Profil Andy O'boyle, Wakil Direktur Olahraga Man United yang Baru

"Berikut pengetahuan yang dimiliki O'Boyle."

Biografi | 03 June 2022, 17:13
Profil Andy O'boyle, Wakil Direktur Olahraga Man United yang Baru

Libero.id - Manchester United melakukan gebrakan setelah menjalani musim buruk dalam sejarah, di mana mereka finish di peringkat keenam dengan 58 poin, sekaligus menjadi poin terendah selama era Liga Premier.

Setan Merah nampaknya telah melakukan evaluasi besar-besaran dan mencoba meningkatkan kualitas klub agar lebih baik. Selain penunjukan Erik Ten Hag sebagai pelatih permanen, Man United juga melakukan restrukturisasi signifikan di belakang layar dalam beberapa bulan terakhir karena orang-orang seperti Ed Woodward dan Matt Judge telah meninggalkan klub.

Manajemen telah menunjuk Andy O'Boyle sebagai Wakil Direktur Olahraga Man United yang baru. Para fans tentu saja berharap dia dapat memperbaiki beberapa masalah di Old Trafford.

Tapi, siapa Andy O'Boyle?

O'Boyle pertama kali bekerja untuk Man United 16 tahun lalu sebagai pelatih di akademi Setan Merah. Selama waktu itu, dia membantu mengembangkan pemain seperti Marcus Rashford.

O'Boyle bisa dibilang adalah salah satu fans fanatik seumur hidup Man United dan pernah bertugas di bagian pelatihan dan ilmu olahraga.
Setelah menyelesaikan A-Level-nya, dia pergi ke Universitas Liverpool dan memenangkan beasiswa sepakbola ke Rhode Island di Amerika Serikat, tetapi pergi setelah satu tahun. Pekerjaan sepakbola pertamanya adalah di Wrexham dan dia mulai bekerja dengan tim muda klub Welsh sebelum menjadi pelatih kebugaran untuk tim utama.

Sebelum ditunjuk sebagai Wakil Direktur Olahraga, pria berusia 39 tahun itu sempat ditawari posisi permanen di Man United sekitar 14 tahun lalu, tapi dia memilih menjadi Kepala Ilmu Olahraga di Coventry City pada Juni 2008.

O'Boyle kemudian bergabung dengan rival berat United, Liverpool, pada 2011 dan menghabiskan empat tahun bekerja sebagai Kepala Pengembangan Elite Kebugaran klub.

Setelah kedatangan Juergen Klopp pada Oktober 2015, dia menjadi pelatih kebugaran tim utama. Selama waktunya di Liverpool, dia tampil mengesankan di FA dan menikmati masa 14 bulan sebagai Pelatih Kinerja Fisik Inggris U-21.

Namun, O'Boyle meninggalkan Anfield pada April 2017 untuk menjadi Head of Elite Performance di Liga Premier. Pekerjaan itu termasuk memberi nasehat kepada klub tentang identifikasi dan rekrutmen pemain, manajemen pinjaman, analisis kinerja, psikologi, ilmu olahraga, dan kedokteran.

Selain itu, dia juga memainkan peran kunci selama masa Covid-19 di Liga Premier, bekerja sama dengan pemerintah dan klub tentang protokol untuk memastikan kelanjutan yang aman dari sepakbola pada 2020.

Pria berusia 39 tahun itu kini telah kembali ke Old Trafford dan akan bekerja di berbagai departemen untuk mendukung Direktur Sepakbola, John Murtough. Dia akan membantu mendorong strategi sepakbola di tim utama, akademi klub, tim Wanita, dan penunjukannya akan mengurangi beban Murtough, yang sekarang bisa dapat berkonsentrasi pada perekrutan tim utama.

O'Boyle yang memiliki gelar Master dalam ilmu olahraga, bahkan sekarang menjadi kandidat doktor juga akan menyelesaikan Lisensi Pro UEFA musim panas ini.

Apa yang dia katakan tentang peran barunya?

“Saya senang bisa bergabung kembali dengan Manchester United pada saat yang menyenangkan bagi klub, karena tim utama bersiap untuk awal yang baru di bawah Erik ten Hag, dan akademi serta tim wanita semakin kuat,” katanya dalam situs resmi Man United.

“Meski merupakan hak istimewa untuk melayani Liga Premier selama lima tahun terakhir, saya tidak sabar untuk memulai di Man United dan memainkan peran saya dalam menciptakan lingkungan yang tepat untuk kesuksesan sepakbola,” tambahnya.

Sebelumnya pada 2009, O'Boyle pernah menceritakan tentang keluarga dan kisah perjalanan hidupnya.

“Saya dibesarkan di dekat Ballymena. Saya merupakan anak dari salah satu lima bersaudara. Saya memiliki saudara laki-laki yang seorang dokter hewan di Amerika, yang sedang berlatih untuk menjadi seorang polisi di Kanada, seorang saudara perempuan yang merupakan seorang dokter gigi, dan saudara laki-laki lain yang tinggal di rumah di pertanian orang tua saya," katanya kepada Coventry Telegraph.

“Saya pulang ke rumah selama beberapa hari di musim panas dan membantu di pertanian dan berhenti dari sepakbola. Kami memiliki domba, kambing, kalkun, dan sapi dan ketika saya tidak bermain sepakbola atau sepak bola Gaelik sebagai seorang anak, saya membantu di pertanian sepulang sekolah,” tambahnya.

Apa yang telah dikatakan tentang Andy O'Boyle?

"Kami senang menyambut Andy kembali ke Manchester United untuk mengambil peran penting ini dalam kepemimpinan klub," kata Murtough di situs resmi Man United.

“Andy memiliki pengalaman di semua bidang teknis sepakbola, mulai dari kebugaran dan ilmu olahraga hingga kepanduan dan rekrutmen. Ini akan menjadikannya tambahan yang berharga bagi tim saya di Carrington karena kami terus memperkuat kepemimpinan dan perencanaan strategis di semua kegiatan sepakbola kami,” tambahnya.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network