Momen Gol Barito Dianggap Off side, Meski Pemain Persija di Belakang

"Jadi, sebenarnya wasit Indonesia tahu aturan off side atau tidak?"

Analisis | 23 February 2022, 20:59
Momen Gol Barito Dianggap Off side, Meski Pemain Persija di Belakang

Libero.id - Momen aneh terjadi saat Barito Putera bermain imbang 1-1 dengan Persija Jakarta di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Rabu (23/2/2022) malam. Gol Renan Alves pada menit 67 dianulir wasit. Padahal, masih ada pemain Persija di belakang garis pertahanan. 

Barito menghadapi Persija dalam misi mendulang sebanyak mungkin poin untuk melepaskan diri dari kemungkinan degradasi ke Liga 2 musim depan. Pasukan Rahmad Darmawan tampil dengan kepercayaan diri tinggi sejak kick-off hingga laga tuntas.

Mengandalkan Muhammad Riyandi, Rafael Silva, Bruno Matos, hingga Rafael Maitimo, Laskar Antasari bermain pentang menyerah. Begitu pula Macan Kemayoran yang memberikan perlawanan ketat. 

Sayangnya penampilan bagus Barito dan Persija diwarnai keputusan kontroversial wasit. Pada menit 57, saat Renan berhasil memasukan bola ke gawang Andritany Ardhiyasa melalui sebuah umpan silang dari dalam kotak 12 pas, pengadil lapangan justru memutuskan off side. Padahal, tayangan ulang menunjukkan tidak ada yang salah dengan gol itu karena pemain Persija tertinggal di belakang.

Beberapa menit setelah gol itu, Irfan Jauhari menciptakan gol untuk Persija. Kemudian, lima menit berselang giliran Matos menyamakan skor melalui titik penalti.

Uniknya, sama seperti gol yang dianulir, keputusan memberikan penalti juga kontroversial. Pasalnya, dalam tayangan ulang terlihat justru Maitimo yang menimpa tubuh Makan Konate saat perebutan bola hasil tendangan sudut pada menit 65. 

"Pertandingan relatif imbang dan kedua tim sama-sama memiliki banyak peluang. Namun ada keputusan wasit yang cukup kontroversial," tulis akun Instagram resmi Sport Indosiar selaku pemegang hak siar Liga 1 2021/2022.

Libero.id

Pelanggaran Makan Konate kepada Raphael Maitimo.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network