Peringkat 5 Klub yang Dapat Banyak Uang dari Akademi Sejak 2015

"Dua klub berasal dari Prancis."

Analisis | 02 March 2022, 19:43
Peringkat 5 Klub yang Dapat Banyak Uang dari Akademi Sejak 2015

Libero.id - Mengembangkan pemain kelas dunia adalah impian utama setiap klub sepakbola. Setiap klub mapan mengirim pemandu bakat ke seluruh negara, bahkan benua untuk merekrut pemain muda dan melakukan yang terbaik untuk menggali potensi mereka.

Kenyataannya, sangat sedikit klub yang secara teratur mencetak pemain top. Bahkan, lebih sedikit yang berhasil mempertahankan bintang akademi mereka atau memberi mereka perhatian yang layak mereka dapatkan.

Dari klausul pembelian hingga hubungan yang retak dengan pemain karena kurangnya waktu bermain. Yang jelas, alasan di balik penjualan pemain yang belum matang sangat umum terjadi.

Hari ini, kita akan melihat lima klub sepakbola yang berhasil mengembangkan pemain papan atas, tetapi tidak bisa mempertahankannya.

Berikut adalah lima klub yang paling banyak menghasilkan uang dengan menjual bintang akademi mereka sejak Juli 2015.

#5 Olympic Lyon (Prancis) – Rp 4,2 triliun

Lyon telah memantapkan diri mereka sebagai salah satu klub sepakbola paling dihormati di dunia. Mereka tidak hanya memainkan merek sepakbola yang hampir semua orang bisa dapatkan, tetapi juga cenderung mengembangkan pemain papan atas sesuai petunjuk.

Sejak awal, Lyon selalu memprioritaskan untuk memberi kesempatan kepada pemain muda. Kebijakan ini tidak sepenuhnya menjamin kesuksesan di kompetisi teratas, tetapi tentu saja membuat klub menjadi tempat yang menguntungkan bagi para pemain muda.

Klub Prancis itu memberi kami beberapa pemain luar biasa selama tujuh tahun terakhir, termasuk Alexandre Lacazette, Samuel Umtiti, Nabil Fekir, dan Anthony Martial.

Sementara setiap pemain dalam daftar itu berseri-seri dengan kualitas, hanya Lacazette yang tampil menonjol bersama Arsenal berkat biaya transfernya yang tinggi.

Lacazette, yang didatangkan Arsenal dengan biaya 53 juta euro (Rp 843 miliar) pada 2017, muncul dari akademi Lyon dan membuat debut tim utamanya pada 2010. Lacazette memainkan 275 pertandingan untuk Les Gones dan mencetak 129 gol antara 2010 dan 2017.

#4 AFC Ajax (Belanda) – Rp 4,5 triliun

Pernah dilatih oleh Johan Cruyff, Ajax bisa dibilang memiliki sistem pengembangan pemain muda yang paling terkenal di dunia. Setiap pemain di akademi menjalani pelatihan yang ketat dan memahami seluk-beluk permainan yang kita semua sukai.

Alhasil, para lulusan akademi tersebut tidak hanya menjadi pesepakbola yang andal, namun juga lebih tajam dengan otak sepakbolanya.

Transfer Frenkie de Jong ke Barcelona telah menghasilkan uang paling banyak dalam sejarah klub (86 juta euro/ Rp 1,3 triliun). Meskipun dia bermain untuk tim Ajax U-21, dia tidak dapat dianggap sebagai lulusan muda mereka sejak dia menghabiskan tahun-tahun pembentukannya di Willem II.

Matthijs de Ligt, yang tetap menjadi kapten termuda klub dalam sejarah, menjadi kepergian yang paling berharga. Setelah membuat 117 penampilan untuk Ajax, bek tengah itu pergi ke Juventus dengan biaya 85,5 juta euro (Rp 1,36 triliun) pada 2019.

Pemain lain seperti Donny van de Beek dan Justin Kluivert juga naik melalui akademi Ajax sebelum pindah ke klub lain.

