Layak atau Tidak? Lionel Messi di Posisi Ketiga Pemain Terbaik Eropa 2021/2022

"Daftar ini dikeluarkan situs Whoscored. Setuju atau tidak?"

Feature | 29 April 2022, 01:55
Layak atau Tidak? Lionel Messi di Posisi Ketiga Pemain Terbaik Eropa 2021/2022

Libero.id - Musim ini, Lionel Messi meninggalkan Barcelona bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG). Meski bermain biasa-biasa saja, La Pulga masih sanggup menjuarai Ligue 1. Kemudian, sebuah situs sepakbola ternama, Whoscored, menempatkan dirinya di posisi ketiga daftar Pemain Terbaik 2021/2022. Layak atau tidak?

Setiap pendukung sepakbola akan selalu berdebat tentang siapa pemain terbaik idolanya. Perdebatan yang wajar karena setiap orang memiliki penilaian masing-masing.

Namun, di sepakbola juga terdapat instrumen untuk mengukur kemampuan seorang pemain. Ada hal-hal teknis di lapangan yang bisa dilihat dan dapat dijadikan ukuran obyektif. Contohnya, jumlah gelar, koleksi gol atau assist, hingga peran dalam permainan timnya di lapangan. 

Jadi, mari kita lihat catatan statistik Messi musim ini sehingga ditempatkan Whoscored di posisi ketiga, meski statusnya sebagai pemenang Ballon d'Or.

Messi sejauh ini telah berjuang untuk menghasilkan performa terbaik. Pemain berusia 34 tahun itu hanya mencetak empat gol di Ligue 1. Tapi, dirinya telah berhasil memberikan 13 assist untuk PSG. Saat laga penentuan gelar, akhir pekan lalu, Messi menciptakan gol indah dari luar kotak penalti.

Terlepas dari kesulitan beradaptasi dengan sepakbola Prancis, Messi tetap menunjukkan penampilan yang konsisten di tim nasional Argentina. Dia mencetak beberapa gol dan assist penting untuk mengantarkan La Albiceleste lolos ke Piala Dunia 2022 dengan status runner-up zona CONMEBOL. 

Dengan fakta-fakta tersebut, Whoscored menempatkan Messi di posisi ketiga pemain terbaik musim ini untuk lima liga top Eropa: Liga Premier, La Liga, Ligue 1, Serie A, dan Bundesliga.

Peringkat memperhitungkan statistik setiap pemain dari pertandingan liga seperti gol, assist, clean sheets, persentase keberhasilan operan, dan gelar man of the match yang didapatkan. Hasilnya, pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu memiliki poin 7,71 dari maksimal 10.

Messi harus puas berada di belakang Robert Lewandowski menduduki peringkat teratas dengan 7,93 poin. Lewandowski telah mencetak 33 gol dalam 31 pertandingan, serta baru saja membawa Bayern Muenchen menjuarai Bundesliga untuk musim kesepuliuh secara beruntun.

La Pulga juga berada di belakang rekan setim di PSG, Kylian Mbappe, dengan 7,91 poin. Pemain Prancis itu telah mencetak 22 gol dalam 31 pertandingan liga.

Lalu, bagaimana dengan Karim Benzema? Penyerang Real Madrid yang difavoritkan memenangkan Ballon d'Or 2022 akibat aksi memukau di Liga Champions dan La Liga itu berada di urutan keempat dengan 7,68 poin.

Benzema berbagi tempat keempat dengan pemain depan Liverpool, Mohamed Salah. Dia juga satu-satunya pemain Liga Premier yang masuk peringkat 10 besar. Sama seperti Benzema, Salah juga memiliki 7,68 poin setelah mencetak 22 gol dalam 31 pertandingan Liga Premier sejauh ini.


(atmaja wijaya/anda)

Selanjutnya

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network