Sah, Komdis PSSI Jatuhkan Hukuman Kalah WO dan Denda Uang untuk Persipura Jayapura

"Kejadian 21 Februari. Baru dihukum sekarang."

Berita | 09 March 2022, 16:07
Sah, Komdis PSSI Jatuhkan Hukuman Kalah WO dan Denda Uang untuk Persipura Jayapura

Libero.id - Masih ingat dengan momen Persipura Jayapura yang tidak hadir dalam laga lanjutan BRI Liga 1 2021-22 yang dijadwalkan melawan Madura United, pada (21/2) yang lewat. Setelah sekian lama, Komite Disiplin (Komdis) PSSI akhirnya menjatuhkan hukuman ke klub yang berjuluk Mutiara Hitam tersebut..

Saat itu Persipura Jayapura memilih tak datang ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali,  Padahal Madura United dan perangkat pertandingan sudah bersiap untuk memulai laga.

Para pemain Madura United dan wasit sempat menggelar prosesi masuk lapangan seperti biasanya. Wasit kemudian berbincang dengan kapten Madura United, Fachrudin Ariyanto, lalu memutuskan bahwa pertandingan tak bisa digelar.

Sehari sebelum laga itu, Persipura Jayapura mengirim surat permohonan. Dimana dalam surat tersebut dijelaskan, Persipura tidak bisa bertanding karena hasil tes PCR yang dilakukan pada 20 Februari 2022 menunjukkan ada 9 yang positif, 3 ofisial dan 6 pemain.


PT LIB kemudian bergerak dengan melakukan tes ulang. Hasilnya, sesuai dengan surat yang dikirimkan LIB dengan nomor 100/LIB-KOM/II/2022 menyebutkan, hasil negatif mencapai 21 pemain dan 7 ofisial. Sehingga, laga semestinya tetap bisa dilanjutkan.

"Tidak ada kejadian luar biasa terkait COVID. Ini kasusnya seperti pertandingan Persikabo 1973 versus Bali United, beberapa pekan yang lalu. Pertandingan tetap dilanjutkan," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita dikutip situs resmi PSSI pada 26 Februari.

Kasus tersebut akhirnya dilimpahkan ke Komdis PSSI. Dan, pada hari ini Komdis PSSI sudah merilis hasil sidang mereka.

Komdis PSSI mengatakan bahwa jenis pelanggaran yang dilakukan Persipura tertulis 'Tidak hadir di tempat pertandingan, serta menolak untuk bertanding, meskipun sudah dijadwalkan sebelumnya'."

Persipura kemudian diberi hukuman kalah WO dengan skor 0-3, dan pengurangan 3 poin di klasemen serta denda sebesar Rp
 250 juta.

Hukuman pengurangan poin memang tak berdampak apa-apa bagi posisi Persipura di klasemen sementara Liga 1. Dimana  saat ini Persipura Jayapura memiliki 26 poin yang setelah dikurangi menjadi 23 poin, namun Persipura tetap berada di posisi 16.

Kendati demikian, peluang bagi Persipura untuk selamat dari jurang degradasi bisa jadi semakin berat. Persipura saat ini  terpaut empat poin dari Barito Putera di urutan 15.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network