Profil ACR Messina, Klub Italia yang Dijual Seharga Martabak

"Aneh tapi nyata. Tidak perlu Miliaran apalagi triliun. Rafi Ahmad bisa beli"

Berita | 11 June 2022, 19:08
Profil ACR Messina, Klub Italia yang Dijual Seharga Martabak

Libero.id - Berapa harga sebuah klub? Sudah pasti mahal. Namun klub kasta ketiga Liga Italia, ACR Messina, adalah pengecualian.

Menurut laporan Football Italia, klub yang berasal dari Pulau Sisilia ini dijual dengan harga yang sangat-sangat murah yakni 1 euro atau sekitar Rp. 15 ribu. Seharga satu porsi martabak. Lantas bagaimana cerita yang sebetulnya, benarkah sebegitu murah harga sebuah klub?

ACR Messina tengah mengalami kesulitan keuangan sejak terdegradasi dari Serie A pada musim 2006/07. Bahkan, pada 2008 Messina harus dikeluarkan dari Serie B karena dinyatakan bangkrut.

Setelahnya, klub yang berdiri sejak 1900 itu mengalami beberapa kali pergantian  kepemilikan. Messina lalu mulai berkompetisi lagi pada musim 2014/15 dan kembali mengawali dari Serie C, lalu pernah turun kasta ke Serie D dan akhirnya pada musim 2021/22 kembali berlaga di kasta ketiga sepakbola Italia.

Tapi sial tak dapat ditolak, kiprah Messina di Serie C pada musim depan terancam akan berkahir tragis. Mereka kemungkinan besar tidak dapat berkompetisi di Serie C jika tidak mendapatkan suntikan dana dari investor baru.

Tidak tinggal diam atau justru karena frustasi kehabisan cara, presiden klub, yakni Pietro Sciotti, mengambil langkah yang sangat-sangat aneh. Sciotti mengumumkan akan menjual klub dengan harga 1 euro


"Saya masih belum menerima satu pun tawaran untuk ACR Messina, hanya beberapa panggilan telepon untuk meminta informasi," tulis Sciotti dalam sebuah unggahan di akun sosial media ACR Messina.

"Januari lalu dan kemudian Mei saya menggarisbawahi bagaimana tujuan terakhir saya adalah bertahan di Serie C dan pergi. Dengan ketidaksenangan yang luar biasa, setelah lima tahun memimpin ACR Messina yang gemilang, saya mengulangi keinginan saya untuk mengakhiri waktu saya di klub dan untuk alasan ini, saya siap menjual klub dengan harga simbolis 1 euro," lanjut unggahan tersebut.

Ternyata itu hanyalah angka simbolis untuk menarik perhatian para investor.

"Ini adalah aksi terakhir saya dalam hidup. Batas waktu adalah 24 jam pada 12 Juni, jika tidak ada tawaran, saya akan melihat situasi dan membuat keputusan yang diperlukan, bahkan jika itu sulit," tutup Sciotti.

Jika kita lihat data dari Transfermarkt kiprah ACR Messina di kasta tertinggi Liga Italia di era millenium baru memang tak bisa dikatakan bagus, mereka berhasil promosi dari Serie B ke Serie A pada musim 2003/04 usai finis di peringkat keempat dengan koleksi 79 poin.

Kemudian, Messina mampu bertahan selama tiga musim di Serie A. Hingga akhirnya, pada musim 2006/07 mereka kembali terdegradasi ke Serie B usai hanya menempati juru kunci di akhir klasemen Serie A.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network