Bermain Ketat Lawan Thailand, Indonesia Harus Menerima Kekalahan Tipis

"Kini Skuad Garuda Muda harus fokus untuk meraih medali perunggu."

Berita | 19 May 2022, 19:02
Bermain Ketat Lawan Thailand, Indonesia Harus Menerima Kekalahan Tipis

Libero.id - Timnas U-23 Indonesiaharus mengakui keunggulan Thailand pada laga semifinal SEA Games 2021 di Stadion Thien Truong, Vietnam, Kamis (19/05/2022). Meskipun sudah berusaha keras hingga babak tambahan, Skuad Garuda Muda harus menelan pil pahit akibat gol yang dicetak Weerathep Pomphan.

Jalannya Pertandingan

Sejak babak pertama, anak asuh Shin Tae-yong langsung tampil menyerang. Skuad Garuda Muda memanfaatkan kecepatan Egy Maulana Vikri yang bergerak di sisi kiri pertahanan Thailand. Tak sendirian, Egy Maulana Vikri bekerja sama dengan Irfan Jauhari dalam upaya membongkar pertahanan Thailand.

Beberapa kali, pemain Indonesia memiliki kesempatan mencetak gol melalui pemain FK Senica tersebut, namun tidak membuahkan gol.

Adapun Marc Klok hampir saja mencetak gol melalui eksekusi tendangan bebasnya, namun bola masih melebar dari gawang Kawin Thamsatchanan.

Disisi lain Thailand juga membangun serangan dengan tempo yang tak begitu cepat. Mereka lebih sering melakukan kombinasi serangan lewat sisi tengah. Hal ini berbeda dari Indonesia yang kerap menyerang lewat sisi sayap. Pertandingan sempat berlangsung selama beberapa menit tanpa ada peluang berarti.

Lalu, pemain Thailand yang berkarier di Inggris bersama Oxford United, Benjamin Davis, memecah kehampaan peluang pada menit ke-26. Dia melancarkan sepakan dari luar kotak penalti yang kemudian ditepis oleh kiper Indonesia Ernando Ari. Setelah itu, Thailand mulai terlihat percaya diri dalam melancarkan serangan meski tidak ada yang berbuah gol.

Memasuki babak kedua, Thailand tampak lebih mendominasi laga meski tidak ada peluang yang berbuah menjadi gol.

Anak asuh Shin Tae-yong sesekali memberikan perlawanan melalui set piece, namun juga tidak ada yang berbuah gol.

Gol yang ditunggu Thailand pun tercipta melalui Weerathep Pomphan.

Pemain Muangthong United tersebut mencetak gol melalui sebuah aksi individu yang diakhiri sebuah tendangan keras pada menit ke-94.

Weerathep memanfaatkan kesalahan koordinasi antar pemain Indonesia dalam menghalau bola.

Setelah melakukan gerakan memutar, Weerathep Pomphan melepas tembakan yang menembus gawang Ernando Ari.

Keunggulan skor tipis 1-0 anak asuh Mano Polking bertahan hingga peluit panjang dibunyikan, dengan hasil ini Thailand melaju ke babak final, menunggu pemenang antara Malaysia vs Vietnam yang juga bermain hari ini, Kamis (19/05/2022).

Sementara Timnas U-23Indonesia masih memiliki kesempatan untuk meraih medali perunggu.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network