#3 AS Monaco (Prancis) – Rp 4,5 triliun

Sama seperti Lyon, AS Monaco memiliki cara untuk memberikan eksposur yang tepat untuk bakat muda mereka. Pelatih mereka selalu menjaga kepercayaan pada anak-anak muda dan sering dihargai dengan hasil yang sangat baik.

Di bawah Leonardo Jardim, AS Monaco meraih kesuksesan yang tak terduga di musim 2016/2017. Mereka tidak hanya menghentikan raksasa Ligue 1 Paris Saint-Germain, tetapi juga mencapai semifinal Liga Champions.

Bintang pertunjukan itu adalah Kylian Mbappe, yang akhirnya diambil oleh PSG di akhir musim.
Setelah mencetak 26 gol dan memberikan 14 assist dalam 44 pertandingan di seluruh kompetisi musim itu, Mbappe muncul sebagai pemain muda terpanas di Eropa. PSG, yang baru saja memicu klausul pelepasan Neymar sebesar 222 juta euro (Rp 3,5 triliun) pada musim panas 2017 tidak mampu membeli Mbappe di jendela yang sama.

Namun, mereka mendapatkannya dengan status pinjaman, dengan opsi pembelian wajib seharga 145 juta euro (Rp 2,3 triliun) yang mereka tuntaskan pada 2018.

#2 Real Madrid (Spanyol) – Rp 5,25 triliun

Berbeda dengan empat klub sebelumnya, Real Madrid bukanlah klub yang aktif menjual pemain mereka. Los Blancos adalah tim yang paling didekorasi di Eropa dan memiliki kemampuan untuk menghamburkan banyak uang demi merekrut pemain favorit mereka.

Jadi, meskipun uang tidak pernah menjadi masalah bagi mereka, klub Ibu Kota Spanyol itu jarang berhasil menjamin tempat reguler kepada lulusan akademi mereka.

Hasrat tak terpuaskan Los Blancos untuk sukses bukanlah pertanda baik bagi pemain muda mereka, karena mereka jarang mendapatkan kesempatan untuk membuktikan keberanian mereka.

Akibatnya, Los Blancos akhirnya menjual sebagian besar pemain mudanya yang ambisius kepada penawar tertinggi.

Seperti banyak lulusan akademi sebelumnya, Alvaro Morata juga tidak berhasil memantapkan dirinya sebagai pemain reguler di tim utama. Pemain Spanyol itu tidak nyaman hanya menjadi opsi kedua Karim Benzema dan meminta klub untuk menjualnya.

Dia pindah ke Juventus pada 2014 sebelum kembali ke Real Madrid dua musim kemudian. Pada akhir musim 2016/2017, raksasa Spanyol sekali lagi menjualnya ke Chelsea seharga 66 juta euro (Rp 1 triliun).

Sayangnya, dia tidak cukup berkembang di Stamford Bridge dan akhirnya dikirim ke klub rival Los Blancos, Atletico Madrid, pada 2019. Dia saat ini dipinjamkan ke Juventus.

#1 SL Benfica (Portugal) – Rp 6 triliun

Klub Portugal, SL Benfica, telah memperoleh 379 juta euro (Rp 6 triliun) dari penjualan pemainnya sejak musim panas 2015. Mereka adalah salah satu klub paling sukses di negara ini dengan memenangkan lima gelar liga dalam delapan tahun terakhir.

Benfica umumnya menahan diri untuk menjual bakat mereka ke rival lokal, tetapi jauh lebih terbuka untuk melakukan bisnis dengan klub asing.

Pada Juli 2019, raksasa La Liga, Atletico Madrid, melakukan segalanya untuk mendapatkan Joao Felix. Mereka membayar 127,2 juta euro (Rp 2 triliun) untuk jasanya, menjadikan pemain muda itu sebagai penjualan Benfica yang paling berharga dan pembelian termahal Atletico dalam sejarah.

Pemain Portugal itu hanya bermain 43 pertandingan untuk tim utama Benfica, mencatatkan 20 gol dan 11 assist. Menghabiskan 127,2 juta euro untuk pemain muda itu menjadi pertaruhan Atletico pada saat itu, dan kritikus mengklaim Los Rojiblancos belum mendapatkan nilai uang mereka.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network