Momen Sejarah Wasit Tambahan di Liga Indonesia, Hasilnya Gol Off side Disahkan

"Sayang, keputusan wasit masih mengecewakan. Cek videonya!"

Analisis | 09 March 2022, 23:55
Momen Sejarah Wasit Tambahan di Liga Indonesia, Hasilnya Gol Off side Disahkan

Libero.id - Pertandingan Persela Lamongan dengan Persikabo 1973 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (9/3/2022) sore, mencatatkan sejarah baru. Untuk pertama kalinya di sepakbola Indonesia, PSSI menggunakan dua wasit tambahan yang berdiri di sisi gawang. Tapi, tetap saja muncul keluhan.

Persela menghadapi Persikabo dengan misi menghindari jurang degradasi. Laskar Joko Tingkir mencoba menyerang untuk mendulang poin sempurna. Hasilnya, mereka justru menyerah 2-3.

Sayangnya, salah satu gol Laskar Padjajaran seharusnya off side. Itu adalah gol Andy Setyo Nugroho pada menit 42. Gol itu berasal dari skema tendangan bebas Ciro Alves. Bola diterima Dimas Drajad yang langsung disambar Andi, yang berdiri tepat di muka gawang. Masalahnya, Andy off side saat Dimas menyentuh bola.

Lebih disayangkan lagi, kejadian itu muncul dalam laga bersejarah dengan dua asisten wasit tambahan. Mereka adalah Wawan Rapiko dan Armyn Dwi Suryathin. Keduanya membantu wasit utama, Mochamad Adung, serta dua asistennya, Georari Ade dan Jursadat.

Lalu, apa komentar Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang ikut menyaksikan pertandingan dan menggelar sesi konferensi pers khusus? 

"Dibandingkan kemarin yang banyak polemik, asisten wasit tambahan ini kiranya bisa memberi rasa keadilan. Alhamdulillah berjalan lancar, normal, tanpa kendala," ujar Iwan Bule tanpa menyinggung gol kontroversial Andy yang hanya bisa dinilai lewat tayangan ulang televisi.

Iriawan juga meminta maaf karena kehadiran asisten wasit tambahan cukup terlambat. Itu  karena banyak tantangan yang harus dijalani penyelenggara kompetisi. "Ini tidak semudah yang dibayangkan. Harus ada pelatihan dari AFC dan FIFA. Terus peralatan pun cukup lama didapatkan," beber Iriawan.

Asisten wasit tambahan ini membawa semacam alat getar. Dari alat itu, mereka mengirim sinyal kepada wasit utama. Ini seperti yang pernah diterapkan Serie A sebelum adanya VAR. 

"Biaya membengkak, itu risiko, karena ada coaching clinic, dan lain-lain. Yang penting menambah jeli dalam pengambilan keputusan bola masuk atau tidak. Kemudian, pelanggaran di kotak penalti atau tidak," tambah purnawirawan polisi itu.

Tapi, dengan gol Persikabo yang jelas-jelas off side, tampaknya penggunaan asisten wasit tambahan harus dikaji ulang. Pasalnya, VAR akan jauh lebih akurat, meski akan memakan biaya yang sangat besar.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)
Nendez Fery (2022-03-13 00:57:38)
Tentunya tidak efektif..jauh lbh baik var
Komentar Selengkapnya

Artikel Pilihan


Daun Media Network