilan sejak bergabung dari Malaga pada Januari 2013 dan pindah ke Real Sociedad pada 2019. Cobalah dan temukan pemain dengan harga kurang dari 10 juta pounds yang dapat berkontribusi seperti Monreal. Sulit.

7. Gabriel Martinelli: 6 juta pounds / Rp 116 miliar

Dia mungkin pernah bermain untuk tim lapis keempat Brasil, Ituano, tetapi Martinelli dengan segera menjadi seorang yang dapat diandalkan untuk Arsenal yang merekrutnya pada 2019.

Jadi, untuk mendapatkan salah satu talenta penyerang terbaik Brasil hanya dengan mahar 6 juta pounds adalah sesuatu yang luar biasa, dan itu dimungkinkan karena hasil dari koneksi Edu dengan direktur Juninho Paulista saat itu.

Bandingkan saja biaya itu dengan 45 juta pounds yang dibayarkan Real Madrid untuk Rodrygo, misalnya.

Martinelli sempat dibekap cedera, tetapi mulai tampil bagus akhir-akhir ini. Dengan hengkangnya Pierre-Emerick Aubameyang, dia kini berpeluang menjadi striker utama Arsenal.

8. Aaron Ramsey: 5 juta pounds / Rp 96 miliar

Arsenal memboyong pemain timnas Wales ini dengan harga miring kepada Cardiff pada 2008.
Ketika gelandang pekerja keras itu tiba, Ramsey semacam menjadi jimat bagi The Gunners yang membuat klub itu mengakhiri kekeringan trofi selama sembilan tahun.

Ramsey telah terbukti menjadi pahlawan di Wembley pada lebih dari satu kesempatan saat dia membantu Arsenal mengangkat tiga Piala FA dalam empat tahun.

9. Rob Holding: 2 juta pounds / Rp 38 miliar

Holding bukanlah Tony Adams, dan mungkin tidak akan pernah menjadi pilihan pertama di bawah Mikel Arteta. Tapi, dia melakukannya dengan baik selama era Unai Emery.

Dia selalu berusaha tampil solid di lini belakang, dan sampai saat ini Holding telah mengumpulkan 130 penampilan dalam enam musimnya di Emirates sejauh ini. Untuk mahar 2 juta pounds, kami akan mengatakan itu nilai yang bagus.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Arsenal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network