Ubah Taktik Lawan Myanmar, Ini Penjelasan Shin Tae-yong

"Kini Indonesia hanya perlu fokus menatap laga semifinal."

Berita | 16 May 2022, 09:03
Ubah Taktik Lawan Myanmar, Ini Penjelasan Shin Tae-yong

Libero.id - Skuad Garuda Muda tampil impresif saat melawan Myanmar pada laga terakhir Grup A SEA Games 2021. Pada laga yang berlangsung di Stadion Viet Tri, Vietnam, Minggu (15/05/2022), Indonesia menang dengan skor 3-1.

Tiga gol kemenangan anak asuh Shin Tae-yong dicetak oleh Egy Maulana Vikri menit ke-6, Witan Sulaeman 10', dan Marselino Ferdinan 45+2'. Dengan ini Indonesia lolos ke babak semifinal.

Adapun Shin Tae-yong sendiri mengaku telah menyiapkan taktik khusus untuk melawan Myanmar. Hal itu ia lakukan setelah menganalisis kekuatan sang lawan ketika 'The Chinthe' menghadapi Vietnam.

"Memang taktik lawan Filipina dan Myanmar berbeda. Myanmar memang oke dalam organisasi permainan, tetapi saya menerapkan taktik pressing yang baik. Taktik itu berjalan dengan baik sehingga kami mendapatkan kemenangan. Strategi yang saya terapkan itu tergantung lawan yang dihadapi," ujar Shin Tae-yong seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

Selain taktik, Shin Tae-yong juga sangat memperhatikan psikologis para pemain. Ia tak mau anak-anak asuhnya hanya terpaku untuk mengincar hasil imbang.

"Memang hari ini kami hanya butuh hasil seri lawan Myanmar untuk lolos sebagai peringkat kedua. Namun saya tegaskan kepada para pemain, pertandingan seperti ini malah akan sulit bagi kami. Saya minta para pemain untuk lebih bekerja keras. Para pemain pun mengikuti instruksi dengan baik dan layak mendapat pujian," jelas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Timnas Indonesia U-23 keluar sebagai runner up grup A SEA Games 2021, hal ini seusai Vietnam menang 2-0 atas Timor Leste pada laga terakhir grup A. Pada laga di Grup B, Malaysia dan Thailand sudah dipastikan lolos ke semifinal. Namun, kedua tim masih akan memperebutkan status sebagai juara Grup B dalam pertandingan besok, Senin (16/05/2022).

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambut gembira kemenangan ini. Ia pun tidak akan mempermasalahkan di babak semifinal bertemu Thailand atau Malaysia.

"Siapapun lawannya di semifinal harus dikalahkan. Kalau melihat grafik penampilan tim yang terus meningkat, saya yakin Indonesia bisa melaju ke final,’’ ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network