9 Pemain Gagal Barcelona yang Moncer di Klub Lain

"Dua pemain pernah bersinar di Liverpool."

Analisis | 04 March 2022, 15:55
9 Pemain Gagal Barcelona yang Moncer di Klub Lain

Libero.id - Barcelona adalah salah satu klub terbesar di sepakbola. Tahun demi tahun raksasa Catalunya itu melahirkan pemain-pemain berkelas dunia.

Tetapi, tidak semua pemain yang bergabung bersama Blaugrana mampu berkiprah dengan baik. Beberapa di antara mereka justru gagal tampil gemilang di Camp Nou.

Mencoba memantapkan diri di Barcelona adalah tugas yang sulit. Jadi, tidak mengherankan jika sejumlah pemain yang gagal membuat nilai di Camp Nou bersinar di tempat lain setelah pergi.

Beberapa mungkin berjuang di bawah sorotan, yang lain mungkin berjuang untuk mengendus di depan beberapa pemain superstar. Bagaimanapun, itu bisa dimengerti.

Kami telah melihat sembilan pemain yang dijual oleh Barca sejak 2000 untuk menghasilkan performa terbaik mereka setelah meninggalkan klub.

1. Paco Alcacer

“Banyak orang berperilaku sangat baik dengan saya, tetapi banyak orang berperilaku sangat buruk,” kata Alcacer kepada SER Catalunya saat merenungkan waktunya di Barcelona menjelang bentrokannya dengan Borussia Dortmund.

Setelah membuktikan kemampuan mencetak gol di Valencia, Alcacer mendapatkan transfer 30 juta pounds (Rp. 479 Miliar) ke Barcelona. Tetapi, hanya akan menjadi opsi trio serang yang sudah mapan: Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar ditetapkan sebagai tiga pemain depan.

Dia butuh waktu hingga Desember dari kampanye debutnya untuk mencetak gol pertamanya, bahkan sampai Februari dia baru baru mengantongi gol La Liga pertamanya untuk Barca.

Dia kemudian mengakhiri musim pertamanya dengan sebuah gol dalam kemenangan final Copa del Rey atas Alaves.

Tetapi, setelah 15 gol dalam 50 penampilan, lebih dari setengahnya datang sebagai pemain pengganti. Sang striker kemudian memutuskan pindah ke Borussia Dortmund untuk mencari waktu lebih reguler.

Dia kemudian mengambil alih Dortmund, mencetak 12 gol dalam 14 penampilan pertamanya di Bundesliga sebelum akhirnya berakhir dengan penghitungan 26 gol dalam 47 penampilan.

2. Luis Garcia

Garcia harus bersabar untuk mendapatkan kesempatan di Barcelona. Setelah naik pangkat dengan tim B mereka, penyerang itu dikirim dengan status pinjaman empat kali sebelum dijual ke Atletico Madrid.

Jumlah sembilan gol di Atletico meyakinkan Barcelona untuk mengontrak kembali Garcia, tetapi dia kembali ke Camp Nou hanya untuk satu musim sebelum dijual ke Liverpool.

3. Gerard Deulofeu

Deulofeu memulai mantra pertamanya di Barcelona dan berakhir hanya dengan dua penampilan La Liga, satu peminjaman yang mengesankan ke Everton dan satu musim yang mengecewakan di Sevilla.

Everton kemudian memutuskan untuk merekrutnya secara permanen, tetapi dia tidak disukai di Goodison Park. Dia tampil mengesankan begitu dipinjaman ke AC Milan, sehingga Barcelona memutuskan untuk mengontrak kembali pemain sayap itu.

Dia kembali berjuang untuk memantapkan dirinya di Barca dan kembali ke Liga Premier bersama Watford, di mana dia sempat bersinar cerah sebagai salah satu pemain paling menarik di luar enam besar.

4. Zlatan Ibrahimovic

Ini mengatakan banyak tentang kehidupan di Barcelona. Standar tinggi Ibrahimovic saat mencetak 21 gol, memenangkan La Liga, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub dianggap sebagai kesalahan dalam kariernya.

Ibrahimovic sendiri telah mengakui kepribadiannya yang meledak-ledak tidak pernah cocok dengan filosofi Pep Guardiola, yang terkenal dengan mencerminkan: “Ketika Anda membeli saya, Anda membeli Ferrari. Jika Anda mengendarai Ferrari, Anda memasukkan bensin premium ke dalam tangka. Anda mengendarai jalan raya dan Anda bisa melaju cepat saat menginjak gas.”

“Guardiola diisi dengan solar dan berputar di pedesaan. Dia seharusnya membeli Fiat.”

