Dukung Rusia, China Tidak Akan Menayangkan Liga Premier

"Mulai pekan ini pemerintah China melarang adanya penyiaran pertandingan Liga Premier."

Berita | 06 March 2022, 19:52
Dukung Rusia, China Tidak Akan Menayangkan Liga Premier

Libero.id - Pemegang utama siaran Liga Premier di China tidak akan menayangkan pertandingan kompetisi sepakbola nomer satu di dunia tersebut akhir pekan ini, dengan pertandingan tersebut mengarahkan bahwa China sangat mendukung Rusia dalam konflik yang terjadi di Ukraina.

Pihak Beijing telah menapaki garis diplomatik dalam konflik tersebut, menolak untuk mengutuk tindakan mitra dekatnya, Rusia.

Presiden China Xi Jinping dan pemimpin Rusia Vladimir Putin menyatakan di Beijing bulan lalu bahwa persahabatan mereka "tidak memiliki batas", sebuah makna mendalam yang didorong oleh keinginan bersama untuk melawan pengaruh AS di dunia.

Dilansir dari The Guardian, akhir pekan ini, para kapten klub Liga Premier diharapkan mengenakan ban lengan dengan warna Ukraina dan mengambil bagian dalam momen refleksi dan solidaritas menjelang kick-off.

Tetapi dua pemegang hak liga China – platform streaming iQiyi Sports dan Migu – tidak menunjukkan rencana untuk menayangkan pertandingan akhir pekan ini.

Pengumuman sebelumnya tentang kemitraan mereka mengindikasikan bahwa mereka akan menyiarkan semua pertandingan.

Beberapa penggemar klub Liga Premier tampak kecewa serta bingung dengan keputusan pemerintahan China.

Itu terjadi setelah upacara pembukaan Paralimpiade Musim Dingin di Beijing pada hari Jumat lalu (04/03/2022), ketika penyiar negara CCTV menghindari menerjemahkan bagian dari pernyataan tegas presiden Komite Paralimpiade Internasional Andrew Parsons - ketika ia menyebutkan "perang" - meskipun ia tidak menyebut Rusia atau Ukraina.

Liga Premier mengakhiri kontrak penyiaran yang menguntungkan dengan layanan streaming PPTV di Cina pada tahun 2020, setelah dilaporkan gagal melakukan pembayaran 160 juta Poundsterling karena pandemi melanda.

Pada 2019, penyiar CCTV negara bagian China membatalkan pertandingan Arsenal vs Manchester City dari programnya setelah gelandang Gunners Mesut Oezil menyatakan dukungan untuk sebagian besar Muslim Uighur di Xinjiang.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network