Bagaimana Kariernya? 4 Pemain Liverpool yang Datang Bareng Xabi Alonso

"Nomor 1 pernah absen lama karena mengalami patah kaki."

Analisis | 21 February 2022, 16:18
Bagaimana Kariernya? 4 Pemain Liverpool yang Datang Bareng Xabi Alonso

Libero.id - Musim panas 2004 adalah waktu transformatif dalam sejarah Liverpool, di mana Rafael Benitez tiba sebagai pelatih anyar di Anfield bersama lima pemain baru di tim utama.

Xabi Alonso, saat itu adalah gelandang muda dan berperingkat tinggi di Real Sociedad. Dia menjadi yang paling diingat dari kuintet rekrutan baru itu, apalagi setelah memainkan peran kunci The Reds dalam kemenangan ajaib Liga Champions mereka sebelum menjadi pemain yang menonjol saat mereka ditantang untuk gelar Liga Premier.

Mantan pemain internasional Spanyol itu menikmati karier yang luar biasa, memenangkan gelar liga bersama Real Madrid dan Bayern Muenchen, tetapi bagaimana kinerja empat pemain lain yang tergabung dengan Liverpool di musim panas itu?

#1 Djibril Cisse

Cisse, yang berusia 22 tahun, baru saja menjalani musim kariernya bersama Auxerre. Dia mencetak 26 gol terbaik dalam kariernya dalam musim kompetisi Ligue 1 2003/2004. Dia mendapatkan status sebagai pemain besar berikutnya di sepakbola Prancis.

Tapi, waktunya di Merseyside dirusak oleh cedera, dan musim debutnya bersama The Reds hanya menghasilkan empat gol dalam 16 penampilan Liga Premier.

Sebuah karier nomaden diikuti setelah itu. Dia menjalankan tugas kembali di Inggris bersama Sunderland dan Queens Park Rangers bersama klub-klub seperti Marseille, Lazio, dan Panathinaikos.
Cisse tidak bermain secara profesional sejak 2018, tetapi dia menawarkan diri untuk bermain secara gratis demi melengkapi 100 gol di Ligue 1 pada musim panas 2020.

Uniknya, pemain berusia 40 tahun itu malah bergabung dengan tim amatir Amerika, Panathinaikos Chicago, pada 2021.

#2 Josemi

Josemi adalah pembelian resmi pertama dari manager baru Benitez. Bek Spanyol itu telah membuktikan dirinya sebagai bek kanan yang dapat diandalkan selama tiga musim bersama Malaga.
Tapi, dia menerima kartu merah dalam kemenangan 4-2 melawan Fulham di awal kariernya di Liverpool, dan berjuang untuk mendapatkan kembali tempatnya setelah Steve Finnan kembali masuk.

Josemi kembali ke Spanyol, menandatangani kontrak dengan Villarreal asuhan Manuel Pellegrini di pertengahan musim 2005/2006, dan tetap menjadi pemain reguler La Liga pada 2010 sebelum mengakhiri kariernya di Yunani (Iraklis, Levadiakos, Skoda Xanthi), dan India (Atletico Kolkata).

Sangat mudah untuk melupakan waktunya di Merseyside, tetapi daftar penghargaannya dengan bangga mencantumkan Liga Champions, setelah membuat tujuh penampilan dalam perjalanan ajaib ke Istanbul, di mana dia menjadi pemain pengganti yang tidak digunakan di final.

#3 Antonio Nunez

Antonio Nunez merupakan mantan gelandang Real Madrid. Dia hanya menghabiskan satu musim di Liverpool. Cedera lutut menghambat kemajuannya setelah pindah dari tim pinggiran Los Blancos. Dia akhirnya melakukan debutnya dari bangku cadangan dalam kemenangan 2-1 atas Arsenal di menit terakhir.

“Saya ingat bulan-bulan awal itu sebagai hari-hari yang sulit,” kenangnya dalam sebuah wawancara dengan Liverpool Echo.

“Ketika Anda datang ke klub baru, Anda ingin tampil mengesankan, Anda ingin melakukan sebanyak yang Anda bisa, tetapi itu adalah cedera yang cukup serius."

“Selama satu bulan saya tinggal di Hope Street Hotel, saya tidak bisa mencari apartemen karena lutut saya sangat sakit. Saya harus menjalani operasi untuk memperbaikinya. Setelah tiga bulan absen, membuat saya lebih sulit ketika saya kembali untuk mendapatkan kecepatan permainan di sini."

“Lucu, saya ingat sentuhan pertama saya melawan Arsenal. Saya mencoba menyentuh bola agak lama dan kemudian berlari ke sayap kanan. Saya mencoba melakukannya pada Patrick Vieira. Dia hanya meletakkan tangannya di depanku. Saya menemukan dia begitu kuat. Saya berpikir, 'Oke, sepakbola Inggris akan sulit."

#4 Luis Garcia

Melengkapi kuartet rekan senegara Benitez di Spanyol yang datang dari La Liga, Luis Garcia menandatangani kontrak pada hari yang sama dengan Alonso, yang dianggap surplus untuk persyaratan bermain di Barcelona setelah kembali satu musim.

Dia mencetak 13 gol di semua kompetisi selama musim debutnya di Liverpool, yang terakhir adalah 'gol hantu' yang memastikan klubnya lolos ke final Liga Champions 2005. Selanjutnya 17 gol menyusul dalam dua musim berikutnya, sebelum dia menandatangani kontrak dengan Atletico Madrid untuk tugas kedua pada 2007.

Setelah pensiun pada 2016, ia bergabung dengan klub Australia, Central Coast Mariners. Dia kini menjadi komentator terkemuka dan duta besar Liverpool. Mantan pemain sayap itu tidak pernah malu untuk mengenang gol paling terkenal dalam kariernya, meskipun mungkin tidak melewati batas.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network