Shin Tae-yong Percaya 4 Pemain ini Lawan Nepal, Siapa Mereka?

"Penampilan terbaik keempatnya masih dinanti suporter Garuda.."

Analisis | 12 June 2022, 20:31
Shin Tae-yong Percaya 4 Pemain ini Lawan Nepal, Siapa Mereka?

Libero.id - Tim nasional Indonesia akan menjalani pertandingan penentuan untuk lolos ke Piala Asia 2023 melawan Nepal di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Indonesia butuh menang plus mencetak banyak gol untuk menjaga kemungkinan lolos sebagai salah satu runner-up terbaik.

Para pertandingan sebelumnya, Indonesia harus mengakui keunggulan Yordania 0-1. Sementara Kuwait berhasil mengalahkan Nepal 4-1.

Dalam situasi seperti itu, Yordania memuncaki klasemen sementara Grup A dengan 6 poin dari dua kemenangan. Sementara Indonesia di posisi kedua dan Kuwait ketiga. Meski poin sama, Indonesia berhak di atas Kuwait karena memenangkan pertandingan pertama.

Di pertandingan terakhir, Indonesia sebenarnya relatif lebih ringan karena Nepal sudah dipastikan tersingkir. Sebaliknya, Yordania dan Kuwait harus saling jegal untuk lolos otomatis maupun runner-up terbaik.

Yordania akan lolos sebagai juara grup jika menang atau imbang. Sebaliknya, Kuwait butuh kemenangan. Itu berarti pasukan Garuda juga harus mengalahkan Nepal dengan banyak gol agar aman. Pasalnya, jika ternyata ketiga tim memiliki poin sama, maka head to head digunakan. Sedangkan untuk peringkat kedua terbaik, selisih gol juga dibutuhkan.

Kondisi seperti ini tampaknya disadari sepenuhnya oleh Shin Tae-yong dan semua anggota skuad. Mereka tampak optimistis, meski tidak terlihat ada beban berat yang dipikul.

Bahkan, sehari setelah pertandingan melawan Yordania, para pemain terlihat kembali berlatih di gym. Langsung dibawah pengawasan Shin Tae-yong, suasananya tampak cair. Dari gambar-gambar yang diposting Shin Tae-yong di Instagram, @shintaeyong7777, terlihat semua pemain menikmati suasanya latihan di gym pada Minggu (12/6/2022) pagi waktu Kuwait.

"Latihan Pagi. Walaupun ada pemain yang tidak dapat menit main, kita semua mempersiapkannya dengan menjadi satu hati dan satu tujuan," tulis pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Yang menarik adalah, Shin Tae-yong menyebutkan ada empat pemain yang akan mendapatkan kesempatan bermain lebih di laga terakhir. Mereka adalah Asnawi Mangkualam Bahar, Alfeandra Dewangga, Irfan Jaya, dan Stefano Lilipaly.

Saat pertandingan pertama, Irfan dan Lilipaly masuk starting line-up. Sementara di laga kedua, masuk di babak kedua. Sedangkan Dewangga dan Asnawi sama-sama belum pernah bermain sejak kick-off. Keduanya selalu bermain di babak kedua. Dewangga menggantikan Pratama Arhan dan Asnawi menggantikan Rachmat Irianto.

"Saya percaya dengan 4 pemain yang di slide terakhir untuk pertandingan berikutnya. Semangat," tulis Shin Tae-yong.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network