Bantu Ukraina, Klub Elit Asal Rumania Lelang Jersey Khusus Bertuliskan Nama-nama Kota di Ukraina

"Solidaritas untuk kemanusian"

Berita | 04 March 2022, 22:36
Bantu Ukraina, Klub Elit Asal Rumania Lelang Jersey Khusus Bertuliskan Nama-nama Kota di Ukraina

Libero.id - Dukungan terus mengalir dari berbagai pihak untuk Ukraina yang sedang diserang oleh pasukan militer Rusia. Saah satu dukungan itu datang dari klub asal negara tetangga Rumania yakni Universitatea Craiova. Klub ini sendiri merupakan klub yang saat ini bermain di kasta tertinggi sepak bola Rumania.

Berbeda dari klub-klub lainnya, Craiova tidak hanya mengecam tindakan Rusia dengan misalnya membentangkan spanduk 'Stop War' sebelum pertandingan atau semisalnya.

Tetapi klub yang saat ini berada di peringkat ke-3 Liga Rumania itu memutuskan untuk menggalang dana dengan cara melelang sejumlah jersey. Dan hasil dari lelang itu akan disalurkan ke korban perang di Ukraina.

Momen itu terjadi dalam pekan ke-29 Liga Rumania saat Universitatea Craiovae melawan  Mioveni pada Rabu (2/3) lalu.  Jersey itu bukan jersey biasa melainkan dicetak khusus dengan nama-nama kota di Ukraina. Jadi sebagai bentuk solidaritas, nama pemain pada jersey tersebut diganti dengan nama kota-kota di Ukraina.

“Hari ini bukan hanya tentang sepak bola, tetapi juga tentang solidaritas dengan rakyat Ukraina, yang berada dalam bahaya kepunahan akibat invasi oleh angkatan bersenjata Rusia. Kami tidak bisa mengabaikan perang tidak masuk akal yang telah mengguncang umat manusia dalam seminggu terakhir ini,” tulis pernyataan klub di akun sosial media resmi mereka.

“Hari ini adalah tentang tetangga kami dan fakta bahwa kami semua bersama mereka. Kami akan mendukung melalui jersi yang dipersonalisasi khusus dengan nama-nama kota paling penting di Ukraina, di mana ribuan warga Ukraina memberikan hidup mereka untuk mempertahankan Tanah Air mereka,” lanjut pernyataan itu.

Dari sekian banyak nama kota Ukraina yang ditampilkan di jersi, beberapa di antaranya terdapat nama kota yang paling populer Donetsk dan Kharkiv. Selain nama kota, di bagian depan jersi terpampang pula bendara Ukraina dengan tulisan ‘No War’.

“Selanjutnya, semua jersi akan ditawarkan kepada Peluzei Nord Craiova untuk dilelang di halaman Facebook resmi galeri kami. Seluruh hasil kemudian akan disumbangkan ke LSM di Ukraina untuk menjangkau orang-orang yang berjuang bertahan hidup,” 

Sebelumnya, aksi-aksi dukungan terhadap Ukraina banyak dilakukan oleh klub-klub lain. Misalnya  dalam  laga antara Everton melawan  Manchester City, Minggu (27/2) lalu. Ketika itu, pemain Everton keluar dengan balutan bendera Ukraina, sementara itu Manchester City  memakai seragam khusus dengan gambar bendera Ukraina sebelum laga dimulai.

Laga itu sendiri cukup mengharukan karena masing-masing klub memainkan dua pesepakbola asa Ukraina, yakni Zinchenko dari Manchester City dan Vitaliy Mykolenkon dari Everton.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network