Tinggalkan Man United dengan Gratis, Paul Pogba Justru Dapat Rp68 miliar

"Mirip pekerja yang mencairkan JHT dari BPJS Tenaga Kerja. Ini rinciannya.."

Biografi | 03 June 2022, 02:00
Tinggalkan Man United dengan Gratis, Paul Pogba Justru Dapat Rp68 miliar

Libero.id - Paul Pogba secara resmi telah mengucapkan selamat tinggal dengan Manchester United setelah menolak perpanjangan kontrak baru. Pemain asal Prancis itu akan pergi dengan gratis. Uniknya, manajemen Setan Merah justru harus membawa eks gelandang Juventus itu 3,78 juta pounds (Rp68 miliar). Kok, bisa? 

Meninggalkan Old Trafford akan menjadi kedua kalinya dijalani Pogba dalam karier sepakbolanya. Sama seperti periode pertama ketika terbang ke Italia, karier Pogba di MU layak diberi label "mengecewakan".

Selama di Old Trafford, Pogba hanya menyumbang trofi Liga Europa dan Piala Liga Inggris. Dia gagal mendapat Liga Premier maupun Liga Champions. Tentu saja, bagi klub dengan reputasi seperti Setan Merah, apa yang dipersembahkan Pogba masuk dalam kategori gagal.

Kegagalan Pogba semakin menyakitkan pendukung MU karena ada sebuah fakta aneh lain muncul. Ternyata, manajemen Setan Merah harus memberi Pogba "bonus loyalitas". Itu semacam bonus kesetiaan. Bisa juga diartikan bonus prestasi.

MU harus memberi Pogba uang tunay Rp68 miliar berdasarkan klausul kontrak saat memboyong kembali dari Juventus pada 2016. Saat itu, mereka merogoh kocek hingga 89 juta pounds (Rp1,6 triliun). Itu uang yang banyak mengingat MU menjual Pogba ke Juventus pada 2012 dengan 1,5 juta pounds (Rp27 miliar).

Selain biaya transfer yang besar, MU juga membayar 39,27 juta pounds (Rp707 miliar) kepada agen Pogba, Mino Raiola.

Pogba awalnya dibayar gaji pokok 8,61 juta pounds (Rp156 miliar). Lalu, turun menjadi 7,75 juta juta (Rp139 miliar) setelah bonus loyalitas tahunan dimulai pada akhir tahun pertamanya, serta pembayaran lainnya sebesar 2,87 juta (Rp50 miliar) per tahun. 

Ada juga bonus 1,875 juta pounds (Rp32 miliar) untuk masing-masing dari empat kesempatan MU lolos ke Liga Champions.

Total biaya untuk Pogba mencapai 218.930 hingga 968.716 pounds (Rp3,9-17 miliar) untuk masing-masing dari 226 pertandingannya atau 5,613 juta pounds (Rp101 miliar) untuk masing-masing dari 39 golnya. Itu artinya MU tidak akan menerima pengembalian atas investasi Pogba.

Kini, layak dinantikan ke mana Pogba berlabuh? Kabarnya dia baru saja mengadakan pembicaraan dengan Paris Saint-Germain (PSG), Real Madrid, dan Juventus. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network