Peringkat 5 Transfer Gagal Manchester City

"Dua pemain berasal dari Prancis."

Analisis | 18 February 2022, 15:51
Peringkat 5 Transfer Gagal Manchester City

Libero.id - Manchester City telah berkembang menjadi salah satu tim paling tangguh di sepakbola Eropa saat ini. Di bawah asuhan Pep Guardiola membuat mereka memainkan sepakbola yang mengalir bebas dan elegan. Guardiola telah membantu mereka memenangkan tiga gelar Liga Premier dalam lima tahun terakhir.

Bahkan, The Citizens berada di puncak klasemen Liga Premier musim ini. Mereka tinggal sedikit lagi untuk mengklaim gelar papan atas lainnya musim ini. Tetapi, cara mereka membangun skuad dengan merekrut pemain tidak semua berhasil.

Man City memiliki beberapa kegagalan besar di barisan mereka. Setelah banyak percobaan dan kesalahan, mereka telah membangun beberapa tim terbaik mereka selama bertahun-tahun, yang pasti termasuk tim juara Liga Premier yang membuat sejarah saat dilatih Roberto Mancini.

Secara alami, dalam proses seperti ini, klub menemukan beberapa permata. Pemain yang sangat penting, meski terkadang mereka salah perhitungan. Man City tidak berbeda dan memiliki cukup salah perhitungan dalam sejarah transfer mereka.

Pemain berperingkat tinggi saat tiba di Etihad, walau penampilan mereka rusak saat merumput di Liga Premier. Mari kita lihat peringkat 5 transfer gagal Man City.

5. Nolito

Nolito melakukan segala macam hal aneh di Man City, bahkan tidak mau mempelajari bahasa yang bisa membantunya menetap di Inggris. Apa yang tidak dia lakukan adalah mencetak gol yang cukup. Lalu, apa alasan utama Guardiola mengontraknya pada 2016 seharga 18 juta euro (Rp 293 miliar).

Di Celta Vigo, striker bermain dominan di sayap kiri, tetapi cukup fleksibel untuk beralih ke kanan. Dia tiba di Man City di belakang tiga musim yang sangat sukses di La Liga, setelah mencetak dua digit di semua musim. Dalam dua musim terakhirnya di Spanyol, Nolito tampil sebagai striker lengkap, bahkan mencatatkan 13 gol dan 7 assist.

Penyerang asal Spanyol itu memiliki bahan-bahan untuk menjadi penyerang Pep Guardiola, tetapi dia berusaha sedikit untuk membuat segalanya berhasil untuk dirinya sendiri di Inggris.

Di lapangan, dia memiliki momen-momen dengan perilaku dan temperamen yang buruk. Dia diusir keluar lapangan karena menanduk Adam Smith dari Bournemouth secara gila-gilaan. Sebulan kemudian, dia melakukan hal serupa melawan West Brom, tapi striker itu lolos tanpa hukuman.

Dalam 30 penampilan untuk Man City, Nolito hanya mampu mencetak 5 gol dan 6 assist, tanpa satu pun penampilan yang menonjol.

4. Benjamin Mendy

Manchester City membobol kas mereka untuk menandatangani Benjamin Mendy dari AS Monaco di belakang musim kemenangan Ligue 1. Bek kiri itu sedang dalam performa terbaiknya dan pantas dipuji sebagai salah satu yang terbaik di posisinya di Eropa.

Namun, bek yang pernah menjadi pekerja keras di Marseille dan Monaco itu gagal menjaga kebugarannya di Inggris. Dia dianggap gagal walau The Citizens membayar 57,5 juta euro (Rp 936 miliar) untuk seorang pemain, yang dalam empat musimnya di klub, tak mencapai 20 penampilan Liga Premier.

Mendy juga menjadi mata rantai yang lemah di lini belakang Man City, dengan kontribusinya di sepertiga penyerang sangat minim.

Dalam bertahan, dia terlalu sering keluar dari posisinya dan panik ketika para penyerang berlari ke arahnya dengan bola dalam situasi satu lawan satu. Cedera semakin memperburuk pemain Prancis itu dan dia telah menjadi bayangan dirinya sendiri sejak masa Monaco.

Pemenang Piala Dunia 2018 itu hanya tampil dua kali musim itu. Dia diskors oleh Man City setelah tuduhan pemerkosaan dan penyerangan seksual terhadapnya.

