Jersey Maradona dan 5 Cinderamata Berharga Gila-gilaan

"Nomor 5 dijual demi anak-cucu."

Analisis | 09 May 2022, 00:18
Jersey Maradona dan 5 Cinderamata Berharga Gila-gilaan

Libero.id - Jersey 'Hand of God' Diego Maradona yang terkenal saat melawan Inggris di Piala Dunia 1986 telah dijual di pelelangan seharga 7,142,500 pounds/ Rp 124 miliar. Hasil penjualan itu menjadikan jersey tersebut sebagai barang memorabilia sepakbola termahal sepanjang masa.

Banyak klub akan menghabiskan bertahun-tahun masa penjualan, meskipun dengan harga yang tinggi, lengkap dengan kemeja, celana pendek, kaus kaki, sepatu bot, dan semuanya.

Tetapi, selain jersey, ada beberapa bagian dari memorabilia sepakbola yang juga pernah terjual dengan harga mahal. Kami telah melihat enam yang paling mahal.

1. Jersey Maradona – 7,14 juta pounds / Rp 124 miliar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jersey yang dikenakan Maradona saat dia menggiring bola ke gawang Inggris di perempat final Piala Dunia 1986, kini menjadi kenangan paling berharga.

Jersey garis biru muda dipadukan dengan v-neck emas, serta nomor punggung 10 abu-abu keperakan terpampang di bagian belakang.

Jika Anda melihat lebih dekat, Anda bisa melihat air mata kiper Inggris Peter Shilton.

“Baju bersejarah ini adalah pengingat nyata dari momen penting. Tidak hanya dalam sejarah olahraga, tetapi juga dalam sejarah abad ke-20,” Brahm Wachter, kepala streetwear dan koleksi modern di Sotheby's, mengatakan kepada Sky Sports.

“Ini bisa dibilang jersey sepakbola paling didambakan yang pernah dilelang, dan karenanya pantas bahwa sekarang (jersey) ini memegang rekor lelang untuk objek apa pun dari jenisnya.”

2.  Buku peraturan sepakbola – 881,250 pounds / Rp 15 miliar

Buku peraturan pertama dalam sejarah olahraga ini terjual hampir satu juta pounds pada 2011. Itu berasal dari Sheffield FC, klub pertama, dan berasal dari tahun 1857.

Sebelum itu, sepakbola adalah permainan bebas tanpa aturan, kacau balau, tetapi pengenalan aturan seperti tendangan bebas tidak langsung, tendangan sudut, dan penggunaan mistar gawang membantu menertibkan permainan.
Handball masih sangat legal ketika itu, dan Maradona pasti akan menyukainya.

3. Piala FA – 759,062 pounds / Rp 13 miliar

Dengan gaji yang hampir sama dengan penghasilan Cristiano Ronaldo dalam seminggu, Anda bisa mendapatkan trofi Piala FA edisi kedua pada 2005.

Itulah yang dilakukan rekan pemilik West Ham, David Gold. 15 tahun kemudian, dia memutuskan untuk menjualnya dan menghasilkan 759,062 pounds / Rp 13 miliar.

Trofi itu digunakan antara 1896 dan 1910, dimenangkan pertama oleh Sheffield Wednesday dan kemudian oleh Manchester City, Manchester United, Everton, Newcastle, Tottenham, Nottingham Forest, dan Sheffield United.

4. Replika Piala Dunia Jules Rimet – 254,500 pounds / 4,5 miliar

Trofi replika Piala Dunia yang dibuat oleh Presiden ke-3 FIFA, Jules Rimet, ini disembunyikan di kotak sepatu selama Perang Dunia Kedua. Trofi dicuri pada era 60-an dan kemudian dicuri lagi pada 80-an.

Trofi yang sebenarnya tetap hilang, meskipun FIFA harus membayar 254,500 pounds / Rp 4,5 miliar di sebuah acara lelang pada 1997. Mereka berasumsi telah mendapatkan yang asli.

Sebenarnya trofi itu adalah replika, yang dibuat oleh FA untuk digunakan dalam pameran. Tidak ada yang tahu di mana sebenarnya trofi asli Jules Rimet yang diberikan kepada pemenang Piala Dunia antara 1930 dan 1970 itu.
Replikanya dengan aman dipajang di National Football Museum di Manchester.

5. Medali pemenang Piala Dunia Alan Ball – 164,800 pounds / Rp 2,9 miliar

Menjadi bagian dari satu-satunya tim pemenang Piala Dunia Inggris dengan banyak penghargaan individu.
Bagi banyak orang, medali dari hari itu (pada 1966) akan terlalu berharga untuk dilepaskan. Tetapi, Alan Ball melihat segala sesuatunya secara pragmatis.

“Saya memiliki tiga anak dan tiga cucu, dan yang paling penting bagi saya adalah memastikan bahwa mereka dirawat sebaik mungkin,” katanya setelah menjual medali itu pada 2005.

"Memenangkan Piala Dunia 1966 akan tetap bersama saya selamanya, tetapi sekarang saatnya untuk melihat ke masa depan, bukan masa lalu."

Pemain termuda dari tim Inggris yang mengangkat trofi itu dengan sedih meninggal pada 2007, meskipun perhatiannya tidak diragukan lagi menempatkan cucu-cucunya di jalan yang benar.

6. Jersey Piala Dunia Inggris Sir Geoff Hurst – 91,750 pounds / Rp 1,6 miliar

Jersey yang dikenakan oleh Sir Geoff Hurst di final 1966, tak perlu dikatakan lagi, adalah bagian dari memorabilia yang juga diburu banyak penggemar sepakbola.

Nominal harga 91,750 pounds tidak berasal dari lelang. Hurst sendiri menjual jersey itu kepada pembeli yang tidak dikenal pada 2000. Dia takut jersey tersebut akan dicuri dari rumahnya saat itu.

Jersey Itu dijual ke kolektor segera setelah itu, dan upaya selanjutnya menjual jersey itu barulah di lelang - dengan harga mulai 300,000 pounds / Rp 5,3 miliar dan tidak berhasil.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network