Inikah Tendangan Knuckleball Terbaik di Dunia? Mahakarya Miralem Pjanic

"Ini terjadi pada 2019 saat Kualifikasi Euro 2020. Cek videonya!"

Analisis | 18 April 2022, 21:00
Inikah Tendangan Knuckleball Terbaik di Dunia? Mahakarya Miralem Pjanic

Libero.id - Di sepakbola, tendangan bebas knuckleball identik dengan Cristiano Ronaldo. Tapi, bukan berarti hanya megabintang Portugal itu saja yang bisa melakukannya. Pemain sekelas Miralem Pjanic juga sempat bereksperimen dengan tendangan seperti itu. Hasilnya, jauh lebih baik dari CR7. 

Baik saat bermain untuk Olympique Lyon, AS Roma, Juventus, Barcelona, atau Besiktas, Pjanic diberi hak melakukan tendangan bebas langsung. Begitu pula di tim nasional Bosnia-Herzegovina.

Saat di Juventus, Pjanic menjadi pengambil tendangan bebas pilihan pertama. Dia mencetak beberapa gol dari jarak jauh, terutama melawan AC Milan, Genoa, dan Chievo Verona. Tapi, dia kemudian dipaksa menyerahkan tanggung jawab itu kepada Cristiano Ronaldo.

"Cristiano ada di sini sekarang, seseorang yang dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan bahwa dia yang terbaik di dunia," kata Pjanic saat itu kepada Juventus TV. 

"Pada awalnya ketika kami berlatih tendangan bebas, saya atau (Paulo) Dybala yang akan mengambilnya. Sekarang, 100 persen dia (Ronaldo). Dia adalah pengambil tendangan bebas yang luar biasa," tambah pesepakbola kelahiran Luksemburg tersebut.

Sebagai gantinya, Pjanic melakukannya untuk Bosnia. Apalagi, Pjanic mampu melakukan tendangan bebas ala knuckleball dengan sangat bagus. Itu adalah teknik tendangan yang membuat bola melengkung secara tiba-tiba di udara sebelum menghujam deras ke gawang.

Tidak percaya? Lihatlah aksinya pada Kualifikasi Euro 2020 melawan Yunani di Bilino Polje Stadium, Zenica, 26 Maret 2019.

Mirip yang biasa dikerjakan Ronaldo, Pjanic juga bersiap dengan bola di depannya. Dia mundur beberapa langkah, menenangkan diri, dan kemudian melepaskan tembakkan keras lurus ke sudut kanan dari jarak sekitar 32 meter. Bola menukik di udara dan menembus gawang Yunani dari bawah.

Meski sudah berlangsung tiga tahun, rekaman aksi Pjanic masih banyak diputar dan dibicarakan orang di berbagai platform media sosial. Mayoritas rindu melihat Pjanic melakukannya lagi. 

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network