Kenalkan Amourricho van Axel Dongen, Remaja Ajax Incaran Klub Besar Eropa

"Pengagum Clarence Seedorf."

Biografi | 13 March 2022, 20:09
Kenalkan Amourricho van Axel Dongen, Remaja Ajax Incaran Klub Besar Eropa

Libero.id - Ajax Amsterdam tak pernah kehabisan talenta sepakbola. Dan, kini kita akan berkenalan dengan Amourricho van Axel Dongen. Pemain sayap berusia 17 tahun itu baru saja melakukan debutnya di tim utama.

Setelah tim asuhan Erik ten Hag diperkuat lulusan akademi seperti Ryan Gravenberch, Jurrien Timber, dan Devyne Rensch tampaknya nama Axel Dongen akan jadi pemain muda andalan yang bersinar berikutnya.

Axel Dongen merupakan Pemain Terbaik Akademi klub pada 2021. Dan, kehadirannya sebagai seorang winger bagai oase untuk raksasa Eredivisie tersebut.

“Saya pikir ada cukup banyak talenta untuk membuat jejak,” kata John Heitinga, manajer Jong Ajax, kepada Goal.

"Yang terakhir yang berhasil menerobos, atau setidaknya bermain di tim utama beberapa kali adalah (Amourricho) Van Axel Dongen."

Justin Kluivert adalah winger lulusan akademi Ajax yang terbilang menjanjikan. Setelah itu, relatif tak ada lagi. Kluivert mencetak 13 gol dan memberikan 10 assist dalam 56 penampilan sebelum akhirnya pindah ke AS Roma pada 2019.

Tapi, itu mungkin akan berubah. Skuad Jong Ajax saat ini berisi beberapa winger yang menjanjikan, termasuk Naci Unuvar, Sontje Hansen, dan Christian Rasmussen.

Namun, kalau ada satu nama yang mengungguli ketiganya, maka itu adalah Axel Dongen.

Dia bergabung dengan akademi Ajax sejak 2013. Kreativitas dan kecepatan winger itu sangat menarik untuk ditonton, dan penampilannya musim 2020/2021 telah membuatnya mendapatkan Trofi Abdelhak Nouri, yang diberikan setiap tahun kepada pemain terbaik di akademi Ajax.

Gravenberch, Rensch, Unuvar, serta Matthijs de Ligt, dan Christian Eriksen, semuanya adalah pemenang penghargaan sebelumnya, menempatkan Van Axel Dongen di tempat yang terhormat.
Kalau bicara soal idola, Dongen sangat mengidolakan Legenda Ajax lainnya yang pertama kali meraih trofi Abdelhak Nouri. Dia adalah Clarence Seedorf.

"Saya sangat mengaguminya," kata remaja itu kepada Trouw. “Ibuku menunjukkannya kepadaku dan kemudian saya mulai mengenalnya dengan menonton video. Dia bukan cuma pesepakbola yang baik, tetapi juga orang yang baik.”

Sebelum di Ajax, Dongen belajar sepakbola pertama kali di akademi Zeeburgia yang juga terletak di Amsterdam. Bakatnya baru mulai dilirik Ajax saat Dongen bermain untuk tim amatir OSV. Saat itu, pemandu bakat dari Ajax sangat terkagum-kagum dengan kemampuan olah bolanya.

Dari sana, dia mendapat kesempatan trial di raksasa Eredivisie sebelum resmi bergabung dengan klub itu bersama temannya Gabriel Misehouy – yang juga merupakan calon bintang masa depan.

Axel Dongen, yang bermain dominan di sisi kiri, dengan cepat mulai melewati kelompok usia yang berbeda, menarik perhatian sejumlah klub elite Eropa.

Chelsea, Bayern Muenchen, dan Borussia Dortmund telah mengajukan tawaran untuk merekrutnya. Tetapi, Dongen tak goyah untuk tetap bersama Ajax. Dia menandatangani kontrak profesional pertamanya pada usia 15 tahun. "Tujuan saya adalah untuk tetap di sini. Meraih sukses di Ajax," ungkapnya.

Sejak itu, Dongen menandai debutnya untuk Jong Ajax – yang bermain di divisi dua Belanda – dengan sebuah assist, sebelum mencetak gol untuk dirinya sendiri dalam penampilan keduanya lima hari kemudian.

Musim ini, dia menjadi kapten Ajax selama kampanye UEFA Youth League, mencetak empat gol dalam lima pertandingan untuk menarik perhatian Ten Hag, yang pada gilirannya memberi pemain sayap itu debut tim utama pada Desember 2021.

Itu adalah salah satu dari tiga penampilan tim utama Axel Dongen sampai sekarang, dan dia diharapkan untuk mendapatkan kesempatan lebih lanjut setelah dia pulih dari cedera pergelangan kaki yang membuatnya absen selama sebulan terakhir.

“Amourricho memiliki banyak potensi,” kata Heitinga. “Dia memiliki harapan yang tinggi pada dirinya sendiri.”

“Dia adalah anak laki-laki yang membuat perbedaan. Dia memiliki individu yang hebat, tetapi bisa berlari baik di luar maupun di dalam, dan memiliki kekuatan.”

"Dia adalah seorang anak laki-laki dengan sebuah misi. Dia tahu apa yang dia inginkan dan sangat sadar akan langkah-langkah yang harus dia ambil.”

“Dia kadang-kadang berlatih dengan tim utama, di mana Anda dapat melihat bahwa dia ditantang karena semuanya bergerak lebih cepat. Anda dapat melihat bahwa Amourricho adalah pemain bertalenta. Sorotan kini tertuju padanya."

Sorotan itu menjadi sedikit lebih terang selama jendela transfer Januari, ketika penjualan David Neres dan kegagalan untuk menandatangani pengganti membuat Ajax sedikit kekurangan kedalaman di area sayap.

Namun, masalah itu kini telah mendapat jawaban dan dia adalah seorang Van Axel Dongen.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network