Klub-klub ASEAN Perkasa di Liga Champions Asia, Sinyal Indonesia Tertinggal Dua Langkah?

"Saat Persipura masih tidak terima degradasi, wakil asean moncer di LCA."

Berita | 19 April 2022, 11:47
Klub-klub ASEAN Perkasa di Liga Champions Asia, Sinyal Indonesia Tertinggal Dua Langkah?

Libero.id - Bisa berada di Liga Champions Asia adalah sebuah prestasti untuk klub Asia Tenggara, dan dimusim 2022/2023 ini, sebagian tim ASEAN harus bermain menghapi tim top Asia.

Meski kompetisi dibagi menjadi dua, Zona Timur selalu didominasi oleh tim dari Jepang, Korea Selatan, China, dan bahkan Australia.

Terakhir kali wakil ASEAN yang mampu berbicara banyak di LCA adalah Thai Farmers Bank yang sekarang sudah tidak ada, yang memenangkan gelar back-to-back dari 1993 hingga 1995 ketika kompetisi masih bernama Kejuaraan Klub Asia.

Tapi 19 April 2022 sekarang adalah tanggal yang bersejarah untuk klub Asia Tenggara di kompetisi LCA.

Juara Liga Super Malaysia Johor Darul Ta'zim, yang memang dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan, mendapat hasil yang bisa dibilang sangat hebat dengan meraih kemenangan 2-1 atas pemenang LCA dua kali Ulsan Hyundai -- yang menjadi kampiun di LCA pada tahun 2020 lalu.

Meski menghadapi kesulitan, dengan gol pembuka luar biasa Fernando Forestieri pada menit ketiga dibatalkan oleh gol penyeimbang Ulsan dari Um Won-sang dan kehilangan kiper Haziq Nadzli -- yang sudah menggantikan pemain pilihan pertama Farizal Marlias yang cedera -- ditandu keluar lapangan pada menit ke-78, JDT tidak pernah menyerah.

Dan ketika Ulsan memberikan penguasaan bola dengan murah di dalam setengah lapangan mereka sendiri untuk memberi oposisi sebuah peluang, JDT mampu memanfaatkan peluang tersebut dengan baik. 

Bergson da Silva sukses menceploskan bola ke jala gawang Cho-Hyun-Woo.

Dan bukan hanya JDT yang sukses hasil positif, dengan Lion City Sailors dari Singapura meraih kemenangan 3-0 Grup F yang menakjubkan atas perwakilan Korea Selatan Daegu, -- yang musim lalu baru saja mencapai babak sistem gugur.

Itu bukan hanya poin pertama di ACL untuk tim yang baru dibentuk pada 2020, tetapi juga menandai kedua kalinya klub Singapura mencicipi kemenangan di kompetisi klub utama Asia.

Di Grup G, BG Pathum United dari Thailand masih layak mendapat pujian atas kemenangan 2-0 atas tim Korea Selatan lainnya di Jeonnam Dragons.

Tidak semuanya mendapat hasil yang membahagiakan, wakil Filipina, United City mengalami kekalahan 3-0 dari Melbourne City, meskipun itu mungkin masih dianggap sebagai hasil positif juga mengingat tim Australia bersaing di kompetisi Asia sebagai bagian dari Federasi Sepak Bola ASEAN.

Pada hari Selasa (19/04/2022), klub Vietnam Hoang Anh Gia Lai akan menghadapi Sydney FC dan semoga bisa mendapat hasil yang positif seperti tim ASEAN lainnya.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network