Buntut Laga Kontra Freiburg, Bayern Muenchen Seharusnya Kalah 0-2

"Kenapa? Padahal Bayern Sudah Menang 4-1. Simak Alasannya di Bawah Ini!"

Berita | 05 April 2022, 12:00
Buntut Laga Kontra Freiburg, Bayern Muenchen Seharusnya Kalah 0-2

Libero.id - Freiburg enggan memutuskan untuk mengajukan banding ke Asosiasi Sepak Bola Jerman, menyusul diskusi intensif di dalam klub setelah Bayern Munich secara tidak sengaja menurunkan 12 pemain pada laga tersebut.

Pemimpin Bundesliga itu unggul 3-1 dan dalam perjalanan untuk menang 4-1. Momen itu terjadi saat Julian Nagelsmann menggantikan Corentin Tolisso dan Kingsley Coman dan memasukkan Marcel Sabitzer dan Niklas Sule.

Namun, Coman tidak menyadari bahwa dia digantikan setelah nomornya tidak diangkat oleh wasit, dan dia tidak meninggalkan lapangan. Wasit Christian Dingert kemudian tetap melanjutkan permainan sampai kesalahan tersebut diketahui.

Pertandingan berlanjut selama beberapa detik sebelum dihentikan karena semua pihak berusaha memahami apa yang terjadi, dan insiden tersebut mungkin membuat Freiburg dinyatakan sebagai pemenang 2-0, sesuai dengan aturan DFB.

Menurut alenia 17, pasal 4 dari buku peraturan: "Jika seorang pemain tidak memenuhi syarat untuk bermain atau diturunkan dalam suatu permainan, tim yang secara bersalah menurunkan pemain ini kalah 2-0 dan lawannya menang 2-0."

Aturan ini hanya digunakan jika pertandingan diizinkan untuk dilanjutkan oleh wasit, seperti yang terjadi di Stadion Europa-Park, pemain ke-12 tambahan di lapangan akan dianggap tidak memenuhi syarat untuk ambil bagian.

Wasit Dingert mengakui bahwa nomor yang salah untuk Coman awalnya ditampilkan dan itu tidak mengubah hasil pertandingan, tetapi ia mengatkan segalanya akan diputuskan oleh DFB ke TZ.

 Freiburg melakukan "proses musyawarah yang intensif dan sangat berbeda" untuk membahas "kesalahan" oleh Bayern dan menyimpulkan bahwa mereka harus mengajukan banding bahkan jika bertentangan dengan keinginan mereka dalam skenario yang "tidak nyaman".

 Sebuah pernyataan klub pada hari Senin berbunyi: "Pertama-tama: Kami berada dalam dilema bukan karena kesalahan kami sendiri. SC Freiburg tidak memiliki bagian atau pengaruh pada peristiwa seputar proses perubahan.

 "Namun demikian, aturan hukum dan prosedural DFB secara formal memaksa kami untuk berperan aktif agar prosesnya diperiksa secara hukum. Pada prinsipnya, kami tidak memiliki kepentingan apa pun dalam peran aktif ini, yang telah diberikan kepada kami di luar kehendak kami.  dalam hal teknologi prosedural, dan kami merasa sangat tidak nyaman di dalamnya.

 "Oleh karena itu, kami menganggap peraturan prosedural ini dalam konstruksi keseluruhannya tidak pantas. Pada akhirnya, ini membebani klub yang sama sekali tidak terlibat - dalam hal ini kami - dengan tanggung jawab untuk memproses pelanggaran peraturan yang jelas.

 "Namun demikian, setelah diskusi intensif di berbagai level dan pemeriksaan hukum, dewan Sport-Club Freiburg eV memutuskan untuk mengajukan banding terhadap peringkat permainan."

Freiburg mengutip kesempatan bagi pengadilan olahraga untuk mengevaluasi kesalahan Bayern dan penciptaan kepastian hukum dalam kasus yang sebanding di masa depan untuk klub lain,  sebagai penentu dalam proses pengambilan keputusan.

(moch imam sholikhin/nz)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network