Berkah atau Musibah? Juara Serie A 2021/2022 Punya Pemilik Baru

"Layak dinantikan kiprah AC Milan musim depan dengan bos baru."

Analisis | 01 June 2022, 20:02
Berkah atau Musibah? Juara Serie A 2021/2022 Punya Pemilik Baru

Libero.id - Hanya beberapa hari setelah mengakhiri puasa Scudetto, AC Milan berpindah kepemilikan. Elliott Management resmi menjual mayoritas sahamnya ke RedBird Capital Partners. Berkah atau musibah?

Sejak era Silvio Berlusconi berakhir di Milanelo, I Rossoneri telah mengalami perubahan startuktur manajemen dan direksi berkali-kali. Mereka juga gonta-ganti kepemilikan. Dimulai dari pengusaha China, Li Yonghong, berlanjut ke inverstor asal Amerika Serikat (AS), Elliott Management.

Kini, Milan memastikan kembali berganti kepemilikan lagi. RedBird Capital Partners adalah penguasa baru mereka, meski finalisasinya akan dilakukan selama musim panas sampai akhir September 2022.

Seperti yang tertulis di situs resmi Milan, penandatanganan akuisisi sudah dilakukan oleh RedBird Capital Partners dan Elliott Management pada Rabu (1/6/2022). Nominalnya, 1,2 miliar euro (18,7 triliun).

"Ketika Elliott mengakuisisi Milan pada 2018, kami mewarisi klub dengan sejarah yang luar biasa, tapi dengan masalah keuangan yang serius dan kinerja olahraga yang biasa-biasa saja. Rencana kami sederhana: menciptakan stabilitas keuangan, dan untuk mengembalikan Milan ke tempatnya di sepakbola Eropa," kata Managing Partner Elliott Management, Gordon Singer.

"Hari ini, saya yakin kami telah mencapai keduanya. Saya ingin mengungkapkan rasa kerendahan hati, kebanggaan, dan di atas semua itu rasa terima kasih kami yang terdalam atas pengalaman yang kami miliki berbagi dengan setiap anggota keluarga Milan. Kami tidak dapat melakukan semua ini tanpa Anda, Il Popolo Milanista," tambah Singer.

Bagi RedBird, memiliki klub olaharaga bukan yang pertama. Lembaga ini sudah memiliki 10 persen saham Fenway Sports Group, yang merupakan pemilik Liverpool dan Boston Red Sox. RedBird juga pemilik klub Prancis, Toulouse.

"Kami merasa terhormat menjadi bagian dari sejarah Milan yang termasyhur dan bersemangat untuk memainkan peran dalam babak berikutnya saat klub kembali ke tempat yang semestinya di puncak Italia, Eropa, dan sepak bola dunia," kata Pendiri sekaligus Managing Partner RedBird, Gerry Cardinale.

"Saya ingin berterima kasih kepada Gordon Singer dan seluruh tim Elliott atas kerja luar biasa yang telah mereka lakukan selama empat tahun terakhir dalam membangun kembali Milan dan mengembalikannya ke tempat yang semestinya di puncak Serie A," tambah Cardinale.

"Filosofi investasi dan rekam jejak RedBird di kepemilikan tim telah menunjukkan bahwa klub sepakbola bisa sukses di lapangan dan berkelanjutan di luarnya. Kami menantikan kemitraan jangka panjang dengan klub, tim manajemen, dan Milanisti di seluruh dunia untuk terus mendorong Milan di tahun-tahun mendatang," pungkas Cardinale.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan AC Milan


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan


Daun Media Network