3. Joao Alves de Assis Silva

Manchester City membayar biaya rekor klub sebesar 24 juta euro (Rp 390 miliar) pada 2008. Mereka mengontrak penyerang Brasil yang tidak biasa, Jo. Dia adalah salah satu talenta paling cemerlang di Eropa saat itu dan eksploitasinya di CSKA Moscow membuatnya berada di jalur untuk menjadi salah satu striker terbaik.

Namun, harapan segera runtuh ketika mantranya di Man City mengungkap bahwa pemain itu tidak akan menjadi besar di liga terbaik Eropa. Jo hanya berhasil mencetak satu gol dalam sembilan penampilan pertamanya di Liga Inggris dan setelah penampilan rata-ratanya dipinjamkan ke Everton.

Ada harapan bahwa begitu dia menyesuaikan diri dengan intensitas kompetisi papan atas Inggris, sang striker pada akhirnya akan tampil bagus. Namun, lima golnya dalam 12 penampilan untuk Everton hanyalah sebuah kebingungan yang tiba-tiba menguap.

Sebuah pinjaman ke Liga Turki kemudian dijalani, tapi itu mengecewakan. Jo kembali ke Man City dan diberi kesempatan pada musim 2010/2011. Kali ini, tulisannya terpampang di dinding, dan pemain Brasil itu ternyata hanya boros, mencetak tiga gol dalam 24 penampilan musim itu.

Dia pergi ke Internacional pada 2011 sebagai pemain bebas transfer dan memulihkan reputasinya yang produktif di tanah kelahirannya.

2. Wilfried Bony

Ada suatu masa ketika tim Inggris, Swansea City, tidak hanya lolos ke Liga Europa. Tetapi, juga berkompetisi dengan kegigihan yang luar biasa. Sebagian besar berasal dari striker bintang mereka, Wilfried Bony. Berasal dari liga papan atas Belanda, sang pemain tidak memiliki masalah menetap di Liga Premier dan tidak membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri.

Sejak awal, dia mencetak gol. Saat dia menikmati bentuk hidupnya, Man City yang ambisius datang dengan membayar 32,3 juta euro (Rp 526 miliar). Mereka merekrutnya dari The Swans.

Namun, Bony ikut bertanggung jawab atas kegagalannya. Dia menyadari sepenuhnya selalu menjadi pelapis Sergio Aguero di lini depan.

Tanpa waktu pertandingan reguler, pemain Pantai Gading itu tidak dapat membangun momentum apa pun dan memiliki masalah serius dalam menampilkan permainan terbaiknya.

Roberto Mancini memang memberinya cukup banyak peluang untuk membuktikan keberaniannya, tetapi pria Italia itu belum siap untuk membangun sistemnya di sekitar Bony.

Setelah dipinjamkan ke Stoke City, Man City kembali menjualnya ke Swansea. Dia saat ini terikat kontrak di NEC Nijmegen di Eredivisie.

1. Eliaquim Mangala

Eliaquim Mangala pasti sangat mengesankan Manchester City ketika mereka memutuskan untuk memecahkan rekor transfer Inggris untuk seorang bek. The Citizens mengontraknya seharga 42 juta euro (Rp 684 miliar). Nah, melihat ke belakang adalah guru yang hebat, itu berarti uang mereka langsung terbuang percuma.

Kehebohan di sekelilingnya begitu nyata dan penonton Liga Premier sangat antusias untuk melihat bek tengah raksasa FC Porto itu secara langsung di depan mereka.

Dia diiklankan sebagai kaki tangan yang ideal untuk Vincent Kompany dan pewaris warisannya, walau lelucon ternyata muncul pada akhirnya.

Mangala ceroboh dan agresif saat bermain, dan pengambilan keputusan impulsifnya di lapangan terbukti kontraproduktif. Ini adalah kesalahan moneter besar yang pernah dilakukan Man City.

Manuel Pellegrini memberinya cukup kesempatan untuk beradaptasi di tim, tetapi dia tidak memiliki ketenangan sebagai bek tengah berkualitas tinggi.

Pemain Prancis itu tetap di Manchester City dari 2014 hingga 2019, meski akhirnya bergabung dengan Valencia sebagai pemain bebas transfer. Pemain berusia 31 tahun saat ini bermain untuk klub Ligue 1, Saint Etienne, dan hanya membuat dua penampilan musim ini.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester City


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network