Analisis Kedalaman Skuad Portugal, Bisakah Lolos ke Piala Dunia 2022?

"Jika melihat materi pemain, keterlaluan jika Portugal gagal di play-off."

Analisis | 24 March 2022, 07:30
Analisis Kedalaman Skuad Portugal, Bisakah Lolos ke Piala Dunia 2022?

Libero.id - Tim nasional Portugal sedang bersiap menghadapi pertandingan bersejarah demi selembar tiket Piala Dunia 2022 melalui jalur play-off satu leg. Lawan pertama mereka, Jumat (25/3/2022) dini hari WIB, Turki. Jika menang, Italia atau Makedonia Utara menunggu pada Rabu (30/3/2022) dini hari WIB. 

Seperti halnya Italia, keberadaan Portugal di fase ini sangat mengherankan. Mereka harus bertarung hidup-mati setelah hanya bisa berada di tempat kedua di Grup A. 

Orang layak kaget karena Portugal bukanlah tim kaleng-kaleng. Materi pemain, kualitas permainan, dan kedalaman skuad tidak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti, jelang laga melawan Turki, sebuah grafis diposting seorang pengguna Twitter, @Ishanculer, tentang kedalaman skuad Portugal yang tidak ada tandingannya.

Gambar tersebut menunjukkan banyaknya pemain hebat yang ada dalam skuad Portugal saat ini. Ada dua sampai tiga pelapis di tiap posisi. Jadi, dengan skuad seperti itu tidak seharusnya Portugal ikut play-off.

Tim asuhan Fernando Santos memiliki lini belakang yang kuat, terutama dengan keberadaan duo bek kelas dunia milik Manchester City, Joao Cancelo dan Ruben Dias. Santos juga mempunyai pilihan gelandang yang banyak. Sebut saja William Carvalho, Danilo Pereira, Joao Moutinho, hingga Ruben Neves.

Sementara di lini depan adalah yang paling berharga. Di situ ada Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Joao Felix, hingga Cristiano Ronaldo. Semuanya merupakan talenta luar biasa yang memiliki kualitas individu jempolan.

Jika pemain-pemain itu berhalang, Portugal punya banyak pelapis yang sama hebatnya. Contohnya, Diogo Jota, Andre Silva, dan Rafael Leao. Mereka adalah para pemain yang merumput di berbagai klub ternama Eropa dengan pencapaian individual maupun kolektif yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Karena itu, Portugal akan menjadi salah satu tim dengan skuad terbaik yang tidak lolos ke Piala Dunia jika gagal mengalahkan Turki dan Italia atau Makedonia Utara. Sebaliknya, jika lolos, Portugal layak diperhitungkan di Qatar nanti.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network