Antonio Pintus Orang yang Terlibat 8 Final Liga Champions, Siapa Dia?

"Rasanya kita semua setuju jika Antonio Pintus adalah pelatih fisik terbaik di dunia sepak bola saat ini."

Biografi | 17 May 2022, 13:58
Antonio Pintus Orang yang Terlibat 8 Final Liga Champions, Siapa Dia?

Libero.id - Sosok Antonio Pintus bukanlah sosok baru dalam dunia sepak bola. Sebagai pelatih fisik yang mumpuni, pria kelahiran 26 September 1962 ini banyak menukangi berbagai tim sepak bola yang tersebar di seluruh dunia.

Pintus sendiri memiliki gelar Aktivitas Fisik dan Ilmu Olahraga dari Claude Bernard University. Dalam kariernya sebagai pelatih fisik, Pintus memiliki metode latihan yang cukup keras untuk para pemainnya. Tak heran bila dia dijuluki ‘Sersan’ karena ketegasannya.

Antonio Pintus pertama kali menjadi pelatih fisik pada 1986 saat menukangi ASD Settimo. Beberapa tahun setelahnya, tim raksasa Italia Juventus merekrutnya untuk menjaga kebugaran para pemainnya. Bersama-sama I Bianconeri, Pintus turut berkontribusi saat timnya memenangkan Piala Eropa (sekarang Liga Champions) pada tahun 1985.

Beberapa tahun di Juventus, Pintus kemudian menjadi pelatih fisik bagi beberapa tim di liga top Eropa seperti Chelsea, West Ham United, Olympique de Marseille, Inter Milan, hingga Real Madrid.

Pada tahun 2016, namanya sempat menjadi perbincangan saat Zinedine Zidane selaku pelatih Real Madrid kala itu turut membawanya ke tim kepelatihan. Hal ini dikarenakan Zizou sudah pernah bekerja sama dengan Pintus saat dirinya masih menjadi pemain Juventus tempo dulu. Bersama Real Madrid, ia menghabiskan waktu sekitar tiga tahun sebelum akhirnya hengkang ke Inter Milan dan bekerja sama dengan Antonio Conte.

Selama tiga tahun bersama Madrid, Pintus sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Performa kebugaran para pemain selama kurun waktu tersebut merupakan kunci dari rentetan gelar yang didapat Madrid, termasuk 3 trofi Liga Champions.

Setelah resmi hengkang, Antonio Pintus pun tetap konsisten dengan performanya. Bersama Inter Milan, dirinya membuat Romelu Lukaku kembali menemukan performa terbaiknya dan berhasil membantu Inter meraih gelar Serie A tahun 2021.

Namun, tak berselang lama tepatnya pada 4 Juni 2021, Real Madrid kembali merekrutnya sebagai pelatih fisik yang bertanggung jawab atas persiapan fisik semua pemain di klub. Tak lagi bersama Zidane, kali ini dia bekerja sama dengan Carlo Ancelotti.

Dengan kembalinya Pintus, Real Madrid saat ini memiliki musim yang cukup baik. Dengan performa atau kondisi kebugaran pemain yang bagus, Madrid sudah memastikan raihan gelar juara La Liga musim 2022 ini.

Tak hanya itu saja, sebuah comeback gemilang yang dilakukan saat berjumpa Manchester City di leg kedua semifinal Liga Champions 2021/2022 mengantarkan mereka ke partai puncak dan akan menghadapi Liverpool asuhan Juergen Klopp yang musim ini juga tampil impresif.

Hal ini membuat kesempatan bagi Antonio Pintus untuk bisa meraih gelar Liga Champions keempatnya bersama Real Madrid.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Real Madrid


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network