Terkait Wasit Wanita, Sejarah Akan Tercipta di Piala Dunia 2022

"Ini jadi terobosan besar di sepakbola internasional. Salut!"

Analisis | 21 May 2022, 15:42
Terkait Wasit Wanita, Sejarah Akan Tercipta di Piala Dunia 2022

Libero.id - Turnamen sepakbola pria biasanya dipimpin wasit dari kaum adam. Tapi, seiring perkembangan zaman, wasit wanita sudah mulai digunakan dalam pertandingan sepakbola pria. Ini menjadi bukti bahwa kualitas lebih penting dibanding persoalan gender. Contohnya, Piala Dunia 2022.

Akhir tahun ini, Piala Dunia akan kembali diselenggarakan. Setelah 2018 di Rusia, tahun ini kompetisi antarnegara itu akan berlangsung di Qatar.

Selai baru pertama di Timur Tengah, Piala Dunia 2022 juga akan memiliki perubahaan lain. Salah satunya terkait keberadaan wasit-wasit wanita. Sebab, FIFA telah mengumumkan kaum Hawa akan menjadi pengadil lapangan dalam pertandingn Piala Dunia 2022.

Tidak tanggung-tanggung, FIFA memutuskan akan ada enam ofisial wanita selama hajatan di Qatar: tiga wasit dan tiga asisten wasit.

Terobosan ini akan menjadi pertama kalinya wasit wanita memimpin pertandingan di turnamen terbesar sepakbola pria itu. Dan, jika sukses, otoritas yang dipimpin Gianni Infantino tersebut tidak akan menutup kemungkinan untuk melanjutkan di kompetisi-kompetisi lain.

"Kami sangat senang dengan adanya Stephanie Frappart dari Prancis, Salima Mukansanga dari Rwanda, dan Yoshimi Yamashita dari Jepang," kata Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, dilansir Goal.

"Kami juga senang karena memiliki beberapa asisten wasit wanita seperti Neuza Back dari Brasil, Karen Diaz Medina dari Meksiko, dan Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat. Kami memutuskan memanggil ofisial pertandingan wanita untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia FIFA," tambah eks wasit top Serie A itu.

"Ini mengakhiri proses panjang yang dimulai beberapa tahun lalu dengan penempatan wasit wanita di turnamen junior dan senior pria FIFA. Dengan cara ini, kami menekankan kualitas lebih penting, bukan gender," kata Collina.

"Saya berharap, di masa depan, pemilihan ofisial pertandingan elite putri untuk kompetisi penting putra akan dianggap sebagai sesuatu yang normal dan tidak lagi sensasional. Mereka pantas berada di Piala Dunia karena mereka terus-menerus tampil di level yang sangat tinggi. Dan, itu faktor penting bagi kami," ungkap pria berkepala plontos itu.

Selain wasit wanita, FIFA juga tetap memprioritaskan wasit-wasit pria terbaik dunia untuk memimpi turnamen paling prestisius di bumi.

Dari 36 daftar wasit yang teratas yang akan tampil, itu termasuk sejumlah nama yang sudah dikenal. Contohnya, duo Liga Premier, Anthony Taylor dan Michael Oliver. Ada lagi wasit papan atas Prancis, Clement Turpin, yang akan memimpin final Liga Champions 2021/2022.

Tapi, sejumlah wasit top juga akan absen dengan berbagai alasan seperti pensiun atau mengundurkan diri. Sebut saja wasit final Piala Dunia 2018 asal Argentina, Nestor Pitana. Lalu, wasit Terbaik Dunia IFFHS, Felix Brych, dari Jerman. Begitu juga wasit final Euro 2020 asal Belanda, Bjorn Kuipers.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan


Daun Media Network