Di mana Mereka? 10 Lulusan Akademi Man United Pertama Era Ferguson

"Ada yang jadi guru setelah gantung sepatu."

Analisis | 31 March 2022, 12:11
Di mana Mereka? 10 Lulusan Akademi Man United Pertama Era Ferguson

Libero.id - Setelah menggantikan Ron Atkinson di Manchester United pada 1986, Sir Alex Ferguson menaruh kepercayaan pada pemain muda yang berasal dari akademi klub. Hal itu kemudian berlanjut sampai jadi sebuah tradisi sepanjang Ferguson menjadi pelatih di Old Trafford.

Kami telah melihat 10 pemain jebolan akademi Man United pertama yang melakukan debut senior mereka di bawah era Sir Alex Ferguson, dan inilah nasib mereka sejak saat itu:

1. Gary Walsh

Walsh diberikan debut tim pertamanya di awal masa kepelatihan Ferguson, dimulai dengan hasil imbang 3-3 melawan Aston Villa pada Desember 1986.

Penjaga gawang itu kemudian membuat 63 penampilan untuk klub, tetapi kemudian kalah bersaing setelah kedatangan Peter Schmeichel.

Walsh sempat bermain untuk Bradford City dan Wigan, dan dia mengumumkan pensiun pada 2006 dan menjadi pelatih kiper. Dia saat ini bekerja bersama mantan rekan setimnya, Steve Bruce, di West Bromwich Albion.

2. Tony Gill

Gill membintangi tim muda Man United dan melakukan debut seniornya melawan Southampton pada Januari 1987, menggantikan Bryan Robson yang cedera.

Namun, sang gelandang terpaksa pensiun pada usia 22 tahun setelah mengalami patah kaki dan patah pergelangan kaki pada 1989.

Dia menjabat sebagai pelatih tim muda di Bristol Rovers selama enam tahun sebelum meninggalkan permainan sepenuhnya pada 1997. Dia sekarang bekerja sebagai direktur penjualan untuk klub yang sama.

3. Lee Martin

Martin terkenal membantu Ferguson memenangkan trofi pertama dalam kariernya di Man United, mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan ulang final Piala FA melawan Crystal Palace pada 1990.

Tetapi, posisi Martin direbut oleh Denis Irwin. Setelah itu, dia berpindah-pindah klub dengan bermain untuk Celtic dan Bristol Rovers.

Pria yang kini berusia 54 tahun itu sekarang bekerja sebagai cendekiawan alias pundit di MUTV.

4. Deiniol Graham

Meskipun menjadi pencetak gol yang produktif untuk tim muda Man United, Graham hanya membuat empat penampilan tim utama sebelum bergabung dengan Barnsley pada 1991.

Kemudian dia pindah-pindah klub, mulai dari Preston, Carlisle United, Stockport County, Scunthorpe, dan Halifax Town, sebelum dia pindah ke klub sepak bola non-liga.

Sejak pensiun, dia sempat melatih klub Llandudno dan sekarang bekerja sebagai petugas pengembangan sepakbola di Wales.

5. Russell Beardsmore

Beardsmore diperkirakan akan memiliki masa depan yang cerah di Man United, apalagi setelah dirinya membuat satu gol dan dua assist melawan Liverpool pada awal kariernya.

Namun, pemain sayap itu gagal membuktikan dirinya sebagai pemain reguler tim utama. Dia menghabiskan lima tahun di Bournemouth sebelum cedera punggung memaksanya untuk pensiun pada usia 28 tahun.

Setelah gantung sepatu, dia menjadi petugas inklusi di Bournemouth dan saat ini bekerja di Manchester United Foundation sebagai petugas inklusi.

6. David Wilson

Wilson hanya membuat enam penampilan tim utama untuk Man United – semuanya datang sebagai pemain pengganti – dan dia dilepas oleh klub pada 1991.

Gelandang ini sempat bermain sebentar di Bristol Rovers sebelum pindah ke Skandinavia, bermain untuk berbagai klub di Finlandia dan Swedia.

Dia pernah menjadi pelatih sebentar di Swedia dan sekarang bekerja sebagai pencari bakat Chelsea untuk Skandinavia.

7. Derek Brazil

Setelah menjadi kapten tim cadangan, Brazil membuat dua penampilan senior untuk Man United sebelum bergabung dengan Cardiff City untuk mencari waktu bermain reguler di tim utama pada 1992.

Dia membuat lebih dari 100 penampilan untuk Bluebirds selama empat tahun di klub dan melihat karier bermainnya di sepak bola non-liga.

Pria berusia 53 tahun itu masuk ke manajemen dengan orang-orang seperti Haverfordwest, Goytre United, dan Pontypridd Town, dan sekarang memiliki bisnis sendiri di mana dia pergi ke sekolah untuk mengajar pelajaran olahraga.

8. Mark Robins

Robins, yang gol kemenangannya melawan Nottingham Forest pada 1990, dilaporkan menyelamatkan pekerjaan Ferguson. Dia menikmati karier nomaden setelah meninggalkan Man United pada 1992.

Pria berusia 52 tahun itu saat ini menikmati masa jabatan keduanya sebagai pelatih Coventry City dan membantu The Sky Blues memenangkan League One pada 2019/2020. Dia melakukan pekerjaan yang brilian untuk membangun mereka kembali di Championship.

9. Mark Bosnich

Bosnich bergabung dengan Man United pada usia 17 tahun, tetapi hanya membuat tiga penampilan tim utama sebelum kembali ke negara asalnya Australia pada 1991.

Penjaga gawang itu dibawa kembali ke Old Trafford pada 1999, tetapi akhirnya digantikan oleh Fabien Barthez dan Ferguson kemudian memanggilnya "seorang profesional yang mengerikan".

Dia sekarang menjadi cendekiawan untuk Fox Sports dan juga bekerja sebagai agen pemain.

10. Darren Ferguson

Ferguson, putra Sir Alex, membuat 30 penampilan di bawah ayahnya. Tetapi, gagal membuat nilai di Old Trafford dan bergabung dengan Wolves pada 1994.

Dia menghabiskan sebagian besar karier bermainnya di liga yang lebih rendah, Wrexham, sebelum memutuskan untuk menempa karier sendiri dalam manajemen sepakbola.

Pelatih berpengalaman saat ini sedang menganggur, setelah mengundurkan diri sebagai manajer Peterborough United di tengah pertempuran degradasi Championship bulan lalu.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network