5 Gol Aneh yang Dihasilkan Penjaga Gawang

"Nomor 4 jadi rekor gol terpanjang."

Analisis | 24 March 2022, 21:30
5 Gol Aneh yang Dihasilkan Penjaga Gawang

Libero.id - Tugas utama seorang kiper dalam sepakbola adalah untuk menjaga gawangnya, dan tentu saja dia akan sangat jarang mencetak gol ke gawang lawan. Tapi, beberapa penjaga gawang pernah mencetak gol saat adu penalti.

Mungkin hal itu sering kita lihat, tetapi bagaimana dengan penjaga gawang yang mencetak gol dalam pertandingan tanpa melalui tendangan titik 12 pas.

Pada catatan itu, mari kita lihat 5 gol aneh yang dicetak penjaga gawang.

1. Tim Howard

Sebelum Tim Howard menjadi terkenal di Piala Dunia ketika dia membuat 16 penyelamatan dalam pertandingan babak 16 besar melawan Belgia, dia hanyalah pesepakbola Amerika yang bermain di sepakbola Inggris. Howard mencoba membuat nama dirinya sendiri di Liga Premier.

Tapi, satu momen pada 2012 akan menjadi sorotan utama dalam kariernya, tepatnya ketika dia mencetak gol dari kotaknya sendiri dalam pertandingan liga melawan Bolton Wanderers.

Saat bola menggelinding ke kotaknya, Howard berusaha melancarkan serangan ke lapangan dengan bola panjang. Hanya saja itu terlalu lama, sebagian berkat kondisi berangin di Goodison Park pada malam musim dingin pada Januari.

Bola memantul sekali di luar kotak dan melambung tinggi di atas Adam Bogdan, tepatnya di gawang Bolton sebelum memantul lagi di dalam garis gawang. Di hari lain, dia mungkin menilai itu dengan sempurna. Tidak malam itu, Howard menolak untuk melakukan selebrasi, seperti yang dilakukan sebagian besar penjaga gawang ketika mereka mencetak gol ke gawang lawan.

"Itu kejam. Anda melihat empat bek dan kiper tidak bisa percaya bola sepanjang malam, dan di belakang salah langkah dan itu bisa menjadi mimpi buruk," kata Howard, dilansir The Guardian.

“Untuk gol kami, saya kecewa dari sudut pandang serikat penjaga gawang. Anda tidak pernah ingin melihat itu terjadi. Itu tidak baik, itu memalukan, jadi saya merasakan perasaan Adam (Bogdan),” tambahnya.

2. Paul Robinson

Paul Robinson mengalami pasang surut dalam kariernya di Inggris. Sepanjang kariernya, dia telah bermain untuk Leeds United, Tottenham Hotspur, dan Blackburn Rovers, yang membuatnya bermain untuk Inggris antara 2003 dan 2007.

Meskipun dia telah dikritik karena banyak kesalahan yang mengarah ke gol, baik di klub dan tugas internasional, ada satu momen yang akan melihat namanya tercatat dalam buku-buku sejarah. Robinson pernah memegang rekor gol terlama di Liga Inggris.

Penjaga gawang Inggris itu bermain di Tottenham pada saat dia mencetak gol melawan Watford pada 2007. Ketika Spurs menerima tendangan bebas di setengah lapangan mereka sendiri, Robinson mengirim timnya ke depan dan meluncurkan bola panjang ke arah setengah pertahanan Watford.

Bola melewati setiap pemain kecuali kiper Watford, Ben Foster, yang benar-benar salah menilai akurasi bola. Foster berpikir dua kali dan akhirnya melompat tak berdaya di tempat, dia gagal menyelamatkannya saat bola memantul ke gawang untuk memicu perayaan.

"Sejujurnya, saya belum pernah melihat yang seperti itu, tapi itu adalah gol yang aneh dan Ben Foster akan bangkit kembali dan memenuhi potensinya sebagai salah satu kiper terbaik di Inggris," kata pelatih Watford saat itu, Adrian Boothroyd, dilansir BBC.

3. Rogerio Ceni

Ketika Rogerio Ceni melangkah untuk mengambil tendangan bebas dalam pertandingan antara Sao Paulo dan Corinthians pada Maret 2011, dunia menyaksikan dengan antisipasi dan menahan napas. Mengapa? Karena Ceni berada di jumlah 99 gol dalam kariernya.

Kiper Brasil itu mengejutkan, saat tendangan bebasnya melengkung melewati dinding dan masuk ke sudut kiri atas untuk memicu selebrasi liar saat Ceni melepas kausnya seperti yang dilakukan pemain lapangan lainnya saat mencetak gol penting. “Itu indah,” kata Ceni setelah pertandingan, dilansir Mail Online.

“Sebagai penjaga gawang, Anda tidak memasuki pertandingan dengan berpikir tentang mencetak gol, tetapi itu terjadi seperti yang saya inginkan: dengan tendangan bebas, menentukan pertandingan penting.”

“Bagi saya, tidak masalah itu melawan Corinthians, tetapi bagi para penggemar itu pasti penting.”

Secara total, Ceni telah mencetak 130 gol di sepakbola level klub. Tentu saja, ini menjadi sesuatu yang luar biasa ketika seorang penjaga gawang telah mencetak lebih dari 100 gol dalam kariernya, banyak di antaranya berasal dari tendangan bebas. Dan, tendangan itu sangat mirip dengan gol tendangan bebasnya Cristiano Ronaldo yang ke-56.

4. Asmir Begovic

Mantan penjaga gawang Stoke City itu pindah ke Chelsea, tetapi dia akan selalu diingat ketika mencetak gol melawan Southampton pada 2013. Pertandingan baru saja dimulai dan para fans masih mencari tempat duduk mereka ketika Stoke memenangkan penguasaan bola setelah The Saints memulai pertandingan. (hampir dua operan yang dibuat dalam pertandingan sejauh ini).

Di bawah tekanan dari Jay Rodriguez, Begovic memanfaatkan umpan balik dari bek Stoke City Erik Pieters dan langsung menendangnya ke tengah lapangan Stadion Britannia.

Bola melewati setiap pemain dan mendarat di antara dua bek tengah Southampton yang gagal diantisipasi Artur Boruc. Tapi, Boruc sendiri tidak siap untuk itu dan keluar jalur. Saat dia mencoba untuk pulih dengan cepat, mundur ke arah gawang, bola memantul sekali lagi masuk ke gawang.

Stoke merayakannya, Begovic sendiri tampak malu dan menolak untuk merayakannya, memilih untuk menggelengkan kepalanya dan mengambil minuman dari botol airnya. Gol tersebut membuatnya masuk dalam Guinness Book of World Records untuk gol terpanjang yang dicetak dalam sepak bola, 91,9m.

5. Martin Hansen

Banyak kiper telah mencetak gol menit terakhir dari tendangan sudut. Tapi, hanya sedikit yang melakukannya dengan gaya seperti kiper ADO Den Haag, Martin Hansen. Dia melakukannya melawan raksasa Eredivisie PSV Eindhoven.

Dengan PSV memimpin 2-1, Den Haag memiliki tendangan bebas pada menit ke-95. Sangat membutuhkan gol, kiper Denmark juga masuk ke kotak lawan dan menunggu bola.

Bola kemudian berada di belakangnya saat dia berlari melintasi kotak. Tetapi, dia memiliki pikiran untuk mencoba dan menggunakan tumit belakangnya melakukan tendangan voli. Waktunya sempurna dan bola melewati lengan pemain lawannya dan sebelum masuk ke pojok gawang.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network