Eks Pelatih Malaysia Puji Saddil Ramdani: Salah Satu Pemain Terbaik di ASEAN

"Gocekan maut Saddil memang sangat aduhai..."

Berita | 04 March 2022, 16:29
Eks Pelatih Malaysia Puji Saddil Ramdani: Salah Satu Pemain Terbaik di ASEAN

Libero.id - Ada beberapa pemain asal Indonesia yang pernah berkiprah di Liga Malaysia. Sebut saja Bambang Pamungkas, Kurniawan Dwi Yulianto, Evan Dimas, Andik Vermansyah, dan dari generasi terbaru yang saat ini masih memperkuat klub dari negera tetangga serumpun itu adalah  Saddil Ramdani.

Eks pemain Persela Lamongan itu saat ini tengah memperkuat Sabah FC.  Saddil sendiri telah bermain di Liga Malaysia sejak musim 2019-20, dimana saat itu ia memperkuat Pahang FC. Dan  lalu merumput dengan Sabah FC , dan menurut data dari Transfermarkt, pemain berposisi winger itu telah dimainkan sebanyak 18 kali dengan gol torehan 3 gol.

Saddil adalah pemain yang lincah dengan kemampuan gocekan yang memukau juga teknik tendangan bebas nya tak kalah menarik.

Dan kehebatan Saddil Ramdani itu diakui langsung oleh pelatih Sabah, Ong Kim Swee, Juru taktik berusia 51 tahun itu  menceritakan kesan pertamanya terhadap Saddil sejak menjadi pelatih Sabah FC sejak 2021.

“Saya ingat ketika saya datang [ke Sabah] di Piala Malaysia, dia [Saddil] sedang cedera. Kami meningkatkan berbagai aspek di luar lapangan. Ketika dia cedera, tak ada pendekatan sistematik untuk cederanya," kata Kim Swee dilansir dari ESPN Asia, Jumat (4/3/).

Lebih lanjut eks pelatih Malaysia U-23 itu berkata.

"Jadi, saya datang. Kami lalu membawanya ke dokter olahraga di Kuala Lumpur untuk mengantarnya ke ahli bedah olahraga. Dia rehab di sana. Dia lalu kembali bergabung dengan kami tahun ini. Dia terlihat sangat, sangat bagus dalam penyembuhan cederanya," 

Dan barulah Kim Swee melontarkan pujian terhadap pemain 23 tahun tersebut, dimana bagi Kim Swee, Saddil merupakan
salah satu pemain terbaik kawasan di Asia Tenggara (ASEAN). 

"Setelah beberapa pekan persiapan, melihat kualitasnya dan bakatnya, menurut saya dia adalah salah satu pemain terbaik di Asia Tenggara," ungkap Kim Swee. 

Tak tanggung-tanggung, bahkan Kim Swee juga membandingkan kualitas Saddil dengan bintang asal Thailand, Chanathip Songkrasin, yang kini membela klub elit di Liga Jepang, Kawasaki Frontale.

"Saya tak menyanggahnya, saya telah melihat banyak pemain Asia Tenggara seperti Chanathip. Ingat, kami [Malaysia U-23] bertemu Chanathip di SEA Games Singapura 2015, dua tahun sebelumnya dia juga main di SEA Games Myanmar."

Dengan usia yang masih muda, Kim Swee yakin betul kalau Saddil Ramdani akan terus berkembang.

"Sekarang, dia [Saddil] baru 23 tahun. Dengan kecepatan, skill, dan kedewasaan dalam pertandingan, saya percaya Saddil pastinya tahun ini akan menjadi salah satu pemain top Sabah dan saya tak akan kaget jika Saddil akan menjadi pemain hebat di Timnas Indonesia," pungkasnya.

Tampaknya Shin Tae-yong harus mendengarkan apa yang dikatakan oleh Kim Swee. Bagaimana dengan pendapat Anda? Tuliskan di kolom komentar yang tersedia.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network