Di Mana Posisi Barcelona? Analisis Kandidat Juara Liga Europa 2021/2022

"Untuk pertama kali sejak 2004, Barcelona bertarung di ajang kelas dua."

Analisis | 27 February 2022, 14:09
Di Mana Posisi Barcelona? Analisis Kandidat Juara Liga Europa 2021/2022

Libero.id - Pengundian babak 16 besar Liga Europa dilakukan di Marks Besar UEFA, Nyon, Swiss, Jumat (25/2/2022), dan ada beberapa pertandingan menarik bagi para penggemar sepakbola yang layak  diprioritaskan.

Setelah menjalani play-off, tim-tim buangan Liga Champions yang berhak tampil di babak 16 besar akhirnya ditentukan. West Ham United akan menghadapi juara enam kali Sevilla. Sementara FC Porto akan berhadapan dengan Olympique Lyon dan Bayer Leverkusen memiliki tugas berat untuk mengalahkan Atalanta jika ingin melaju ke perempat final.

Dan, yang sedang dinantikan para penggemar sepakbola di segala penjuru bumi adalah sampai sejauh mana Barcelona bisa melangkah di kompetisi sepakbola kelas dua Benua Biru tersebut.

Klub Katalunya itu secara dramatis gagal mencapai sistem gugur Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2004. Tapi, mereka mengalahkan klub Italia, Napoli, dengan kemenangan meyakinkan 4-2 (agregat 5-3) untuk maju ke babak 16 besar Liga Europa.

Barcelona sekarang adalah tim terkuat di turnamen ini. Tapi, ada banyak tim yang masih bersaing untuk menantang mereka demi gelar Liga Europa.

Berdasarkan undian, Barcelona sekarang akan menghadapi Galatasaray. Meski mereka adalah favorit besar untuk menang, analisis data dari FiveThirtyEight telah membuat perbandingan mematika dengan tim lain di turnamen ini.

FiveThirtyEight telah membuat sebuah statistik untuk memprediksi klub mana saja yang punya peluang dalam bentuk presentase untuk menjuarai Liga Europa.

Seperti yang diharapkan, Barcelona keluar sebagai yang teratas. El Barca benar-benar menjadi favorit untuk mengangkat gelar Liga Europa musim ini dengan segala plus dan minus yang dimiliki.

FiveThirtyEight telah memperkirakan bahwa lawan mereka yang paling mungkin di final adalah RB Leipzig atau juara dua kali, Porto. Kedua belah pihak memiliki peluang 36 persen dan 23 persen. Dan, dengan hormat, untuk mencapai final kompetisi, mereka mengalahkan tim-tim seperti Leverkusen, AS Monaco, dan Sevilla.

Sementara West Ham dan Glasgow Rangers didukung dengan peluang yang jauh lebih tipis untuk memenangkan gelar.

Meski tim asuhan David Moyes melaju melalui babak penyisihan grup dan tim asuhan Giovanni van Bronckhorst mengalahkan raksasa Bundesliga, Borussia Dortmund; FiveThirtyEight hanya memberi sedikit peluang bagi tim dari Britania Raya untuk memenangkan kompetisi.

Tapi, seperti yang kita ketahui dengan baik, sepakbola tidak selalu tentang statistik. Ada banyak faktor yang membuat statistik kadang tidak berlaku di lapangan. Dan, sudah banyak contoh di masa lalu.

Peluang 16 tim menjuarai Liga Europa 2021/2022 berdasarkan analisis FiveThirtyEight:

16. Galatasaray
15. Spartak Moscow: 1%
14. Red Star Belgrade: 1%
13. Sporting Braga: 1%
12. Eintracht Frankfurt: 2%
11. Olympique Lyon: 3%
10. Glasgow Rangers: 3%

9. West Ham United: 4%
8. Real Betis: 6%
7. Sevilla: 6%
6. AS Monaco: 7%
5. Bayer Leverkusen: 7%
4. Atalanta Bergamo: 6%
3. FC Porto: 12%
2. RB Leipzig: 21%
1. Barcelona: 22%

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network