Kisah Chelsea Berjuang 18 Bulan Yakinkan Ruediger Bertahan, dan Gagal

"Alasan di balik kepergiannya mulai terungkap."

Analisis | 01 June 2022, 16:02
Kisah Chelsea Berjuang 18 Bulan Yakinkan Ruediger Bertahan, dan Gagal

Libero.id - The Blues akan kehilangan bek terbaik setelah terlambat untuk membuat penawaran yang berharga. Dia adalah Antonio Ruediger yang akan segera merapat ke Real Madrid dengan status bebas transfer.

"Saya tidak ingin membahas terlalu dalam," katanya kepada wartawan ketika ditanya tentang keputusannya untuk meninggalkan Chelsea setelah kekalahan mereka di final Piala FA. "Ada peluang, tapi sanksi bukan masalah."

Dari komentar tersebut, ada keyakinan bahwa The Blues bisa mendapatkan kontrak baru untuk bek tengah mereka kalau bukan karena masalah kepemilikan klub yang saat itu sedang hangat-hangatnya.

Sebetulnya alasan untuk kepergian Ruediger belum diungkapkan oleh sang pemain sendiri, tetapi mudah saja untuk menebak apa yang terjadi.

Masalah pertama mulai muncul pada minggu-minggu awal musim 2020/2021, ketika Frank Lampard memberi tahu pemain tim nasional Jerman itu bahwa dia akan menjadi bek tengah pilihan kelima Chelsea setelah kedatangan Thiago Silva.

Meskipun secara alami kecewa, bagaimanapun, Ruediger mampu meningkatkan posisinya, naik ke urutan ketiga dalam hierarki pertahanan Lampard, dengan performa apiknya memicu Chelsea untuk membuka pembicaraan kontrak dengan pemain yang mendekati 18 bulan terakhir dari kontraknya tersebut.

Tawaran yang akan datang, bagaimanapun, menandai awal dari akhir waktunya di London barat.

Chelsea hanya bersedia menawarkan Ruediger perpanjangan satu tahun untuk kontraknya, bukan kontrak baru hingga musim panas 2023.
The Blues juga bersedia membiarkannya pergi dengan status pinjaman di jendela transfer Januari 2021, dengan AC Milan menunjukkan minat yang besar sebelum mereka mengalihkan perhatian mereka ke rekan setim Ruediger di Chelsea, Fikayo Tomori.

Terlepas dari itu, Ruediger terbuka untuk menandatangani kontrak, dan bahkan menyetujui persyaratan secara lisan. Masalahnya adalah permintaan untuk bonus penandatanganan kecil diabaikan, meskipun itu membantu Chelsea mempertahankan nilai pemain.

Sejak saat itu, waktu Ruediger sebagai pemain Chelsea terus berjalan.

Bukan berarti Anda akan mengetahui dari penampilannya di lapangan, dengan pemain berusia 29 tahun itu memainkan peran kunci dalam kemenangan klub di Liga Champions setelah Thomas Tuchel menggantikan Lampard di ruang ganti.

Performa Ruediger di bawah Tuchel menyebabkan Chelsea membuka kembali negosiasi kontrak pada Agustus 2021, dengan The Blues sekarang bersedia menawarinya gaji 140.000 pounds / Rp 2,5 miliar per minggu.

Baik pemain dan agennya merasa bahwa Ruediger tidak dihargai, dan pembicaraan kembali terhenti, tanpa kontak lebih lanjut antara kedua pihak hingga Januari 2022, ketika klub lain juga bebas berbicara dengan mantan bintang Stuttgart itu.

“Sayangnya, negosiasi kontrak saya sudah mulai sulit pada musim gugur yang lalu,” kata Ruediger dalam wawancara dengan Players' Tribune.

“Bisnis adalah bisnis, tetapi ketika Anda tidak mendengar berita apa pun dari klub dari Agustus hingga Januari, situasinya menjadi rumit.”

“Setelah tawaran pertama, ada celah panjang yang tidak ada apa-apanya. Kami bukan robot, kau tahu? Anda tidak bisa menunggu berbulan-bulan dengan begitu banyak ketidakpastian tentang masa depan Anda.”

“Tidak ada yang melihat sanksi datang, tetapi pada akhirnya, klub besar lainnya menunjukkan minat, dan saya harus membuat keputusan. Saya akan berhenti di situ, karena selain bisnis, saya tidak punya hal buruk untuk dikatakan tentang klub ini.”

“Chelsea akan selalu ada di hati saya. London akan selalu menjadi rumahku."

Chelsea akhirnya membuat Ruediger mendapat tawaran yang dia harapkan, tapi mereka terlambat setelah sanksi yang dikenakan pada Roman Abramovich.

Sebaliknya, Madrid memenangkan perlombaan yang juga melibatkan Paris Saint-Germain, Barcelona, dan Bayern Muenchen, serta Manchester United. Namun, Ruediger memberi tahu Ralf Rangnick bahwa dia tidak ingin bergabung dengan klub Liga Premier lainnya.

Sekarang ada kekhawatiran bahwa Chelsea bisa menghadapi situasi yang sama dengan para pemain seperti N'Golo Kante, Jorginho, dan Marcos Alonso, yang kontraknya akan habis pada akhir musim depan. Sementara Mason Mount dan Reece James perlu diberikan kontrak baru yang besar – kesepakatan jika mereka ingin tetap mengingat lulusan akademi adalah salah satu pemain dengan bayaran terendah di skuad tim utama.

Namun, untuk saat ini, penggemar Chelsea dapat meratapi hilangnya pemain yang mungkin paling konsisten dalam 18 bulan terakhir.
Ruediger mungkin tidak akan pernah mengungkapkan alasan sebenarnya untuk pergi, tetapi baca yang tersirat, dan pesannya jelas.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network