Buntut Invasi Rusia ke Ukraina, Pemain Asal Brasil Takut dan Minta Dipulangkan

"Situasinya benar-benar buruk..."

Berita | 25 February 2022, 01:14
Buntut Invasi Rusia ke Ukraina, Pemain Asal Brasil Takut dan Minta Dipulangkan

Libero.id - Invasi pemerintah Rusia ke Ukraina telah menimbulkan banyak kekacauan. Kota-kota yang semula damai kini tak lepas dari dentuman. Seketika mencekam. Hal itu menimbulkan ketakutan masyarakat sipil yang tak tahu menahu urusan politik kedua negara. Dan ketegangan juga mulai merambat ke warga negara asing yang berada di Ukraina. 

Diantaranya sekelompok pesepakbola asal Brasil yang bermain di Liga Ukraina, dalam sebuah video yang beredar puluhan pemain  Shakhtar Donetsk dan Dynamo Kyiv beserta keluarga mereka meminta pemerintah Brasil untuk segera bertindak dan menyelamatkan mereka. 

Video itu dibuat di sebuah hotel di Kyiv --- ibukota Ukraina --- diantaranya memperlihatkan Junior Moraes, yang bermain sebagai penyerang untuk Donetsk. Pemain  berusia 34 tahun itu  menyatakan bahwa situasi di Ukraina
benar-benar membuat mereka khawatir, apalagi mereka membawa serta anak dan istri. .

Kata Moraes melalui jurnalis Arthur Quezada : "Situasinya di sini penuh keputusasaan. Saya meminta Anda untuk meneruskan video ini sehingga bisa dilihat oleh pemerintah Brasil.

Moraes menggambarkan situasi yang mereka hadapi.

"Perbatasan ditutup, bank [ditutup], tidak ada bahan bakar, akan ada kekurangan makanan, tidak ada uang. Kami berkumpul menunggu rencana untuk meninggalkan Ukraina."

Moraes juga memposting pernyataan di halaman Instagram resminya, mengatakan: "Semua teman dan keluarga, situasinya serius dan kami terjebak di Kiev menunggu solusi untuk keluar. Kami berada di dalam hotel. Doakan kami." tulisnya.

Secara total, ada 12 pemain Brasil di skuad Shakhtar, termasuk mantan pemain sayap Ajax, David Neres, yang baru saja bergabung dengan klub elit Ukraina itu
pada transfer Januari yang lewat

Nama-nama lainnya ada: Dodo, Vitao, Marlon, Ismaily, Vinicius Tobias dan Maycon bermain di skuad Roberto De Zerbi bersama Marcos Antonio, Tete, Alan Patrick, Pedrinho dan Fernando.

Vitinho, penyerang yang juga bermain untuk Dynamo Kyiv, tampak hadir dalam video di atas.

Tindakan pemerintah Rusia melalui komando Presiden Vladimir Putin telah dikecam bukan saja oleh banyak negara tapi oleh siapa saja yang masih punya cukup akal sehat dan nurani.

Diantaranya kemarahan juga datang dari rakyat Ukraina, dari kalangan pesepakbola, bek Manchester City, Oleksandr Zinchenko mengatakan ia berharap Vladimir Putin ditimpa musibah besar dalam hidupnya.

Pemain timnas Ukraina itu memposting foto Putin ke stories Instagram-nya, di samping keterangan: "Saya harap Anda mati dengan penderitaan yang paling menyakitkan,."

Dalam deklarasi perang yang disiarkan televisi pada dini hari, Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan "operasi militer khusus" di wilayah Donbas Ukraina.

Dia juga memperingatkan komunitas internasional alias negara-negara manapun untuk tidak ikut campur kalau tidak Rusia tak akan segan-segan untuk bertindak.

Sampai dengan sejauh in, menurut laporan dari BBC, setidaknya tujuh orang diketahui tewas dalam serangan Rusia ke Ukraina, sementara 19 lainnya dinyatakan hilang.

Semoga ini semua segera berakhir, dan dunia yang kita tinggali ini menjunjung tinggi kemanusian dan perdamaian

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network