Selamat Ulang Tahun!

Profil Karim Adeyemi, Pengganti Erling Haaland di Borussia Dortmund

"Seperti deja vu, Adeyemi juga memilih jalan yang sama seperti Haaland."

Biografi | 13 May 2022, 02:59
Profil Karim Adeyemi, Pengganti Erling Haaland di Borussia Dortmund

Libero.id - Setelah ditinggal Erling HaalandBorussia Dortmund harus segera mencari pengganti. Dan, tak butuh waktu lama, seorang pemain muda yang jadi bintang Red Bull Salzburg akan segera tiba di Signal Iduna Park. Pemain itu bernama Karim Adeyemi.

Meski transfer window musim panas 2022 belum dibuka, Dortmund ternyata sudah bergerak. Mereka sudah mendatangkan tiga pemain berbakat untuk menyambut musim 2022/2023. Setelah Niklas Suele dari Bayern Muenchen dan Nico Schlotterbeck dari Freiburg, Adeyemi menyusul beberapa hari kemudian.

Die Borussen telah mengkonfirmasi transfer Adeyemi senilai 38 juta euro (Rp582 miliar). Pemain asal Jerman berusia 20 tahun itu akan menuju ke raksasa Bundesliga pada musim panas ini.

Bergabungnya Adeyemi ke Dortmund sekaligus menjadi tanda penolakan tawaran sejumlah klub papan atas Eropa, termasuk Manchester United, Liverpool, hingga Paris Saint-Germain (PSG).

Mungkin akan terdengar berlebihan jika mengatakan Adeyemi akan menjadi pengganti yang sepadan bagi Haaland. Tapi, semua akan lebih jelas jika melihat bagaimana kemampuannya di lapangan.

Adeyemi membawa Salzburg menjadi juara Bundesliga Austria 2021/2022. Dia mencetak 22 gol. Penampilannya juga membuat Adeyemi mendapatkan penampilan senior pertama untuk tim nasional Jerman. Bahkan, dia mencetak gol pada debut intermasional dalam kemenangan 6-0 atas Armenia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, September 2021.

10 Foto Carli Lloyd, Pemain Sepakbola Wanita US yang Hat-trick di Final Piala Dunia 2015

10 Foto Carli Lloyd, Pemain Sepakbola Wanita US yang Hat-trick di Final Piala Dunia 2015

"Sebagai seorang anak kecil, saya terpesona oleh sepakbola cepat berwarna hitam dan kuning. Itulah mengapa dengan cepat menjadi jelas bagi saya bahwa saya ingin beralih ke BVB ketika saya mengetahui tentang minat Dortmund," ujar Adeyemi, dilansir Sky Sports.

Pemilik nama lengkap Karim-David Adeyemi itu lahir di Muenchen, 18 Januari 2002. Memulai belajar sepakbola di TSV Forstenried, dia kemudian bergabung ke Bayern Campus. Kemudian, pindah ke SpVgg Unterhaching dan berakhir di Salzburg.

Meski orang Bavaria dari ayah Nigeria dan ibu Rumania, Adeyemi ternyata menggemari Dortmund sejak kecil dan selalu ingin bermain di Signal Iduna Park.

"Saya sengaja menandatangani kontrak untuk jangka panjang karena saya yakin bahwa kami akan menjadi tim yang menarik, dengan dukungan fans Dortmund yang fantastis. Saya yakin kami akan mampu bermain dan memenangkan gelar dalam jangka menengah," tambah Adeyemi.

Sementara menurut Direktur olahraga Dortmund, Sebastian Kehl, Adeyemi adalah pemain yang sudah masuk radar sejak lama. "Setelah transfer Niklas Suele dan Nico Schlotterbeck, kami memiliki pemain lain yang sangat menarik. Dia adalah Karim Adeyemi untuk musim mendatang," ujar Kehl.

"Kecepatan dan ancaman golnya sangat mengesankan. Meski Karim sudah sangat jauh dalam hal sepakbola dan atletik pada usia 20 tahun, kami melihat potensi pengembangan yang sangat besar," tambah Kehl.

Sebelum bermain untuk Salzburg, Adeyemi sempat menghabiskan waktu di klub satelit FC Liefering. Setelah mencetak 15 gol dalam 35 pertandingan, Salzburg meminta Adeyemi kembali.

Bersama Salzburg, Adeyemi menjelma menjadi pemain yang sangat tangguh. Dia bermain pada 92 pertandingan semua ajang resmi dengan memproduksi 33 gol. Itu sudah termasuk tiga kali gelar ganda Bundesliga Austria dan Piala Austria 2019/2020, 2020/2021, 2021/2022.

"Saya masih bisa mengingat dengan sangat jelas ketika Karim datang kepada kami. Dia masih muda, lucu, dan sopan. Tapi, dia punya bakat luar biasa," kata Direktur olahraga Salzburg, Christoph Freund.

"Sebagai pemain, dia kemudian berkembang pesat dalam empat tahun bersama kami dan mengalami hal-hal luar biasa. Sebagai seorang pria, Karim tetap sama. Sifatnya hampir tidak berubah hingga hari ini dan dia masih tetap sama. Dia pria baik yang sangat populer di mana-mana, baik di tim atau dengan para penggemar," tambah Freund.

"Jadi, kini seorang pesepakbola hebat kembali meninggalkan kami. Kami mendoakan yang terbaik untuknya dan setiap kesuksesan dalam kariernya di masa depan," pungkas Freund.

(mochamad rahmatul haq/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=ADw34sT-uUQ

Artikel Pilihan


Daun Media Network