Barcelona Tidak Main di Camp Nou Musim 2023/2024, Kok Bisa?

"Ini dia penyebabnya."

Analisis | 29 April 2022, 15:17
Barcelona Tidak Main di Camp Nou Musim 2023/2024, Kok Bisa?

Libero.id - Nou Camp adalah salah satu stadion sepakbola terbesar dan paling dikenal. Dengan kapasitas 99.354 penonton, Camp Nou tercatat sebagai stadion terbesar keempat di dunia.

Pada Kamis (28/4/2022), pihak klub mengumumkan bahwa mereka akan mulai merenovasi stadion yang dibuka pada 1957 itu ketika musim berakhir.

Meskipun proyek renovasi yang sedang dilakukan tidak akan membatasi mereka selama musim 2022/2023, pihak klub mengonfirmasi bahwa mereka baru bisa pindah ke stadion baru pada musim berikutnya.

Sebaliknya mereka akan bermain di Stadion Olimpiade Lluis Companys, yang menjadi tuan rumah pertandingan pada 1992. Sementara Camp Nou baru bisa digunakan kembali pada paruh kedua pada 2024.

Akan tetapi, proyek renovasi akan kembali dilanjutkan pada musim 2024/2025, yang berarti kapasitas Camp Nou akan dibatasi hanya 50% dan akan berlangsung selama dua musim.

Stadion Olimpiade dapat menampung hingga 60.713 penonton, yang berarti bahwa Barcelona masih akan mendapatkan kehadiran penggemar yang cukup banyak.

Stadion Olimpiade sebelumnya menjadi kandang bagi rival lokal, Espanyol sejak 1997-2009 setelah sebelumnya bermain di Estadi de Sarria, di mana mereka memenangkan Copa del Rey dua kali dan Piala UEFA.

Mereka pindah pada 2009 ke Stadion RCDE yang baru dibangun dan meninggalkan Stadion Olimpiade kosong sejak saat itu.

Mengkonfirmasi rencana renovasi Camp Nou, pihak klub mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Walikota Barcelona, Ada Colau, dan presiden FC Barcelona, Joan Laporta, memberikakn pengumuman tersebut pagi ini di Ruang Pers Balai Kota Barcelona setelah Komisi Pemerintahan Dewan Kota memberi izin untuk merestrukturisasi Camp Nou."

"Proyek renovasi Camp Nou akan dimulai pada Juni ini, segera setelah musim berakhir, dan sesuai dengan izin bangunan yang disetujui pagi ini."

Menjelaskan mengapa mereka tidak pindah dari Camp Nou musim panas ini, dan sebagai gantinya menunggu sampai tahun depan, pernyataan itu diperjelas. "Seperti yang dikatakan Presiden Joan Laporta beberapa minggu lalu, mengingat ketidakpastian akibat perang di Ukraina, terutama yang berkaitan dengan biaya dan ketersediaan bahan, prinsip kehati-hatian harus diperhatikan untuk meminimalkan risiko dan melindungi pendapatan musim depan dan dengan dampak seminimal mungkin pada jadwal pekerjaan."

"Pembongkaran tahap ketiga akan dilakukan pada musim panas 2023 dan akan memerlukan waktu mengingat ketidakpastian harga saat ini, dan akan memastikan bahwa Camp Nou dapat beroperasi dengan kapasitas hampir penuh musim depan."

"Dengan adanya pembongkaran tahap awal, berarti kami harus memainkan musim 2022/2023 dengan hanya 50% dari kapasitas."

Kepindahan dari stadion ini mirip dengan yang dilakukan Real Madrid tahun lalu, ketika mereka bermain di Estadio Alfredo di Stefano.

Stadion yang biasanya digunakan oleh tim B Real itu sempat digunakan menjadi kandang Madrid saat menjamu Liverpool di Liga Champions. fakta itu yang menyebabkan Juergen Klopp mengeluh karena mereka tidak bermain di 'stadion yang tepat.'

Tottenham Hotspur juga membutuhkan kandang sementara ketika mereka merenovasi White Hart Lane untuk membangun Stadion Tottenham Hotspur.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network