Ada Masalah Apa? Akun Instagram Shinji Kagawa Diserbu Suporter Persib

"Ini gara-gara sebuah rumor yang tidak jelas asal-usulnya."

Analisis | 18 April 2022, 16:39
Ada Masalah Apa? Akun Instagram Shinji Kagawa Diserbu Suporter Persib

Libero.id - Untuk kesekian kalinya, warganet Indonesia membuat "kekacauan" di media sosial. Kali ini melibatkan akun-akun yang mengaku sebagai pendukung Persib Bandung dengan eks pemain Manchester United asal Jepang, Shinji Kagawa. Akun Instagram resminya, @sk23.10, dibanjiri komentar-komentar netizen +62.

Kagawa adalah salah satu pemain top Jepang yang sempat memiliki karier gemilang di Eropa. Lahir di Kobe, Prefektur Hyogo, Kagawa bergabung dengan Marino Football Club saat berusia lima tahun. Lalu, berlanjut ke Kobe NK Football dan Miyagi Barcelona.

Berkat penampilan cemerlang di level junior, Cerezo Osaka merekrut Kagawa pada usia 17 tahun. Dia menjadi pemain Jepang pertama yang mengikat kontrak profesional di J.League sebelum lulus SMA. Kecuali pemain dari produk akademi, hal tersebut belum pernah ada sebelum Kagawa.

Bermain untuk Cerezo benar-benar mengubah peruntungan Kagawa. Sejak 2007, dia menjadi pemain reguler di J2.League. Lalu, pada 2009, Kagawa menjadi pencetak gol terbanyak di kasta kedua.

Meski bermain di J2.League, bakat Kagawa ternyata dipantau klub-klub Eropa. Juergen Klopp yang saat itu menukangi Borussia Dortmund jatuh cinta. Pelatih yang sekarang menukangi Liverpool itu langsung memboyong Kagawa ke Jerman dengan membayar 350.000 euro (Rp5,4 miliar) pada musim panas 2010.

Singkat kata, Kagawa moncer di Jerman. Dia membantu Dortmund menjuarai Bundesliga 2010/2011 dan 2011/2012, serta DFB-Pokal 2011/2012 dan 2016/2017.

Penampilan di Bundesliga mengantarkan Kagawa ke Liga Premier membela MU. Di Old Trafford, dia membantu Sir Alex Ferguson mendapatkan gelar Liga Premier 2012/2013. Itu adalah trofi terakhir Ferguson sebelum pensiun dan meninggalkan bangku cadangan Setan Merah.

Seiring kepergian Ferguson, karier Kagawa berhenti. Ditambah cedera dan pelatih baru yang kurang bagus, dirinya resmi meninggalkan Inggris untuk kembali membela Dortmund.

Tapi, periode kedua Kagawa dengan Dortmund tidak terlalu sukses. Dia sempat terdegradasi ke Dortmund II di Regionalliga (Divisi IV). Lalu, Kagawa pergi ke Turki membela Besiktas, Real Zaragoza di Segunda Division, PAOK (Yunani), dan terakhir Sint-Truiden (Belgia).

Setelah gagal membawa Sint-Truiden mencapai play-off juara di kompetisi elite Belgia, Kagawa dirumorkan menjadi buruan Persib. Entah sumbernya dari mana, faktanya banyak Bobotoh yang terlanjur percaya dan menelan mentah-mentah kabar tersebut.

Ini dibuktikan dengan banjir komentar yang didapatkan akun Instagram resmi Kagawa. Di beberapa postingan, tampak komentar-komentar terkait Maung Bandung mendominasi. "Welcome to Persib", "Persib", hingga "angkut pak Teddy Tjahjono" tertulis di kolom komentar.

Meski tidak ada yang mustahil di sepakbola, ulah warganet Indonesia cukup "meresahkan". Pasalnya, ini bukan kejadian pertama. Ketika rumor Mesut Oezil dengan Ranas Cilegon muncul, hal serupa terjadi. Netizen +62 mudah terprovokasi oleh berita-berita yang tidak jelas sumbernya.
 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network