Striker itu hanya bertahan satu musim di Camp Nou sebelum bergabung dengan AC Milan pada awalnya dengan status pinjaman. Dia meninggalkan Barcelona pada usia 28 tahun. Sejak itu, dia telah mencetak lebih dari 300 gol lebih banyak di sepakbola klub.

5. Ricardo Quaresma

“Jika Rijkaard pergi dan pelatih lain masuk kemudian berbicara dengan saya dan memberi saya kepercayaan diri, maka saya akan kembali,” kecam Quaresma setelah musim pertamanya di Barcelona. “Tetapi, jika Rijkaard bertahan, saya tidak akan kembali. Tidak juga setahun kemudian.”

“Rijkaard dan saya tidak saling memahami.”

Itu adalah pernyataan berani dari seorang pemain berusia 20 tahun yang baru 10 kali menjadi starter di La Liga, dan itu menjadi bumerang. Rijkaard bertahan, dan Quaresma dikirim kembali ke Portugal saat bergabung dengan Porto.

Pemain sayap itu mungkin tidak memenuhi potensinya, tetapi dia masih memenangkan banyak trofi dan memberikan banyak hiburan sebagai salah satu talenta lincah sepakbola yang hebat, jadi sulit untuk mengalahkannya.

6. Simao

Seorang pahlawan dan target Liverpool abadi, Simao bergabung dengan Barcelona sebagai pemain muda berusia 19 tahun pada 1999 dalam kesepakatan 10 juta pounds (Rp 192 miliar) dari Sporting Lisbon. Pada dasarnya, dia bertindak sebagai pendahulunya.

Pemain sayap itu gagal membuat Louis van Gaal terkesan, membuat 12 pertandingan La Liga dimulai dalam kampanye debutnya. “Saya tidak akan bertahan setahun lagi seperti tahun lalu. Saya masih muda dan jika itu akan menjadi cerita yang sama, saya lebih suka pergi ke klub lain dan bermain,” tuturnya.

Maka, dia pergi ke klub lain, Benfica, di mana dia dengan cepat menjadi kapten dan membantu klub mengakhiri kekeringan trofi selama delapan tahun dan penantian gelar liga selama 11 tahun.

Pada 2007, Simao kembali ke Spanyol dengan bergabung dengan Atletico Madrid, di mana dia memenangkan Liga Europa dan Piala Super Eropa.

7. Juan Roman Riquelme

Salah satu pemain paling memikat di abad ke-21, Riquelme tampak sangat cocok untuk Barcelona. Namun, Louis van Gaal mengungkapkan bahwa pemain Argentina itu telah dipaksakan sebagai “penandatanganan politik” dan dengan hemat menggunakan No.10 yang lahir alami sebagai pemain sayap.

Penandatanganan Ronaldinho oleh Barcelona pada musim panas berikutnya berarti mereka melebihi jumlah maksimum pemain asing yang diizinkan di Spanyol, dan Riquelme dikirim ke Villarreal. Kesepakatan itu terbukti menjadi pukulan besar bagi semua pihak.

8. Mikel Arteta

Setelah meninggalkan kampung halamannya di San Sebastian, di mana dia dibesarkan bersama Xabi Alonso, Arteta diharapkan berkembang di Barcelona walau dirinya gagal masuk ke skuad utama Blaugrana.

Sang gelandang malah berpindah-pindah Eropa, bermain di Prancis, Skotlandia, dan kembali ke Spanyol sebelum akhirnya menetap di Inggris bersama Everton dan Arsenal.

Namun, Arteta jelas membuat beberapa orang di Barcelona terkesan. Debutnya untuk tim B datang sebagai pengganti Pep Guardiola, yang kemudian menjabat sebagai asisten di Manchester City, dan dia sekarang memanfaatkan semua pengalaman itu dengan karier kepelatihan yang menjanjikan di Arsenal.

9. Pepe Reina

Mengikuti jejak ayahnya, Miguel, Reina tampil 49 kali di semua kompetisi selama dua musim untuk Barcelona setelah cedera memberinya peluang untuk mencetak gol.

Dia pergi pada 2002 untuk bergabung dengan Villarreal dan kemudian membuktikan dirinya sebagai salah satu kiper terbaik di Eropa saat membela Liverpool.

Pemain berusia 39 tahun itu nyaris bergabung kembali dengan Barca dari Liverpool sebagai pengganti Victor Valdes, tetapi Valdes mundur dari keputusannya untuk meninggalkan klub. Reina kemudian bergabung dengan Napoli.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network