Bagaimana Peluang 4 Tim ASEAN Lolos Piala Asia 2023? Ini Analisisnya

"Hanya lima dari enam runner-up yang bakal bisa maju ke Piala Asia 2023..."

Analisis | 12 June 2022, 14:13
Bagaimana Peluang 4 Tim ASEAN Lolos Piala Asia 2023? Ini Analisisnya

Libero.id - Dengan dua laga tersisa dan satu pertandingan tersisa di babak final Kualifikasi Piala Asia 2023, banyak tim yang masih bersaing untuk mencapai panggung sepakbola terbesar di benua itu - termasuk tim ASEAN.

Sementara Singapura, Kamboja dan Myanmar melihat harapan mereka berakhir pada hari Sabtu kemarin (11/06/2022), Malaysia, Indonesia, Thailand dan Filipina masih memiliki peluang menjelang pertandingan terakhir di hari Selasa (14/06/2022).

Hanya juara grup yang dijamin mendapat tempat otomatis di turnamen tahun depan, tetapi lima dari enam runner-up akan maju - yang berarti hanya satu tim yang berada di posisi kedua yang akan gagal.

Sederhananya, bahkan sebagai runner-up, jarak enam poin dengan selisih gol yang relatif sehat sudah cukup.

Untuk itu, mari kita kupas bersama bagaimana peluang masing-masing tim ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand dan Filipina) untuk lolos ke Piala Asia 2023, berikut ulasannya:

1.Indonesia

Meskipun kalah 1-0 dari Yordania pada Minggu dini hari (12/06/2022) WIB, Skuad Garuda sendiri sudah menempatkan diri mereka di posisi yang kuat dengan kemenangan mengejutkan 2-1 atas mantan juara Piala Asia Kuwait dalam pertandingan pembukaan Grup A.

Keunggulan Witan Sulaeman dkk sendiri adalah fakta bahwa mereka telah menyingkirkan dua pertandingan yang lebih sulit, dan akan menuju pertandingan terakhir Grup A melawan Nepal.

Kelemahan skuad asuhan Shin Tae-yong yang paling nampak adalah tidak tenangnya mereka ketika mendapat tekanan dari tim lawan dan terlalu sering membuang-buang peluang, meski secara permainan sudah cukup padu dan memiliki mentalitas yang sangat baik.

Yang jelas pada laga terakhir menghadapi tim asuhan Abdullah Al Mutairi, Skuad Garuda harus bisa mencetak gol sebanyak mungkin dan meminimalisir kebobolan agar bisa unggul dari Kuwait dan menjadi peringkat kedua terbaik.

Peluang: 7/10.

2.Filipina

Meskipun sejauh ini kampanyenya jauh dari meyakinkan, terutama mengingat mereka tampil di Piala Asia terakhir kali pada 2019, Filipina masih berada di jalur untuk mengamankan penampilan berturut-turut.

Mereka seharusnya mengambil tiga poin melawan Yaman di pertandingan pembuka Grup B mereka, dan diperkirakan akan mengalahkan Mongolia dengan selisih yang jauh lebih besar daripada kemenangan 1-0 pada hari Sabtu (11/06/2022) - yang juga hanya terjadi berkat gol pemain debutan, Gerrit Holtmann.

The Azkals akan menyelesaikan pertandingan terberat mereka menghadapi Palestina, yang telah mencetak enam gol dan tidak kebobolan dalam dua kemenangan mereka sejauh ini.

Meskipun penampilan Filipina belum dominan sejauh ini, mereka membanggakan bakat individu - terutama dengan diperkenalkannya Holtmann, yang bisa menjadi 'senjata rahasia' mereka untuk membobol jala gawang Rami Hamadeh.

Peluang: 6/10.

3.Thailand

Bisa dibilang menjadi tim terkuat ASEAN di kualifikasi Piala Asia 2023, Thailand tetap sempurna setelah dua pertandingan dengan jarak maksimum enam poin menyusul kemenangan atas Maladewa dan Sri Lanka.

Namun anak asuh Alexandre Polking akan menyelesaikan kampanye Grup C dengan menghadapi Uzbekistan, yang telah tampil di tujuh Piala Asia terakhir dan memiliki penyerang andalan AS Roma Eldor Shomurodov - yang mengantongi hat-trick dalam 4- 0 menang atas Maladewa pada hari Sabtu kemarin (11/06/2022).

The War Elephants tidak bisa berbuat lebih banyak menuju set terakhir permainan, selain mungkin menambahkan lebih banyak gol di laga pamungkas.

Hasil imbang melawan Uzbekistan sudah cukup tetapi mereka harus berhati-hati untuk menghindari kekalahan besar, yang akan mengurangi selisih gol dan menyeret mereka kembali ke runner-up bahkan bisa saja menjadi runner-up terburuk.

Peluang: 8/10.

4.Malaysia

Seperti Indonesia, Malaysia membuat awal yang brilian di Grup E dengan mengalahkan Turkmenistan tetapi kemudian mengalami kekalahan 2-1 dari Bahrain di kandang mereka sendiri, Sabtu (11/06/2022).

Menghadapi Bangladesh di laga terakhir, anak asuh Kim Pan-gon harus bisa mencetak banyak gol. Kemenangan dengan digit tiga gol seharusnya sudah menempatkan mereka dalam posisi yang sangat aman untuk lolos ke Piala Asia 2023.

Setelah eliminasi fase grup yang mengecewakan di Piala AFF 2020, yang menyebabkan kepergian mantan pelatih Tan Cheng Hoe, Malaysia sudah menunjukkan tanda-tanda perbaikan di bawah Kim Pan-gon.

Lolos ke Piala Asia untuk pertama kalinya sejak 2007 - ketika mereka menjadi tuan rumah bersama turnamen tersebut - akan sangat membantu dalam menghidupkan kembali semangat sepakbola Malaysia.

Peluang: 7/10. 

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network