Peringkat 5 Peraih Ballon d'Or Tertua

"Nomor 5 sulit dipatahkan sebagai bek."

Feature | 30 May 2022, 19:47
Peringkat 5 Peraih Ballon d'Or Tertua

Libero.id - Penghargaan paling bergengsi ini mulai dibuat pada 1956 oleh majalah olahraga Prancis, France Football. Ballon d'Or adalah gagasan dari mantan pesepakbola dan jurnalis Prancis, Gabriel Hanot, yang juga pencipta Piala Eropa.

Sebagai penghargaan untuk pendirinya, pemenang dipilih secara eksklusif berdasarkan suara oleh jurnalis sepakbola, pelatih, dan kapten tim nasional. Mereka diberikan hak untuk memilih hanya setelah 2007.

Pemenang pertama Ballon d'Or adalah penyerang Blackpool, Stanley Matthews, yang secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa.

Dalam beberapa dekade pertama, Ballon d'Or secara eksklusif diberikan kepada pemain Eropa yang bermain di liga Eropa sebelum amandemen aturan terkait kewarganegaraan pada 1995 - tahun yang juga membuat pemain AC Milan, George Weah, menjadi pemain Afrika pertama yang meraih Ballon d'Or.

Sementara Ronaldo Nazario dari Inter Milan menjadi penerima Ballon d'Or pertama dari Amerika Selatan dua tahun kemudian. Meskipun ada perubahan peraturan pada 2007, di mana pemain yang merumput di seluruh dunia memenuhi syarat untuk penghargaan tersebut, semua penerimanya sejauh ini telah aktif di Eropa selama waktu tersebut.

Setelah bergabung dengan FIFA's World Player of the Year Award pada 2010, hadiah tersebut dikenal sebagai FIFA Ballon d'Or sebelum France Football memilih untuk tidak melanjutkan merger pada 2015, mengembalikan penghargaan tersebut ke nama aslinya.

Penghargaan bergengsi ini, yang edisi 2020 dibatalkan karena pandemi COVID-19, tetapi selama lebih dari satu dekade, penghargaan ini telah didominasi oleh Lionel Messi (7 kali) dan Cristiano Ronaldo (5 kali). Namun, dominasi keduanya dalam Ballon d'Or sempat diakhiri Luka Modric pada 2018.

Faktanya, dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sedemikian kuat, sehingga orang dapat dengan aman berasumsi bahwa generasi muda fans sepakbola mungkin tidak mengetahui sejarah Ballon d'Or atau bahkan beberapa pemenang sebelumnya yang patut dicatat.

Pada catatan itu, mari kita lihat 5 pemenang Ballon d'Or tertua dalam sejarah sepakbola.

5. Fabio Cannavaro (33 tahun, 2 bulan, dan 14 hari)

Bek tengah Italia itu secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terhebat yang pernah ada di posisinya. Dia memegang perbedaan tidak hanya menjadi salah satu pemain tertua yang memenangkan Ballon d'Or, yang dia menangkan pada 2006, tahun yang sama juga membuatnya dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA. Cannavaro menjadi satu-satunya bek yang meraih dua penghargaan itu dalam satu dekade.

Cannavaro memenangkan Ballon d'Or setelah tampil cemerlang di Piala Dunia 2006, sebuah turnamen pemecah rekor bagi pelatih asal Italia itu karena dia mendapatkan caps ke-100 pada hari dia menjadi kapten timnya untuk menjadi juara dunia. Dia juga memenangkan tempat di tim turnamen serta Bola Perak kompetisi.

Pujian individu lebih banyak diikuti pada 2006 dalam bentuk Bek Terbaik Serie A, Pemain Terbaik Serie A, serta tempat di Tim Terbaik UEFA. Penghargaan itu benar-benar tahun emas bagi Cannavaro. Ballon d'Or, bagaimanapun, selalu menjadi prestasi terbaik dalam kariernya.

4. Luka Modric (33 tahun, 2 bulan, dan 24 hari)

Rekor lama Cannavaro sebagai pemain tertua yang memenangkan Ballon d'Or di milenium dipecahkan oleh Luka Modric, yang memenangkannya pada 2018. Dia mendapatkannya dengan performa terbaik di Piala Dunia yang fenomenal, di mana dia melakukan banyak penampilan Man of the Match sebagai kapten negaranya saat sukses membawa Kroasia ke final, walau akhirnya dikalahkan Prancis.

Namun demikian, Modric mengumpulkan banyak pengagum untuk penampilannya di turnamen, di mana dia mendapatkan Bola Emas sebagai pemain terbaik serta tempat di Tim Impiannya. Ballon d'Or juga mengakhiri satu tahun keunggulan di level klub bagi sang maestro lini tengah, yang membantu Madrid meraih gelar Liga Champions ke-13 mereka, dan juga mendapatkan tempat di Tim Terbaik turnamen pada musim yang sama.

Pemain Kroasia itu memiliki perbedaan unik dengan mematahkan dominasi Messi dan Ronaldo di Ballon d'Or, sesuatu yang belum bisa ditiru oleh pemain lain.


(atmaja wijaya/yul)

Selanjutnya

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network