Kontroversi Gol Handball, Pelatih Udinese: Yang Penting Bolanya Masuk

"Sementara itu AC Milan merasa dirugikan..."

Berita | 26 February 2022, 10:00
Kontroversi Gol Handball, Pelatih Udinese: Yang Penting Bolanya Masuk

Libero.id - Laga yang mempertemukan AC Milan melawan Udinese di pekan ke-27 Serie A Italia 2021/22, Sabtu (26/2) dini hari WIB berkesudahan dengan skor 1-1.

Bermain di San Siro, Rossoneri jelas sangat kecewa dengan hasil yang didapat. Apalagi mengingat pentingnya tiga angka dalam persaingan mereka untuk meraih Scudetto musim ini dengan rival sekota Inter.

Rossoneri sebetulnya bisa unggul lebih dulu lewat gol Rafael Leao di menit 29 usai memanfaatkan umpan manis dari Sandro Tonali. Namun, Udinese mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-66 lewat upaya Destiny Udogie.

Sayangnya gol itu terbilang kontroversial karena Udogie telah melakukan handball lebih dulu. Meski begitu, pelatih dan pemain Udinese berkelit dengan membela diri soal gol kontroversi itu.

Situasinya bermula dari lemparan ke dalam jarak jauh di sisi kiri pertahanan Rossoneri, kemelut terjadi sebelum Udogie membuat bola masuk ke gawang yang dikawal Mike Maignan. Namun, gol tersebut diprotes usai Udogie tampak menjebloskan bola dengan tangannya setelah sebelumnya ada aksi salto dari rekannya.

Wasit yang memimpin laga itu lantas melakukan pengecekan VAR untuk menentukan nasib gol tersebut. Dan gol itu tidak dinyatakan handball lantaran minim pergerakan tangan dari Udogie 

Hingga wasit meniup peluit panjang dibunyikan laga. Skor tetap 1-1.

Udogie selaku pencetak gol kontroversial memberikan pandangannya.

"Sejujurnya saya tidak yakin apakah saya mencetak gol dengan tangan saya. Saya melihat ke hakim garis dan dia mengesahkannya, jadi itu berjalan dengan baik,” ucap Udogie saat ditanya l DAZN.

Senada dengan sang pemain, pelatih Udinese, Gabriele Cioffi, juga dengan tegas mengatakan kalau gol tersebut sah apalagi sudah diperiksa oleh VAR.

"Bagaimana dia mencetak gol? Dia mendapatkan bolanya. Yang paling penting dia mendapat bola dan itu masuk. Jujur saya tidak melihatnya [handball]. Melihat rekamannya, bisa jadi sepatu Alessio Romagnoli lebih banyak mengenai bola daripada [jika] Udogie mencetak gol dengan tangan," ungkap Cioffi dilansir dari  Football Italia.

"Ada 4-5 orang mengecek lewat VAR yang menontonnya kembali. Dengar, bahkan jika itu menguntungkan kami, itu menebus insiden baru-baru ini yang merugikan kami,” pungkasnya.

Di lain sisi, Stefano Pioli merasa jengkel dengan keputusan kontroversial tersebut. Ia mengaku ini bukan kali pertama saja AC Milan mendapat keputusan yang tida berpihak alias merugikan.

“Itu jelas handball. VAR ada untuk menghindari kesalahan ini, jadi ini tidak dapat diterima dan ini bukan pertama kalinya kami dirugikan. Saya hanya mengatakan ini bukan pertama kalinya kami dirugikan oleh insiden yang begitu jelas, karena gol itu dicetak dengan tangannya,” tegas Pioli.

Terlepas dari momen gol kontroversi itu, AC Milan masih tetap berada di puncak klasemen dengan 57 point sementara Udinese berada di peringkat ke-14 dengan 26 point.

Simak highlight pertandingannya termasuk gol handball yang dimaksud:

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan AC Milan


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network