Pemerintah Prancis Minta Maaf Terkait Insiden di Luar Stadion Sebelum Final UCL

"Kejadian seperti ini sudah pernah terjadi saat final UCL 2019 di Madrid"

Berita | 02 June 2022, 10:45
Pemerintah Prancis Minta Maaf Terkait Insiden di Luar Stadion Sebelum Final UCL

Libero.id - Pemerintah Prancis mengatakan "sedih dan menyesal" atas gangguan yang dihadapi oleh penggemar Liverpool di final Liga Champions pekan lalu di Paris, meskipun menteri dalam negeri, Gerald Darmanin telah menolak untuk mundur atas klaim pada dirinya yang diduga terkait penggunaan tiket palsu yang menyebabkan kekacauan.

Final Liga Champions dua kali tertunda karena para penggemar Liverpool berjuang untuk memasuki Stade de France, sementara rekaman media sosial menunjukkan para pendukung The Reds menjadi sasaran gas air mata dan semprotan merica oleh polisi setempat.

Pada hari Senin, UEFA mengumumkan penyelidikan independen atas peristiwa tersebut, setelah Liverpool dan pemerintah Inggris melalui sekretaris budaya, Nadine Dorries  menyerukan penyelidikan ke dalam organisasi pertandingan.

Pemerintah Prancis telah menghadapi kritik keras sejak insiden tersebut, dengan ketua Liverpool, Tom Werner meminta menteri olahraga, Amelie Oudea-Castera untuk meminta maaf atas tuduhan "tidak bertanggung jawab, tidak profesional, dan sepenuhnya tidak sopan" bahwa klub bertanggung jawab atas peristiwa tersebut setelah membiarkan penggemar mereka keluar ke tempat yang tidak semestinya.

Berbicara setelah peristiwa itu dibahas dalam rapat kabinet pada hari Rabu, juru bicara pemerintah, Olivia Gregoire mengatakan Emmanuel Macron dan rekan-rekannya meminta maaf kepada para penggemar yang tidak dapat masuk ke pertandingan. Tapi, ia membantah dan menyatakan bahwa peristiwa itu hanyalah sebuah tragedi.

"Bisakah semuanya dilakukan dengan lebih baik? Mungkinkah itu dikelola dengan lebih baik? Ya," katanya.  "Apakah ada tragedi atau cedera? Tidak. Bisakah kita memperbaiki keadaan untuk kompetisi olahraga berikutnya? Tentu saja.

“Apa yang dibagikan pagi ini adalah bahwa kita harus sedikit tenang, bahkan jika ada yang harus diperbaiki. Kita tidak boleh melupakan mereka yang di hadapan pemerintah mengalami malam yang buruk, yaitu para pendukung 2.700 penonton dengan tiket yang tidak bisa melihat pertandingan.

"Sebagai prioritas, Presiden Republik dan seluruh pemerintah sedih dan kasihan pada orang-orang ini, yang terlantar dan kehilangan pertandingan."

Sementara itu, Darmanin telah mempertahankan prevalensi tiket palsu, yang awalnya disebut oleh UEFA sebagai penyebab kemacetan di luar stadion, menjadi faktor penting.

Berbicara pada sidang senat Prancis untuk membahas peristiwa kontroversial, Darmanin mengklaim antara 30.000 dan 40.000 orang baik tanpa tiket atau menggunakan tiket palsu telah hadir di luar venue Saint-Dennis.

“Mengenai tiket, klub Liverpool meminta agar tiket keseluruhan dibuat di atas kertas, sedangkan untuk semua pertemuan kompetisi lainnya tidak demikian,” kata Darmanin.

“Bukan berarti semua fans memiliki tiket palsu, ada juga penonton yang tidak memiliki tiket.

“Orang-orang dengan tiket palsu melewati penyaringan pertama dan menyebabkan kesalahan teknis pada pintu putar stadion. Dengan demikian, orang-orang memasuki stadion tanpa kendali dan menggantikan orang-orang yang memiliki tiket asli tetapi tidak dapat masuk.

“Mengenai 30.000 hingga 40.000 tiket palsu, kami tidak pernah mengatakan demikian. Kami selalu komunikasikan sekitar 30.000 hingga 40.000 orang [baik] tanpa tiket atau dengan tiket palsu. Jika ada yang menyebut kami pembohong, kami memiliki sumber.

"Kami tiba di antara 109.000 dan 119.000 orang di sekitar Stade de France, jauh lebih banyak daripada kapasitas sebenarnya dari kandang."

Darmanin juga berpendapat bahwa masalah serupa pernah dialami di final Liga Champions 2019 di Madrid, ketika Liverpool mengalahkan sesama klub Liga Premier Tottenham. Hal itu menunjukkan bahwa kehadiran Liverpool di final menghadirkan tantangan bagi penyelenggara.

“Liverpool bukan klub seperti yang lain,” tambahnya.  “[Di] Madrid, pada 2019, ada masalah yang persis sama, kesulitan yang sama dari tiket palsu dan orang-orang di luar stadion.

"Kesalahan kami tidak diragukan lagi tidak melihat bahwa puluhan ribu orang tanpa tiket akan langsung pergi ke Stade de France."

Bagaimanapu, Darmanin, meminta maaf "dengan sangat tulus" atas penggunaan gas air mata yang "tidak proporsional" oleh polisi, meskipun ia juga menolak kritik atas perilaku umum pasukan pada pertandingan tersebut.

"Jelas bagi semua penggemar sepak bola, citra negatif pertandingan ini adalah cedera. Bisakah kita menghindari dan mengantisipasi lebih banyak? Tidak diragukan lagi," tambahnya.  "Tapi saya menyesali kritik yang diderita oleh pasukan ketertiban, yang saya wakili dan perintahkan."

(moch imam sholikhin/nz)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network