Kasus WO Lawan Madura United, Begini Sanksi yang Mengancam Persipura

"Berdasarkan Kode Disiplin PSSI, setidaknya ada tiga ayat yang bisa mengancam Persipura."

Berita | 22 February 2022, 19:21
Kasus WO Lawan Madura United, Begini Sanksi yang Mengancam Persipura

Libero.id - Tim Mutiara Hitam, terancam sanksi pengurangan sembilan poin dan mendapat denda setidaknya Rp1 miliar jika terbukti melakukan pelanggaran setelah tidak hadir pada laga lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 melawan Madura United, Senin (21/02/2022).

Berdasarkan Kode Disiplin PSSI, hukuman tersebut dilandaskan pada pasal 58 yang mengatur tentang tim yang tidak hadir di tempat pertandingan dan menolak untuk bertanding.

Ayat 1 pasal tersebut menyatakan bahwa, "Apabila pertandingan tidak dapat dilaksanakan karena tim yang bersangkutan tidak hadir di tempat pertandingan meskipun sudah dijadwalkan dan diberitahukan sebelumnya secara patut tanpa alasan yang sah, dianggap menolak untuk bertanding dan tim atau klub yang bertanggung jawab  dikenakan sanksi dinyatakan kalah 0-3 dengan pengurangan poin (forfeit) dan denda sekurang-kurangnya sebesar Rp150.000.000....."

Pada ayat kedua, Kode Disiplin membuka kemungkinan sanksi tambahan bagi klub yang menolak bertanding atau tidak hadir dalam pertandingan, sesuai dengan pasal 11, mulai dari larangan transfer sampai degradasi.

Adapun di ayat yang ketiga, dinyatakan bahwa jika ditemukan pemain atau ofisial yang memerintahkan untuk tidak berlaga maka pihak terkait akan mendapat hukuman tidak boleh beraktivitas di dunia sepak bola sekurang-kurangnya 24 bulan dan denda minimal Rp100 juta.

Anak asuh Alfredo Vera tidak hadir di laga melawan Madura United dan operator kompetisi PT LIB (Liga Indonesia Baru) menyatakan bahwa absennya Persipura bukan dikarenakan situasi yang genting.

Direktur Utama LIB, Akhamd Hadian Lukita mengatakan bahwa LIB akan melaporkan kejadian tersebut kepada PSSI dan menegaskan bahwa semuanya akan dikembalikan pada regulasi yang berlaku.

"Kami akan mengonsultasikan hal ini dengan PSSI terlebih dahulu" ujar Akhmad Hadian seperti dilansir dari antaranews.com.

Jika Komite Disiplin PSSI akhirnya memutuskan sanksi pengurangan sembilan poin kepada Persipura, maka Ian Louis Kabes dkk akan merugi sebab dengan poin yang sekarang, mereka hanya mampu bertengger di posisi ke-16.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network